Kuliah Tamu Jurusan Kehutanan Minat Budidaya Hutan FAPERTA

UNPATTI,- Jurusan Kehutanan Minat Budidaya Hutan Fakultas Pertanian Unpatti menggelar  Kuliah Tamu untuk pertama kalinya khusus untuk Mata Kuliah Ilmu Hama dan Penyakit Hutan dengan menghadirkan pemateri Ananto Triyogo, S.Hut., M.Sc., Ph.D yang berasal dari Fakultas Kehutanan UGM dengan materi berjudul Upaya Pengendalia Kerusakan Hutan Akibat serangan Hama dan Dr. Faisal Danu Tuheteru, S.Hut., M.Si yang adalah Dosen Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Haluleo dengan materi berjudul Pengenalan Karakteristik Pohon Untuk Mendukung Restorasi Hutan, berlangsung secara virtual, Kamis (14/10).

Pelaksanaan kuliah tamu terlaksana atas kerjasama Laboratorium Silvikultur milik Jurusan Kehutanan Universitas Pattimura dengan dosen pengampu mata kuliah Ilmu Hutan yang ditawarkan di semester VII bagi mahasiswa minat Budidaya Hutan. Kegiatan kuliah tamu  dimoderatori oleh Dr. Ir. Fransina Latumahina, S.Hut., MP., IPU yang merupakan dosen penganggungjawab mata kuliah Ilmu Hama Hutan sekaligus Kepala Unit Laboratorium Silvikultur.

Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J.M. Mattinahoru dalam sambutanya mengatakan hama dan penyakit hutan merupakan jenis organisme penggangu tumbuhan yang sangat merugikan secara ekonomis. Tanaman dikatakan sakit jika tanaman tidak dapat menjalankan fungsi fisiologisnya dengan baik, sehingga berdampak pada hasil produksi bahkan gagal panen dan matinya tanaman. Dengan mengetahui jenis hama dan penyakit utama apa saja yang ada dan menyerang tanaman kita dapat membedakan mana gejala serangan yang disebabkan oleh hama dan mana yang diinfeksi oleh penyakit berupa virus maupun bakteri.

Dekan berharap kuliah tamu yang dilaksanakan dengan menghadirkan para pemateri yang berkompeten, dapat menjadi ajang berbagi pengalaman dan pengetahuan sehingga akan berkontribusi secara signifikan dalam mengatasi masalah hama dan penyakit hutan.

Kegiatan ini mendapat antusias dari para mahasiswa yang mengikutinya. Turut hadir Ketua Jurusan Kehutanan Dr. M. Tjoa, S.Hut., MP, dan  para dosen jurusan kehutanan, peneliti dari badan litbang, mahasiswa Universitas Halululeo dan staf pada beberapa unit pelaksana teknis dibawah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Maluku.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#KuliahTamuFaperta

Leave a Reply

Your email address will not be published.