Unpatti – Panitia Pelaksanaan Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS

UNPATTI,- Universitas Pattimura dipercaya menjadi Koordinator Pelaksanaan  Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2021 dengan metode Computer Assited Test bagi Instansi yang bernaung dibawah  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yakni Universitas Pattimura, Politeknik Negeri Ambon, Politeknik Perikanan Tual, LL-Dikti Wilayah XII, Balai Bahasa Provinsi Maluku dan Badan Pengembangan  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan berlangsung 28 September – 2 Oktober 2021, yang bertempat di UPT BKN Ambon. Seleksi Kompetensi Dasar meliputi mata ujian Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Kegiatan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS ini diikuti oleh 935 peserta dari 1059 Peserta yang terdaftar. Dalam penjelasannya,  F. Polnaya, SE, MM, Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Pattimura selaku Penanggungjawab lokasi pelaksanaan menjelaskan, pelaksanaan seleksi dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan mekanisme. “Banyak peserta yang tidak bisa mengikuti tes karena berbagai kendala diantaranya kehadiran yang tidak tepat waktu”.

Untuk Universitas Pattimura Formasi CPNS di tahun 2021 adalah sejumlah 202 formasi. 195 formasi untuk dosen kualifikasi Magister dan Doktor, serta 7 formasi tenaga kependidikan, Kualifikasi Sarjana dan Diploma.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos passing grade SKD akan dilakukan perengkingan, sesuai dengan Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 1023 Tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan PNS Tahun Anggaran 2021. Nilai ambang batas SKD akan diolah terlebih dahulu setelah itu akan berlaku rumus, sebelum ke tahap Seleksi Komptensi Bidang.   Jumlah peserta yang mengikuti seleksi kompetensi bidang atau SKB adalah tiga kali jumlah formasi. Hitungan ini berlaku secara nasional. “Kalau formasinya 3 lalu dikalikan tiga adalah 9. Jadi yang berhak mengikuti SKB adalah peserta dengan rangking 1 sampai 9 teratas,

Lanjutnya, penetapan perengkingan menunggu rampungnya pelaksanaan SKD secara Nasional.  Bagi pelamar Dosen yang nantinya dinyatakan lolos perengkingan akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang, Wawancara dan Praktek Mengajar.

Semangat Pejuang NIP 2021.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PejuangNIP2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.