92 Lulusan Fakultas Pertanian Unpatti Di Yudisium

UNPATTI,- Kamis, (9/12) Bertempat di Aula Lantai III Fakultas Pertanian Universitas Pattimura dilaksanakan Yudisium Dan Panggelaran Lulusan kepada 92 Lulusan Dalam Rangka Wisuda Periode Desember 2021.

Acara Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Dalam Rangka Yudisium Dan Panggelaran Lulusan Sarjana Periode Desember Tahun 2021 ini dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si, dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan Lulusan oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. J. M. Matinahoru, Penyerahan Lulusan dari Dekan kepada Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKAFTANI) dan penyerahan Kartu Alumni dari Ketua IKAFTANI kepada perwakilan lulusan.

Penggelaran Lulusan Fakultas Pertanian sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Nomor : 585/UN13.1.5/SK/2021 Tentang Yudisium Sarjana Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Periode Desember Tahun 2021 kepada 92 lulusan yakni Program Studi Agroteknologi sebanyak 12 orang lulusan., Program Studi Agrobisnis sebanyak 15 orang lulusan., Program Studi Teknologi Hasil Pertanian sebanyak 29 orang lulusan., Program Studi Peternakan sebanyak 9 orang lulusan., Program Studi Kehutanan sebanyak 26 orang lulusan dan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) sebanyak 1 orang lulusan.

Lulusan dengan Predikat CUMLAUDE atau Pujian diberi Penghargaan untuk dikukuhkan terlebih dahulu oleh Dekan, masing-masing :

  1. Marcel Lumban Tobing, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, IPK 3.86
  2. Silvia Latuputty, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, IPK 3.76
  3. Dwi Wahyuningsi Rukuah, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, IPK 3.71
  4. Cornelia Pentury, Prodi Teknologi Hasil Pertania, IPK 3.83
  5. Dinda Monita Br Naibaho, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, IPK 3.84
  6. Curnia Dumasari Siallagan, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, IPK 3.75
  7. Siti Hariroh, Prodi Agroteknologi, IPK 3.68
  8. Triyani K. J. Lumbantoruan, Prodi Agroteknologi, IPK 3.65
  9. Fadly Irsandy Siyono, Prodi Peternakan, IPK 3.85

“Fakultas ini adalah rumah kedua kami, kami berangkat dari berbagai kekuatan, niat dan tujuan. Di fakultas inilah kami menimba ilmu, berdiskusi, mengabdi kepada masyarakat dan melakukan penelitian ilmiah demi menjunjung caturdarma Perguruan Tinggi, hingga akhirnya saat ini kami bisa berkumpul sebagai calon wisudawan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura” Ungkap Marcel Lumban Tobing saat memberikan kesan dan tekan lulusan.

Mewakili para lulusan, marcel mengucapkan terima kasih kepada seluruh sivitas akademika fakultas pertanian unpatti yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan pelayanan selama para lulusan berada pada Fakultas Pertanian. “Fakultas Pertanian telah mengajarkan berbagai pelajaran berharga bagi kehidupan kami. Meskipun kami dididik dalam kondisi pandemi covid namun kami diajarkan untuk mengkaji, mengabdi sehingga kami tetap tegak menatap masa depan, tak gentar untuk melangkah dan bersaing dengan ribuan sarjana dari perguruan tinggi ternama” tutupnya.

Prof. Dr. Ir. August E. Pattiselano, M.Si selaku Ketua Senat Fakultas Pertanian, dalam sambutannya berharap, kepada 92 orang  lulusan untuk selalu membawa nama baik almamater di manapun berada dan dapat menjadi lulusan yang berkualitas yang siap menciptakan lapangan pekerjaan.

Dekan Fakultas Pertanian,  Prof. Dr. Ir. J. M. Matibahoru dalam sambutannya mengatakan, Fakultas Pertanian sampai pada yudisium periode desember tahun 2021 telah mengalami peningkatan dalam capaian hasil belajar mahasiswa, dibuktikan dengan  rata-rata IPK. 3.3. “Sebagai sarjana baru, status kalian adalah sebagai alumni fakultas pertanian dengan demikian, kalian otomatis, kalian terhimpun dalam wadah yang disebut IKAFATANI (Ikatan Alumni Fakultas Pertanian “pesan Almamater tercinta adalah barjuang semaksimal mungkin untuk mencapai cita- cita”

Dekan berharap, kepada sarjana baru untuk tidak cepat puas dengan apa yang telah di capai hari ini karena ini hanya merupakan langkah awal untuk belajar dan bekerja lebih keras lagi. Kembangkanlah ide dan kreativitas sesuai dengan kompetensi bidang ilmu yang di dapat selama masa perkuliahan, sehingga nanti para lulusan dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Dekan juga berharap, kepada para lulusan ketika lepas dari almamater ini agar terus meningkatkan kapasitas dan kualitas diri dengan melanjutkan studi kejenjang strata dua dan strata tiga, hal ini sangat penting dalam menghadapi kompetisi yang ketat untuk memenangkan pertarungan yang kompetetif di tengah masyarakat

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si, mewakili Rektor dalam sambutannya mengatakan, setelah mendapat gelar sarjana para lulusan dituntut untuk bagaimana mengaplikasikan ilmu yang didapat selama berada pada bangku kuliah agar bisa bermanfaat bagi masyarakat luas sehingga dapat ikut berkontribusi nyata dalam masyarakat demi kemajuan bangsa.

Beliau berharap, sebagai alumni nantinya  dapat tetap menjaga nama baik almamater dan tetap membangun hubungan yang baik dengan Fakultas dan Universitas, dan memberikan dukungan ketika pelaksanaan pendataan alumni yang nantinya dilakukan oleh Bagian Kemahasiswaan dan Alumni dan Career Development Centre Universitas Pattimura sehingga universitas tetap bisa mengakses data terbaru dari para lulusan. Pengambilan data alumni dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi lulusan Universitas Pattimura di pasar kerja, dan ini sangat berpengaruh terhadap perengkingan Universitas. Ketentuan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Kementerian Keuangan yaitu terserapnya lulusan di dunia kerja dalam kurun waktu 6 bulan setelah lulus.

Selamat dan Sukses.. Hotumese!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#92LulusanFakultasPertanianUnpattiDiYudisium

Leave a Reply

Your email address will not be published.