PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN 15 DOKTER BARU FK UNPATTI

UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura kembali menggelar Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Dokter Baru Angkatan Ke-XXII  Periode Oktober 2021 kepada 15 Dokter Baru, Rabu (6/10) secara virtual.

Ke-15 dokter baru yakni :

  1. Norman Schwarzkopf Angwarmase, S.Ked
  2. Vika Arlia Leiwakabessy, S.Ked
  3. Zunu Roini Matdoan, S.Ked
  4. Apriana Rurman Labok, S.Ked
  5. Selviana Ohman,S.Ked
  6. Jean Marchit Usmany, S.Ked
  7. Tantri Widura Saptenno, S.Ked
  8. Devana Marchia Maelissa, S.Ked
  9. Fadilah M. Agun, S.Ked
  10. Brenda Florensya Katihara, S.Ked
  11. Esty Rosalin Tupamahu, S.Ked
  12. Maria Fitria Fautngil, S.Ked
  13. Trivonia Claudia Rettob, S.Ked
  14. Leonardo Jeverson Sipahelut, S.Ked
  15. Delvis Sandro Pattiapon, S.Ked

Wakil Dekan Bidang Akademik drg. Christiana R. Titaley, MIPH., Ph.D dalam laporannya menjelaskan kelima belas dokter baru ini merupakan dokter dari Fakultas Kedokteran  Unpatti yang telah menjalani tahap kependidikan pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun.

Tahap Kepanitraan Klinik telah berlangsung di Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah Provinsi Maluku termasuk di RSUD Dr. M. Haulussy Ambon, RSKD Ambon, RS. Angkatan Laut, RS Tk. II Prof. dr. J. A. Latumeten, Kantor Kesehatan Pelabuhan Ambon, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, BASARNAS, Klinik Dokter Keluarga di Kota Ambon, maupun di beberapa Puskesmas di wilayah pelayanan Dinas Kesehatan Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat. Untuk Rumah Sakit dan Rumah Sakit Pendidikan di luar Ambon, kelima belas dokter ini telah menempuh kepanitraan klinik di RSP FK Universitas Hasanuddin dan RSUD dr. Soetomo Surabaya dan 1 orang lulusan juga menempuh kepaniteraan klinik di RS Andi Makassau Pare-Pare.Para dokter baru ini juga telah mengikut Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional, serentak di seluruh wilayah Indonesia. Ujian kompetensi ini merupakan exit exam dalam menetukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.

Hingga saat ini, jumlah dokter yang diluluskan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura telah bertambah menjadi 236 dokter. Suatu kebanggan bagi kami karena Persentase kelulusan first taker untuk ujian kompetensi kali ini mencapai 87.5%.

Acara dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru oleh dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si mewakili rektor  menyerahkan ke lima belas Dokter Baru lulusan FK Unpatti kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Maluku yang diterima oleh dr. Hendrita Tuankotta, M.Kes dan selanjutnya IDI Wilayah Maluku menyerahkan Buku Kode Etik Kedokteran Indonesia kepada para dokter baru secara simbolis melalui ruang virtual.

Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes dalam sambutanya  mengatakan dengan bertambahnya lima belas dokter baru fakultas kedokteran unpatti telah meluluskan 236 dokter sejak berdiri tahun 2008. Dekan mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Pattimura yang telah memberikan kesempatan kepada kelima belas dokter baru untuk menjalankan pendidikan di UNPATTI hingga selesai. Ucapkan terima kasih juga diberikan kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten Kota yang selama ini telah mendukung dan berkontribusi terhadap Fakultas Kedokteran sebagai  komitmen untuk pengembangan sumber daya manusia Fakultas Kedokteran Unpatti. Dekan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada rumah sakit jejaring, para kepala pusat kesehatan masyarakat tempat para dokter baru menjalani proses pendidikan hingga selesai, semua pihak dan semua dosen pembimbing serta orang tua yang selama ini memberikan yang terbaik kepada para dokter baru. Dekan memberikan apresiasi kepada kelima belas dokter baru yang telah memberikan Persentase kelulusan first taker mencapai 87.5%. Hasil penilaian yang dicapai ini menentukan kuota penerimaan mahasiswa baru FK Unpatti.

“Jangan pernah berhenti belajar karena ilmu selalu berkembang. Ada hal-hal baru yang nantinya membuat kalian akan terus berkembang. Setelah ini kalian akan menjalani internship yang merupakan bagian dari program Kementerian Kesehatan di wilayah Maluku, sebagai bentuk pengabdian kepada daerah Maluku dan merealisasikan visi dan misi Fakultas Kedokteran yaitu dipersiapkan untuk menjadi dokter pulau” ungkapnya.

Dekan berharap, para dokter siap mengabdi di pulau-pulau pada wilayah Maluku dan dapat menjadi jawaban bagi permasalahan kesehatan di Provinsi Maluku.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si memberikan apresiasi atas perjuangan dan prestesi yang ditunjukan kelima belas dokter baru dengan hasil kelulusan yang luar biasa. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada FK Unpatti yang sudah bekerja keras mengasilkan 236 dokter yang sudah mengabdi di berbagai daerah.

Dr. Jusuf Madubun berharap, melalui visi dan misi Fakultas Kedokteran dapat menjadi pusat pengembangan pendidikan dokter yang berorietasi laut pulau, meningkatkan jumlah dan kualitas Sumber Daya Manusia dan membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19 di Provinsi Maluku.Beliau juga berharap kepada para dokter baru yang telah diambil sumpah untuk dapat menajalankan sumpahnya dan berbakti kepada masyarakat  dengan penuh rasa tanggung jawab.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon,Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (AKPHM ) Universitas Pattimura,  Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Maluku, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Ambon, Para Kepala Rumah Sakit jejaring, Para Wakil Dekan, koordinator, tenaga fungsional, pegawai dalam lingkup Fakultas Kedokteran Unpatti serta orang tua dokter baru.

Selamat dan Sukses kepada para dokter baru… Hotumese!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Pengambilansumpah15dokterBaruFkUnpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.