Hacksprint Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Di Universitas Pattimura

UNPATTI,- Universitas Pattimura bersama  Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)  Republik Indonesia kembali melakukan program  Hacksprint Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang diselenggarakan tanggal 18-19 November 2021 di Auditorium Universitas Pattimura.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Para  Rektor dan Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dan juga diikuti oleh 60 mahasiswa Universitas Pattimura dari seluruh fakultas, dan didampingi oleh 12 fasilitator yang adalah para dosen.

Pelaksanaan kegiatan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dilakukan dalam beberapa tahap yakni Ignition, Workshop, Hacksprint dan terakhir Incubation. Di tahap ketiga saat ini yaitu Hacksprint Gerakan Nasional 1000 Startup Digital bertujuan agar peserta dapat memahami kemampuan dalam memvalidasi pasar, rencana pengembangan produk, dan model bisnis

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan peluang atau langkah awal  kepada para mahasiswa untuk dapat mengembangkan diri dan menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia yang akan mengubah nasib diri sendiri maupun bangsa dan negara, “untuk menjadi pengusaha yang sukses dibidang digital ditanamkan pola hidup  disiplin dalam diri kalian”.

Lewat kegiatan ini Rektor memberikan motivasi dan berharap para mahasiswa dapat mengembangkan jiwa entrepreneurnya untuk membangun potensi Startup Digital juga membangun pola pikir kewirausahaan yang dapat menemukan potensi untuk menciptakan inovasi baru.

Pada saat yang sama Koordinator Startup Digital Sonny Hendra Sudaryana, ST., M.MT dalam sambutannya mengajak para mahasiswa mengubah pola pikir untuk tidak hanya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja namun dapat mengembangkan ide-ide kreatif untuk menciptakan jenis-jenis pekerjaan baru dengan memanfaatkan teknologi digital.

Lanjutnya kegiatan dihari ini lebih ditekankan pada networking dan workshop yang intinya bagaimana peserta dapat membuat prototype dengan harapan agar para peserta mampu mengubah mindset yang lebih baik dari hari ke hari, bagaimana peserta mendapatkan solusi yang terbaik, dan mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan sesama sehingga mendapatkan alternative (brainstorming) dan memanfaatkan teknologi untuk mengubah Indonesia ke arah lebih baik, “mari kita bangun Indonesia dengan 1000 solusi, 1000 inovasi dan 1000 karya untuk 1 Indonesia Raya” tutupnya.

Dalam kegiatan ini hadir Sebastian Alex Dharmawangsa selaku Program Director 1000 Startup Digital yang memberikan motivasi kepada para peserta. Agenda kegiatan hari ini diantaranya Workshop Market Validation, Workshop MVP/Product Development, Workshop Business Model Canvas dan Workshop Pitching.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#HacksprintGerakanNasional1000StartupDigital

Leave a Reply

Your email address will not be published.