The 4th International Seminar on Language and Interdisciplinary Research on Language

UNPATTI,- Pusat Studi Bahasa Universitas Pattimura dan Universitas Thailand (Khon Kaen University and Prince of Songkla University) bekerjasama melakukan kegiatan Join Seminar The 4th International Seminar on Language and Interdisciplinary Research on Language dengan tema “Language and Culture in the 21st Century” secara Virtual melalui Aplikasi Zoom di Aula Rektorat Universitas Pattimura, Jumat (12/11).

Ketua Pusat Studi Bahasa Unpatti, Merry M. Nikijuluw, S.Pd., M.A menjelaskan Seminar Internasional ke-4 merupakan kerjasama antara Pusat Studi Bahasa Universitas Pattimura dan Universitas Thailand (Khon Kaen University and Prince of Songkla University). Penyelenggaraan Seminar International dimulai sejak Tahun 2018 dimana Universitas Thailand (Khon Kaen University) merupakan tuan rumah penyelenggaran Seminar International ke-1. 

Pada Tahun 2019 dan 2020, Pusat Studi Bahasa Universitas Pattimura – Indonesia dipercayakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar International ke-2 dan Tahun 2020 menjadi penyelenggaraan Seminar International ke-3 yang dilakukan secara virtual karena adanya Pandemi Covid-19. Pada Tahun 2021 Universitas Thailand (Khon Kaen University and Prince of Songkla University) kembali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar International ke-4, 7 Tim yang adalah staf dosen Jurusan Bahasa dan Seni FKIP yang aktif di Pusat Studi Bahasa, termasuk dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia mewakili Universitas Pattimura sebagai pembicara/presenter.

Beliau juga mengatakan, Prince of Songkla University merupakan universitas di Thailand yang baru pertama kali mengambil bagian dalam Seminar Internasional ke-4 Tahun 2021, ini merupakan kesempatan bagi Unpatti untuk bermitra lebih luas lewat kerjasama dengan universitas yang lain. Kegiatan ini difokuskan untuk seminar penelitian bahasa dengan pendekatan-pendekatan antara interdisipliner dan bidang kebahasaan.

Merry Nikijuluw, M.A berharap, para dosen Unpatti dapat termotivasi berkiprah dalam desiminasi penelitian di level International dan juga melakukan publikasi bersama. Ia juga berharap, dengan adanya seminar tahunan ini, implementasi kerjasama Unpatti dengan Universias Khon Kaen semakin kuat dan membuka jaringan dengan universitas lain dan kedepannya diharapkan ada join penelitian bersama.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Khon Kaen University yang telah mengundang dosen Unpatti untuk berpartisipasi sebagai pembicara utama dan pembicara yang diundang dalam The 4th International Seminar on Language and Interdisciplinary Research on Language.

Prof. Leiwakabessy juga menyambut semua pembicara untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang luas menganai isu-isu terkini tentang bahasa dan budaya di abad 21. “Konferensi ini sangat bermanfaat bagi dosen perguruan tinggi untuk mensosialisasikan penelitiannya sebagai salah satu kewajiban dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi”.

Seminar ini bertujuan untuk mempertemukan akademisi, pembuat kebijakan, praktisi dan pihak-pihak lain yang berkepentingan dengan penelitian bahasa dan interdisipliner di semua tingkatan dari Indonesia dan luar negeri. “Ini adalah program implementasi dari MoU yang ditandatangani antara Unpatti dan Khon Kaen University, Thailand”, ujarnya.

Prof Leiwakabessy berharap, melalui seminat ini kita memberikan kontribusi bagi program bahasa, penelitian kontenporer dan inovatif. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada para Keynote Speaker, semua pembicara yang di undang, semua pemakalah, moderator dan semua peserta yang telah memberikan kontribusi ilmiah dalam seminar ini.

Seminar ini di ikuti oleh para dosen dan mahasiswa dari Unpatti, Khon Kaen University and Prince of Songkla University.

Selamat dan Sukses. Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SeminarInternationalKe-4Tahun2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.