MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ) MAHASISWA TINGKAT UNIVERSITAS PATTIMURA TAHUN 2021

UNPATTI,- Dalam rangka mempersiapkan kompetisi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura menyelenggarakan seleksi MTQ tingkat Universitas yang berlangsung tanggal 24 – 25 November 2021, di Aula Lantai II Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Rabu ( 24/11),  dengan mengusung Tema “Membangun Generasi Qur’an Yang Menjunjung Tinggi Moderasi Beragama Di Kampus Orang Basudara”.

Ketua panitia, Dr. Yunus Rahawarin, M.Ag dalam laporannya memberikan apresiasi kepada para peserta, walaupun dalam kondisi pandemi covid-19 jumlah peserta MTQ Tingkat Universitas tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, jumlah peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 121 peserta dari 9 Fakultas dengan 8 kategori yang dilombakan yaitu : Tilawah, Tartil, Hifzhil Qur’an (Menghafal Al-Qur’an),Syarhil Qur’an (Menjelaskan Isi Kandungan Al-Qur’an Dalam Bentuk Pidato Atau Ceramah), Fahmil Qur’an (Pemahaman Isi Kandungan Al- Qur’an Dalam Bentuk Cerdas Cermat), Khat Al- Qur’an (Kaligrafi), Debat Ilmiah Al- Qur’an Dalam Bahasa Inggris Dan Karya Tulis Ilmiah Al- Qur’an.

Beliau berharap, melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an dapat menghasilkan kualitas sumber daya manusia di Universitas Pattimura yang tidak sekedar memiliki kemampuan kognitif  yang baik saja tetapi juga terbangun moral yang baik sesuai dengan tuntunan dan ajaran Al- Qur’an. Beliau juga mengharapkan, para peserta dapat menularkan semangatnya untuk keluarga dan masyarakat serta menjadi agen perubahan di lingkungan mereka berada.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH., M.Hum mengatakan,  mahasiswa yang mengikuti seleksi Tingkat Universitas dapat menunjukan kemampuannya secara maksimal sehingga menghasilkan pendakwah yang berbakat yang nantinya mampu menjadi  duta – duta dalam menyebarkan nilai-nilai Al- Qur’an.

Rektor berharap, melalui kompetisi ini akan terjaring peserta terbaik yang nantinya membawa nama Universitas Pattimura pada ajang MTQ Tingkat Nasional.

Hadir dalam kegiatan ini, para Wakil Rektor dan Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pattimura.

Selamat dan sukses bagi para peserta.

Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#MTQTingkatUniversitas

Leave a Reply

Your email address will not be published.