BPBD Provinsi Maluku – Flood Management in Selected River Basin (FMSRB)

UNPATTI,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku menyelenggarakan Program Flood Management in Selected River Basin (FMSRB) dalam rangka Penyebaran Informasi Banjir Melalui Informasi Berbasis Media Publik Tahun 2021 kepada Sivitas Akademika Universitas Pattimura, yang berlangsung di Aula Lantai II Rektorat Universitas Pattimura, Selasa (23/11).

John Hursepuny, AP, M.Si selakuk Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Maluku menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan penyebaran informasi banjir berbasis media publik. “Tahun ini media publik yang kami buat adalah Buletin FMSRB, poster, leaflet yang memuat informasi terkait dengan program Pengelolaan Banjir di Daerah Aliran Sungai Terpilih. Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi pada tiga Instansi Perguruan Tinggi Negeri di Maluku yaitu Universitas Pattimura (Unpatti), Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon”, ungkapnya.

Beliau berharap, melalui kegiatan ini upaya-upaya penanggulangan banjir yang dilakukan dapat diketahui oleh Sivitas Akademika Unpatti dan mahasiswa sebagai intelektual muda dapat menjadi agen penyampaian informasi kepada masyarakat.

Kegiatan ini menhadirkan tiga Narasumber yaitu :

  1. Wilhelmina Paays, SST (PMG Muda selaku Koordinator Bidang Observasi dan Informasi) dan Marlia, S.Tr (PMG Pertama selaku Pengamat dan Prakiraan Cuaca) dari BMKG pada Bidang Stasiun Meterologi Pattimura Ambon, dengan materi Produk Informasi Cuaca dan Peringatan Dini
  2. M. F. Tuhumury, S.Hut (Sekretaris BPBD Kota Ambon) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon, dengan materi Ancaman Bencana Hidrometeorologi dan Kesiapsiagaan Bencana
  3. Nova, dari Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon, dengan materi Upaya Pengelolaan Sampah di Kota Ambon

Output yang dihasilkan adalah Sivitas Akademika Universitas Pattimura dapat memahami dan menyebarluaskan informasi tentang program Pengelolaan Banjir di Daerah Aliran Sungai Terpilih.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#BPBDProvinsiMaluku-FMSRB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *