MAHASISWA UNPATTI SIAP KEMBANGKAN PRODUK UNGGULAN DAERAH

UNPATTI,- Persiapan penyelenggaraan Program Pelatihan kewirausahaan atas Produk Unggulan Daerah Ambon Pangan Lokal ( Tortila Rakyat Ambon/Tora Ambon) yang merupakan kerjasama antara Universitas Pattimura dengan Lembaga Pemberdayaan Teknologi Tepat Guna (LP-TTG) Malindo, dilaksanakan, Senin (11/10).

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual di pimpin oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dan dihadiri oleh para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Koordinator Kemahasiswaan dan Humas, Sub Koordinator Humas, Pimpinan Bank Mandiri Kantor Kas Ambon Universitas Pattimura serta para mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si mengatakan, dalam upaya memberdayakan mahasiswa melalui kewirausahaan, Universitas Pattimura bersama Malindo akan melaksanakan program pelatihan keterampilan pengolahan pangan kering yang diolah dari pangan lokal dan bernilai ekonomis. Kegiatan yang direncakan diikuti oleh 59 orang mahasiswa dari berbagai Fakultas yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 5 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebanyak 4 orang, Fakultas Hukum sebanyak 7 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 8 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 15 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 7 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 7 orang, dan Fakultas Teknik sebanyak 6 orang.

“Untuk pelatihan di rencanakanakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Pelaksaannya akan dilakukan selama 2 hari dan 1 minggu pendampingan dari Malindo untuk proses produksi dan pemasaran dengan mekanisme 30 persen materi dan 70 persen praktek. Untuk lokasi pelatihan sendiri berada dalam area kampus unpatti dan terkait dengan kegiatan pelatihan pembuatan Tora Ambon dengan bahan dasar bahan lokal daerah Ambon.” Ungkapnya.

Pada Kesempatan ini, pimpinan Bank Mandiri Kas Ambon Unpatti, Jesse M. Wattimena , memberikan sosialisasi terkait Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang merupakan program CSR utama Bank Mandiri sebagai wujud konsistensi mendukung tumbuh kembang pengusaha muda Indonesia. Program ini merupakan kompetensi yang lebih berfokus kepada mahasiswa dengan ide bisnis yang inovatif. Lanjutnya, selain program kegiatan pelatihan antara unpatti dan malindo, mahasiswa juga di berikan kesempatan untuk menjadi Wirausaha Muda, dalam program yang dilakukan oleh Bank mandiri tersebut.

Dalam Upaya memberikan motivasi bagi mahasiswa dalam pengembangan prestasi dan kewirausahaan Dr. Jusuf juga mengatakan “ bagi mahasiswa yang berprestasi baik di tingkat daerah maupun tingkat Nasional,Universitas Pattimura akan memberikan insentif sebagai bentuk motivasi dan memacu mahasiswa untuk terus berprestasi “

Beliau berharap, melalui pelatihan kewirausahaan dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan dan memunculkan wirausaha muda dari dunia kampus, dengan kreatifitas dan inovasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.