Unpatti Tuan Rumah Penyelengaraan Indonesia Infrastructure Roundtable (IIR) Ke-22

UNPATTI,- Universitas Pattimura bekerjasama dengan PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero), menyelenggarakan Indonesia Infrastructure Roundtable (IIR) Ke-22 bertajuk “Implementasi Konsep Integrasi Logistik Pelabuhan Pada Ambon New Port”, secara Hybrid (Offline dan Online) di The Natsepa Hotel Suli Maluku Tengah,  Senin (29/11). IIR adalah agenda tahunan yang digagas atas Kerjasama Perguruan tinggi dengan PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau Indonesia Infrastructurr Guarantee Fund (IIGF).

“Penyelenggaraan IIR ini merupakan rangkaian kegiatan lokakarya edukasi secara Interaktif kepada para pemangku kepentingan yang dimaksudkan untuk memberikan edukasi dan rekomendasi kepada stakeholders untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia” ungkap M Wahid Sutopo Direktur PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia Persero dalam sambutanya.

Lanjutnya Seiring dengan dinamika yang terjadi dalam pembangunan infrastruktur di negara ini, IIR pertama kali dilakukan pada tahun 2012, kegiatan ini terus berkembang hingga kegiatan ke 22 saat ini. Awalnya dari IIR 1-12 hanya diselenggarakan oleh UI, ITB dan UGM dengan mengangkat studi kasus tentang kegiatan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, dan pada kegiatan ke 13 para anggotanya turut berparisipasi secara aktif untuk mengangkat tema sesuai dengan kegiatan pembangunan infrastruktur yang berada di wilayah perguruan tinggi masing – masing. IIR merupakan kegiatan unggulan dalam kemitraan  strategis antara unit di PT. PII yang bernama IIGF Institute dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pemahaman sekaligus juga upaya untuk mencari solusi untuk kegiatan pembangunan infrastruktur melalui diskusi interaktif dengan output kegiatan dalam bentuk Policy brief dengan harapan hal ini bisa memberikan masukan kepada para Stakeholder.

Rektor Universitas Pattimura Prof. M. J. Saptenno, SH., M. Hum dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperdalam kemantapan perencanaan keberlanjutan proyek infrastruktur Indonesia oleh para pengambil kebijakan publik di negara ini. Tahun 2021 ini, melalui kerjasama dengan PT. PII, Universitas Pattimura dipercayakan sebagai tuan rumah penyelengara IIR ke-22. Dengan topik Implementasi Konsep Integrasi Logistik Pelabuhan Pada Ambon New Port, isu Ambon New Port menjadi isu nasional yang saat ini menjadi perbincangan hangat.

“Apa dan bagaimana membangun Ambon New Port yang terintegrasi guna mendukung Maluku Sebagai Lumbung Ikan Nasional perlu diboboti oleh Para Narasumber yang telah diundang dalam diskusi ini”, ungkap rektor.

Lanjut dikatakan Untuk membangun Ambon New Port, Tim Unpatti telah menawarkan sebuah kerangka kerja konseptual dengan memperhatikan sistim logistik yang terdiri dari tiga bagian utama yaitu sistim informasi logistik, operasi dan aktivitas fisik, serta infrastruktur dan sumber daya logistik di sektor pelabuhan.

Rektor berharap para peserta dapat berinteraksi dengan berbagai komponen, permasalahan dan potensi pembangunan infrastruktur dalam hal ini sektor pelabuhan yang kemudian teridentifikasi atau terformulasikannya prinsip-prinsip utama (rule of thumbs), juga diharapkan dapat mengidentifikasikan dan mempertimbangkan aspek – aspek pembangunan Ambon New Port di tingkat daerah maupun penyelenggaraan secara nasional serta memeperoleh penjelasan mendalam dari narasumber mengenai penyelenggaraan pembanguanan Ambon New port. Dari diskusi ini juga diharapkan akan diformulasikan Policy brief untuk disampaikan kepada pemerintah terkait pembangunan Ambon New port.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Direktur Pengelolaan dan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Brahmantio Isdijoso, Kasubid Pengembangan Pelabuhan Aries Wibowo dan dari Kementerian PPN/Bappenas Sri Bagus Guritno.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#IndonesiaInfrastructureRoundtable22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *