SEBANYAK 197 CALON WISUDAWAN FISIP UNPATTI DI YUDISIUM

UNPATTI,- Sabtu, (11/12/2021) bertempat di Gedung Auditorium Lt III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diselenggarakan Rapat Terbuka Senat dalam rangka Yudisium dan Penggelaran Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Periode Desember Tahun 2021, dihadiri Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum, Senat FISIP Unpatti, Sivitas Akademika FISIP Unpatti, para Orang Tua Lulusan dan Rohaniawan.

Acara Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik dalam rangka Yudisium Dan Panggelaran Lulusan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Periode Desember Tahun 2021 dibuka oleh Ketua Senat FISIP Unpatti Drs. A. R. Malawat, M.Si.

Prosesi Yudisium dan Penggelaran Lulusan tersebut meluluskan sebanyak 197 mahasiswa yang terdiri dari:

  1. Program Studi Administrasi Publik sebanyak 59 lulusan
  2. Program Studi Ilmu Pemerintahan sebanyak 70 lulusan
  3. Program Studi Ilmu Komunikasi sebanyak 19 lulusan
  4. Program Studi Sosiologi sebanyak 43 Lulusan

Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Nomor 179/UN13.1.2/SK/2021 menjadi dasar pelaksanaan Pengukuhan dan Penggelaran Sarjana hari ini. Lulusan dengan Predikat Pujian atau CUMLAUDE diberi Penghargaan untuk dikukuhkan terlebih dahulu oleh Dekan FISIP, Prof. Dr. T. D. Pariela, MA, masing-masing :

  1. Muhammad Efendy Said, Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,96
  2. Naya Wasseng, Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,93
  3. Wa Rukaya, Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,88
  4. Nyong Deru Kilbaren, Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,87
  5. Arsya Azzahra Kaliky, Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,81
  6. Regina P. Lainata, Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,81
  7. Mayalina Latekay, Prodi Administrasi Publik dengan IPK 3,81
  8. Delon Stewart Pariela, Prodi Sosiologi dengan IPK 3,77
  9. Joan Ria Karuna, Prodi Sosiologi dengan IPK 3,67
  10. Faza S. Handayani, Prodi Administrasi Publik dengan IPK 3,66
  11. Raichard Armando A. Pentury, Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,59
  12. Nurlita Mau, Prodi Ilmu Pemerintahan dengan IPK 3,57
  13. Eandu Waemese, Prodi Sosiologi dengan IPK 3,54

Muhammad Efendy Said, mewakili para lulusan dalam kesempatan menyampaikan kesan dan tekad lulusan mengatakan, FISIP adalah rumah kedua bagi kami karena sekian lamanya telah menimba ilmu disini. Kami belajar berdiskusi, mengabdi kepada masyarakat dan melakukan penelitian ilmiah demi menjunjung Tridharma Perguruan Tinggi. Semuanya kami lakukan untuk menjaga marwah FISIP Unpatti yang telah menjadikan siapa kita di hari ini. “Hari ini adalah hari yang bahagia untuk kita semua dimana momen yang selalu dinantikan bagi seluruh mahasiswa yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri”, kata Efendy.

4 tahun yang lalu, kami menapakan kaki bersama di FISIP Unpatti, tempat dimana kami di didik untuk menjadi pribadi yang tangguh sebagai lulusan yang siap memberikan kontribusi positif terhadap bangsa dan negara. Tepat di hari ini juga telah selesai sudah tugas kami sebagai mahasiswa FISIP Unpatti”, ujar Efendy.

Lanjut dikatakan, pada masa kini persaingan semakin ketat setiap tahunnya di Indonesia yang berjumlah ratusan ribu. Oleh karena itu, kita harus menaklukan persaingan dengan membuktikan bahwa FISIP Unpatti bukan alumni biasa, tetapi kita adalah insan akademik yang unggul dan layak memenangkan persaingan. “Anak muda dengan semangat muda yang terus menorehkan prestasi adalah salah satu aset untuk kemajuan suatu bangsa”, terangnya.

Dekan, Prof. Pariela dalam sambutan mengatakan, bagi FISIP Unpatti, Yudisium ini juga merupakan capaian maksimum dari seluruh proses kegiatan akademik yang dapat memberikan akselerasi dalam rangka perbaikan kualitas pelayanan bagi proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk saat ini dan di masa yang akan datang. “Inilah substansi dari Tema FISIP BERMUTU yang diusung dalam kurung waktu beberapa tahun ke depan, yang menjadi tujuan obsesif dari segenap Sivitas Akademika FISIP Unpatti”, jelas dekan.

Prof Pariela juga menyampaikan Selamat kepada para lulusan dan orang tua atas pencapaian prestasi akademik yang telah diperoleh oleh masing-masing alumnus. “Kami yakin dan percaya bahwa bekal ilmu pengetahuan yang telah diperoleh setiap alumnus, akan menjadi jembatan emas yang mengantarkan mereka menuju dan menggapai kesuksesan hidup”, ungkap dekan.

Dekan berharap, semoga ikatan moral yang telah terbina selama ini, akan terus dipelihara dan disemangati secara berkelanjutan agar bersama-sama kita saling “menghidupi” dalam tatanan interaksi yang konstruksi dan produktif.

“Semoga melalui yudisium ini, kita bersama-sama menemukan jatidiri dan kehormatan kita sebagai FISIP Unpatti”, tutup dekan.

Sementara itu, rektor Prof. Saptenno mengatakan hari ini kita melaksanakan suatu momentum penting dan bersejarah bagi 197 yang mengikuti yudisium dan nantinya akan diwisudakan pada tanggal 14 Desember 2021. Hal ini sangat terlihat dimana para orang tua dan lulusan boleh berbangga atas prestasi yang mereka capai.

Prof Saptenno juga mengatakan, para lulusan harus berbangga dengan apa yang didapat hari ini dan teruslah membenahi diri untuk bagaimana mempunyai pengetahuan tambahan yakni mengikuti kursus berbahasa inggris lewat TOEFL, karena diperlukan saat melamar pekerjaan, karena itu rektor berharap, kiranya ada pengembangan inovasi-inovasi terbaru dan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Pesan rektor, jangan pernah lupa dengan ALMAMATER Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang merupakan rumah kita dan juga membesarkan kita untuk di didik ke depan menjadi orang sukses. Karena almamater merupakan ibu asuh yang telah memberikan air susu (ilmu) untuk diterapkan di dunia kerja dan masyarakat.

Selamat dan Sukses. Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Yudisium197FISIPUnpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.