Gelar Yudisium, FPIK Unpatti Meluluskan 77 Sarjana Baru

UNPATTI,- Sebanyak 77 mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dinyatakan lulus dalam Yudisium dan Penggelaran Sarjana, yang dilakukan dalam  Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Penggelaran Sarjana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Dalam Rangka Wisuda Sarjana III Universitas Pattimura Periode Agustus – Desember 2021, berlangsung di Loby FPIK, Jumat (11/12/21).

Keputusan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Nomor 428/UN13.1.7/SK/2021 Tentang Yudisium dan Penggelaran Sarjana Bagi Lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Periode Agustus – Desember 2021 menjadi dasar pelaksanaan Yudisium dan Pegelaran Sarjana hari ini.

Kegiatan yang diselenggarakan secara hybird diikuti oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si., Senat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, para Ketua Program Studi, Koordinator dan Sub Koordinator serta Tenaga Kependidikan dalam lingkup FPIK, Ketua dan Pengurus Ikatan Alumni FPIK, Orang Tua Lulusan dan para Lulusan.

Penyerahan Plakat dan Tanda Piagam Penghargaan dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,
Dr. Y. Lopulalan, M.Si diberikan kepada 5 orang lulusan yang dinyatakan lulus dengan predikat “Cumlaude”, atas nama :

  1. Chimberly Silooy,S.Pi, Program Studi Ilmu Kelautan, IPK 3.93
  2. Brigitha Maurrenzha Leatemia, S.Pi, Program Studi Ilmu Kelautan, IPK 3.88
  3. Candida Putri Nauli Simatupang, S.Pi, Program Studi Ilmu Kelautan, IPK 3.81
  4. Muhamad Farhan, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, IPK 3.59
  5. Revelto Dergo Moniharapon, S.Pi, Program Studi Agrobisnis Perikanan, IPK 3.55.

Ir. F. Papilaya selaku Ketua Ikatan Alumni FPIK dalam sambutannya mengatakan, sebagai pengurus alumni sangat bangga karena hari ini ada 77  alumni baru. “Sebagi senior kami punya kewajiban untuk memperhatikan para lulusan yang baru saja lulus. Ikrar yang dibacakan hari ini jangan hanya sebagi bentuk kata- kata tapi perlu di imeplementasikan. Perjuangan saudara belum selesai, ada fase baru yang harus dilakukan setelah menyelesaikan pendidikan. Setelah ini kerja keras dan komiten dalam mengembangkan potensi alam untuk di jadikan peluang membuka lapangan kerja yang baru.  Jadilah orang yg bermanfaat bagi diri, keluarga, bangsa dan negara terkhususnya bagi almamater.  Selamat bergabung di ikatan alumni FPIK”, tutupnya.

Dekan FPIK Unpatti, Dr. Y. Lopulalan, M.Si dalam sambutannya mengatakan  Periodesasi yudiusium kali ini meluluskan 77 sarja baru merupakan kebanggaan karena proses tanggung jawab seluruh sivitas akademika FPIK dapat berjalan dengan baik. “Kita patut bersyukur dan bangga bahwa kita boleh melaksanakan Penggelaran Yudisium bagi 77 lulusan baru periode Agustus – Desember yang di yudisium hari ini. Semua proses memperlihatkan prestasi kerja yang ditunjukan”.

Lanjut dikatakan, selama satu tahun FPIK telah menunjukan capaian kerja dengan melakukan kerjasama dan menjalankan kebijakan MBKM dengan Pertukaran mahasiswa di beberapa universitas, FPIK juga telah memiliki tempat uji kompetensi mahasiswa dan beberapa mahasiswa FPIK yang telah memiliki sertifikat pelatihan. Selain itu prestasi yang ditunjukan melalui pengabdian kepada masyarakat, penelitian dan publikasi ilmiah sebagai implementasi dari dari Tri Dharma perguruan tinggi.

tidak hanya mengejar kuantitatif lulusan saja akan tetapi kualitas lulusan menjadi hal utama dalam menunjang sumber daya lulusan yang siap dipakai.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada lulusan baru yang telah menyelesaikan semua proses pendidikan sehingga hari ini dapat memperoleh gelar sarjananya. “Setalah menjadi sarjana, kalian dilihat sebagai orang yang memiliki intelektual, untuk itu proses perubahan dari pola pikir, sikap dan tindakan harus dapat ditunjukan. Jagalah marwah dari almamater tercinta”.

Beliau berharap, lulusan baru mampu melihat peluang dan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru khususnya di bidang Kelautan dengan potensi kekayaan  laut yang ada di Maluku dan latilah diri untuk terus belajar sesuai dengan perkembangan teknologi.

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Panca Purna Ikrar oleh lulusan FPIK, Pengukuhan lulusan FPIK oleh Dekan hingga Penyerahan lulusan kepada Ketua Ikatan Alumni FPIK, Ir. F.Papilaya, M.Si.

Selamat dan Sukses para lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura. Hotumese..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.