KM Gurano Bintang, Misi Pengembangan Riset Konservasi Alam

UNPATTI,- Penandatangan perjanjian hibah antara Universitas Pattimura dengan yayasan  World Wide Fund for Nature – Indonesia (WWF-I) untuk membangun hubungan yang sinergis dan harmonis, berlangsung di Lantai III ruang rapat Rektor Universitas Pattimura, Senin (15/1) . Kegiatan yang bertujuan mendukung penyediaan sarana armada laut yang akan dipergunakan untuk mobilitas kegiatan dan riset kelautan dan perikanan yang dilakukan oleh Universitas Pattimura diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penelitian, pengembangan sumber daya manusia, serta pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang terkait dengan sumber daya kelautan, perikanan dan konservasi.

Setelah penandatangan perjanjian hibah, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Kapal dari Yayasan WWF Indonesia kepada Universitas Pattimura dilakukan oleh Aditya Bayunanda, Plt. CEO Yayasan WWF Indonesia mewakili Alexander Rusli, Ketua Badan Pengurus Yayasan WWF Indonesia, kepada Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum, yang berlangsung di dermaga Pusat kemaritiman Universitas Pattimura.

Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Yayasan WWF Indonesia yang telah menghibahkan kapal pinisi Gurano Bintang yang telah melengkapi armada laut Universitas Pattimura untuk keperluan pendidikan,penelitian, dan pelayanan kesehatan Laut di Indonesia khususnya di Maluku, sehingga dibutuhkan kemitraan yang saling mendukung untuk bisa menjaga agar sumber pangan kita tetap lestari. “Universitas Pattimura akan memanfaatkan KM Gurano Bintang dengan sebaik-baiknya untuk menunjang studi mahasiswa terkait dengan lingkungan laut dan melakukan peyuluhan lingkungan kepada masyarakat yang berada di pulau-pulau dan berharap kerjasama dengan Yayasan WWF Indonesia bisa terus berlanjut”.

Aditya Bayunanda dalam sambutannya mengatakan, yayasan WWF Indonesia adalah mitra Unpatti sejak tahun 1990-an dan telah melakukan kerjasama untuk konservasi ekosistem dan fauna laut di wilayah Timur Indonesia, antara lain, di laut Aru, laut Arafura, Seram Timur dan Kepulauan Kei. “Kami senang sekali karena KM Gurano Bintang dapat meneruskan dan memperluas misinya dengan menjadi bagian dari tim Universitas Pattimura dalam mewujudkan pengembangan riset konservasi alam”.

Beliau berharap, melalui kerjasama dengan Universitas Pattimura dapat memperkuat kolaborasi dalamkegiatan –kegiatan yang terkait dengan pengelolaan sumber daya laut dan pesisir yang berkelanjutan.

 

Turut hadir, para Wakil Rektor, Kepala Pusat Kemaritiman Universitas Pattimura Dr. rer. Nat. Gino Valentino Limmon, M.Sc, dan rombongan dari yayasan WWF-I.

#UniversitasPattimura

#HumasUnpatti

#KMGuranoBintang,MisiPengembanganRisetKonservasiAlam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.