PENEBARAN BIBIT IKAN PADA KOLAM BUDIDAYA PUSAT KAJIAN UNGGULAN UNPATTI

UNPATTI,- Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum, melakukan penebaran bibit ikan kakap putih pada kolam Budidaya Pusat Kajian Unggulan Unpatti di Hila, Jumat (19/11).

Penaburan bibit ikan kakap putih ini merupakan tahap awal dan akan dilakukan secara bertahap dari rencana penaburan seratus ribu bibit yang akan terlaksana dalam waktu dekat.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Kajian Unggulan, Prof. Dr. Ir Fredrik Rieuwpassa, MS mengatakan, berbagai persiapan fasilitas telah dilakukan dalam upaya peningkatan penebaran bibit ikan pada Pusat Kajian Unggulan termasuk pelatihan yang dilakukan bagi masyarakat yang berada di lokasi sekitar Pusat Kajian.

Lanjutnya, Universitas Pattimura juga melakukan kerjasama dengan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon untuk mempersiapkan bibit –bibit ikan unggul yang akan ditebarkan juga pada kolam budidaya ini.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum mengatakan, Pusat Kajian Unggulan  harus lebih baik dan lebih maju dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah ada, baik untuk kepentingan riset maupun mempersiapkan sumber daya lulusan terutama dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Rektor berharap, dengan memanfaatkan ilmu dan keahlian yang dimiliki oleh Fakultas Periaknan dan Ilmu Kelautan maka, pusat kajian ini akan menghasilkan bibit-bibit ikan yang unggul, yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan riset dan kepentingan masyarakat umum. Terkait dengan Universitas sebagai Badan Layan Umum maka pemanfaatan kolam budidaya diharapkan, dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga nantinya dapat memberikan incam bagi univeritas. “Semua fasilitas yang ada harus dimanfaatkan secara baik, teratur dan terukur,” ujarnya. Hal ini dilakukan agar Pusat Kajian Unggulan menjadi pusat layanan penelitian dan pengembangan usaha perikanan yang unggul serta mempersiapkan para lulusan yang siap dipakai dalam dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.