Fakultas Kedokteran Memberikan Edukasi Pencegahan Stunting Pada Ibu Hamil

UNPATTI,- Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam penurunan angka Stunting, Fakultas Kedokteran Unpatti bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kota Ambon dalam hal ini Puskesmas Poka – Rumah Tiga mengadakan sosialisai terkait dengan “ Edukasi Pencegahan Stunting pada Ibu Hamil dan Pelatihan Penyegaran Pengkuran Antropometri Pada Kader Posyandu Di Puskesmas Poka – Rumah Tiga”, di Aula lantai II Gedung Rektorat Unpatti, Selasa (21/12).

Dekan Fakultas kedokteran, Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S., M. Kes., dalam sambutannya mengatakan, kegiatan hari ini merupakan implementasi dari tri dharma perguruan tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura sebagai bentuk kepedulian Unpatti terhadap masyarakat sekitar kampus Poka – Rumah Tiga. Selain itu akan dilakukan pelatihan pada kader posyandu di puskesmas Poka – Rumah Tiga terkait penyegaran pengkuran antropometri yang merupakan salah satu pemeriksaan fisik pertama pada bayi baru lahir, dengan tujuan untuk memastikan apakah bayi lahir dalam keadaan sehat atau memiliki gangguna kesehatan. Pada kesempatan ini juga diberikan edukasi oleh pamateri, dengan harapan, prevalensi balita stunting di Maluku khususnya di Poka –Rumah Tiga dapat menurun.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, M.Kes mengatakan, stunting merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, hal ini menyebabkan adanya gangguan dimasa yang akan datang, yakni mengalami kesulitan dalam mencapai perkembangan fisik dan kognitif yang optimal.  Untuk itu perlu diperhatikan kepada ibu hamil bahwa 1000 hari pertama sangat penting, karenanya perlu di dorong untuk pemenuhan nutrisi bayi, dalam pencegahan stunting.

drg. Wendy Pelupessy memberikan apresiasi kepada Fakultas Kedoteran Unpatti yang telah melaksanakan kagiatan ini, dengan harapan, semakin sering masyarakat terutama ibu hamil menerima edukasi terkait dengan stunting maka angaka stunting di Maluku dapat di tekan.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum mengatakan untuk melahirkan  generasi yang berkualitas dibutuhkan perhatian pemenuhan gizi anak mulai dari dalam kandungan. Dengan demikian diperlukan pengetahun kepada ibu hamil dalam mencegah stunting. Stunting bukan hanya masalah gangguan pertumbuhan fisik saja namun juga mengakibatkan anak menjadi mudah sakit, selain itu juga terjadinya gangguan perkembangan otak dan kecerdasan sehingga stunting merupakan ancaman besar terhadap kualitas sumber daya manusia.

Rektor berharap, melalui kegiatan ini, para ibu hamil dapat menambah informasi dan pengetahuan tentang situasi, kondisi, faktor resiko, penyebab, pencegahan dan dampak stunting sehingga dapat melahirkan generasi yang tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi.

Kegiatan ini menghadirkan dua nara sumber yakni, Lina Murad, S.ST dan dr. Merlin M. Maelissa, Sp.OG., M.Kes dan di hadiri  oleh Kepala Puskesmas Poka –  Rumah Tiga, 30 ibu hamil beserta pasangan serta Kader Puskesmas Poka – Rumah Tiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.