Workshop Kolaborasi Riset “Ensuring The Safety Of Indonesia Seafarers And Fishers In The Time Of Covid-19 And Beyond”

UNPATTI,- Rabu, (04/11) bertempat di ruang Multi Media Fakultas Teknik Universitas Pattimura dilaksanakan Pembukaan Workshop Kolaborasi Riset Fakultas Teknik Universitas Pattimura University College London, Institut Teknologi Sepuluh November, dan Orella Shipyard.

Kegiatan yang mengusung tema “Ensuring The Safety Of Indonesia Seafarers And Fishers In The Time Of Covid-19 And Beyond”, bertujuan untuk mengkaji efek pandemi covid 19 terhadap sektor maritime dan memestikan resiko kesehatan dan keslamatan pelaut dan nelayan.

Peluncuran Website Research University College London, Institut Teknologi Sepuluh November, Fakultas Teknik Universitas Pattimura dan Orella Shipyard, mengawali pelaksanaan workshop.  Nasumber pada kegiatan ini yakni  Prof. Giles Thomas dari University College London, Ir. Mansur M.M. Direktur KAPI-KKP, Soegeng Riyadi, ST., M.T., MRINA dari PT. Orella Shipyard, Satgas Covid. Dan Dr. Ir. W. R. Hetharia, FRINA Dekan Fakultas Teknik Unpatti.

Rektor Universitas Pattimura Prof. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutanya sekaligus membuka Workshop mengatakan adanya pandemi covid-19 berdampak pada berbagai sektor yakni ekonomi, sosial, kesehatan dan Pendidikan. Terkait dengan tema pelaksanaan workshop ini diharapkan dapat memberikan kajian-kajian terkait perlindungan pelaut dan nelayan untuk menujang kehidupan ekonomi maupun kesehatan.

Rektor juga berharap kolaborasi yang terbangun dapat memberikan kontribusi dan upaya perlindungan kepada para pelaut serta nelayan untuk mendapatkan kehidupan yang layak pada pandemi covid 19 dan  new normal.

Dekan Fakultas Teknik dalam wawancaranya mengatakan tujuan dilaksanakanya workshop kali ini untuk menjelaskan pengaruh covid 19 dalam bidang maritime yang berfokus pada transportasi kapal barang dan juga aktifitas kapal perikanan bagi ABK kapal transport dan juga kapal perikanan.

Output yang diharapkan pada worshop ini adalah knowledge sharing dari pihak pemateri dan peserta yang nantinya dapat dipakai sebagai panduan untuk di terapkan oleh operator kapal barang maupun operator kapal penumpang.

Kegiatan diikuti oleh para Pimpinan Perguruan Tinggi se Indonesia, para Dekan Fakultas Teknik dan  para Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan  se Indonesia, para dosen Fakultas Teknik Unpatti para kepala dinas terkait, mahasiswa Fakultas Teknik Unpatti dan tamu undangan lainnya.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#WorksopKolaborasiriset

Leave a Reply

Your email address will not be published.