Mahasiswa KKN Unpatti Desa Tulehu “Kalesang Negeri”

UNPATTI,- Mahasisiwa KKN Angkatan XLVIII – Gelombang I, Desa Tulehu menggelar aksi Mahasiswa KKN Kalesang Negeri. Aksi tersebut, dilakukan melalui beberapa kegiatan diantaranya, Pembentukan Kelompok Bank Sampah pembersihan pantai dan penanaman mangrove di pantai sekitar pelabuhan Tulehu, perbatasan dusun Rupaitu dan dusun Urnala.

310 bibit mangrove ditanaman sepanjang pesisir pantai Tulehu, Senin (25/10). Bibit Mangrove diperoleh dari tempat pembudidayaan mangrove, atas kerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Maluku.

Kegiatan yang menjadi salah satu program prioritas kelompok Mahasiswa KKN Kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan pelestarian ekosistem mangrove dan dapat mencegah abrasi pantai Tulehu, sekaligus merupakan bentuk upaya pencegahan mitigasi bencana yang terjadi di wilayah pesisir.

Kegiatan yang diawali doa dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Dusun Rupaitu Negeri Tulehu Candra Nugraha, Ketua Komunitas Anak Pesisir, dan Dosen Pendamping Lapangan Mahasiswa KKN Desa Tulehu Dr. Ir. Fransina S. Latumahina, S.Hut., MP.IPU.

Dr. Latumahina berharap agar masyarakat dusun Rupaitu dapat menjada bibit mangrove yang telah ditanam agar sehingga nantinya mangrove yang akan tumbuh dapat menjadi pelindung pantai desa Tulehu.

Secara simbolis penanaman mangrove dilakukan oleh Pejabat Negeri Tulehu, Kepala Dusun Rupaitu, Perwakilan Babinsa dan Kepolisian,  Ketua Komunitas Anak Pesisir, Ketua Pemuda Pemudi di Dusun Rupaitu serta Kelompok Pemberdayaan Perempuan dan seluruh Mahasiswa KKN Desa Tulehu yang diketuai oleh Astrid Palapessy, serta warga dusun Dusun Rupaitu.

Terus berinovasi Mahasiswa KKN Unpatti – Desa Tulehu.

Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#KalesangNegeriKKNDesaTulehu

Leave a Reply

Your email address will not be published.