FPIK Dan Empat Program Studinya Terima ISO 21001:2018

UNPATTI,- Sertifikat ISO 21001:2018 dari PT. Garuda Sertifikasi Indonesia diberikan kepada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Program Studi Ilmu Kelautan, Program Studi Budidaya Perairan. Penyerahan dilakukan di Aula Lt II Rektorat, Jumat 10 Desember 2021.

Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dr. Y. Lopulalan, M.Si dalam sambutannya mengatakan  FPIK kurang lebih 3 bulan didampingi oleh Konsultas Manajemen PT. GAMA Management Consulting, untuk mempersiapkan sivitas akademika melakukan seluruh sistim manajemen yang akan meningkatkan kualitas organisasi pendidikan.

Lanjutnya melalui seluruh proses pelatihan dan audit internal rapat tinjauan manajemen dan oleh PT. Garuda Indonesia FPIK dan 4 program studi dinyatakan berhak memperoleh sertifikat ISO 21001:  2018 tentang sistem manajemen pendidikan. “Ini merupakan hal yang baru pertama kali diperoleh Universitas bagian timur, dan tentunya ini menjadi kebanggaan sekaligus menjadi tanggung jawab besar yang kita pikul secara bersama. Tantangan terbesar kami adalah bagaimana mengimplementasi standar-standar yang dibutuhkan dalam ISO. Komitmen ari semua sivitas akademika dalam menjalankan standar ini menjadi yang utama. Kedepan diharapkan ISO yang diperoleh akan menunjang akreditasi FPIK untuk memperoleh predikat akreditasi ‘unggul’.

Dekan juga menyaampaikan terima kasih kepada Puji Hartoyo, Konsultan Ahli PT Gama Management Consulting, yang telah mendampingi FPIK dalam mempersiapkan standart yang dibutuhkan untuk penilaian dan audit eksternal. Dekan Berharap dengan memperoleh ISO, ini merupakan langkah awal FPIK siap untuk menuju akreditasi Internasional.

Putu Anom Wisnu Wisnawa yang merupakan Direktur Oprasional PT. Garuda Sertifikasi Indonesia, memeberikan apresiasi kepada Universitas Pattimura yang telah memberikan kepercayaan kepada PT. Garuda Sertifikasi Indonesia untuk melakukan penilaian kesesuaian terhadap implementasi standar – SNI ISO 21001:2018, yang bertujuan untuk mengevaluasi apakah lembaga pendidikan telah memenuhi kebutuhan peserta didik dan penerima manfaat layanan pendidikan, namun yang terpenting adalah bagaimana memberikan mutu pelayanan pendidikan yang terbaik bagi peserta didik dan bagi penerima manfaat termasuk stakeholder. ISO 21001:2018 merupakan salah satu acuan untuk mengelola pendidikan yang berstandart internasional.

Dengan diterimanya sertifikat ISO, Putu berharap FPIK menjadi pioneer bagi universitas yang ada dibagian timur Indonesia dan bagi Fakultas lain di Universitas Pattimura dan kami akan tetap melakukan audit surveillance.

Rektor, Prof Dr. M. J. Saptenno., SH., M.Hum memberikan apresiasi yang tinggi kepada FPIK Unpatti yang telah memperoleh sertifikat ISO 21001:2018 atas kerja keras dan komitmen bersama untuk memperoleh yang terbaik. Univesitas Pattimura saat ini sementara mempersiapkan re-akreditasi institusi dan hal ini menjadi salah satu penunjang.

Apa yang diperoleh hari ini oleh FPIK dan 4 Program studinya harus disosialisasikan kepada prodi lainnya di universitas ini, sehingga kita bertumbuh bersama kepentingan bersama memajukan Universitas Pattimura. “Manajemen organisasi atau manajemen pendidikan membutuhkan sertifikasi oleh karena itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak PT Garuda Garuda Sertifikasi Indonesia dan juga PT Gama Management Consulting beserta tim yang telah mendampingi sehingga hal ini dapat terwujud.

Rektor berharap FPIK menjadi contoh bagi Fakultas lainnya dan membumikan Pola Ilmiah Pokok Bina Mulia Kelautan, sehingga melalui FPIK melahirkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan harus unggul dalam inovasi dan kreatifitas dibidang kelautan, sehingga kedepan FPIK siap untuk akreditasi internasional

Selanjutnya mungkin program studi al2 kedepannya setelah mendapatkan akreditasi unggul mungkin juga iso juga harus didorong untuk itu supaya fakultas perikanan dan ilmu kelautan menjadi pionir menjadi contoh karena kita memang mempunyai bina Mulya kelahiran jika fakultas perikanan tidak unggul hukum laut.

Acara ini dilakukan secara hybrid dan dihadiri oleh Para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Kepala Biro, Sekretaris LP3MP, para Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam lingkup FPIK Unpatti.

Selamat untuk pencapaian ISO 21001:2018. Sukses

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#FPIK-ISO21001:2018
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published.