Surveillance Audit ISO 9001-2015 Tahap ke -2 Fakultas Hukum Unpatti

UNPATTI,- Fakultas Hukum Universitas Pattimura menggandeng British Standards Institution (BSI) melakukan audit tahap dua ISO 9001:2015 secara daring melalui aplikasi ZOOM, Jumat, (3/12).

Tujuan penilaian Audit BSI adalah untuk melakukan penilaian surveyor dan mencari bukti positif untuk memastikan elemen ruang lingkup sertifikasi dan persyaratan standar manajemen ditangani secara efektif oleh sistim manajemen organisasi dan bahwa sistim tersebut menunjukan kemampuan untuk mendukung pencapaian persyaratan undang-undang peraturan dan kontrak juga tujuan yang ditentukan organisasi, sebagaimana berlaku sehubungan dengan ruang lingkup standar manajemen, dan untuk menginformasi pencapaian dan penerapan yang sedang berlangsung dari rencana strategis kedepan. Audit ini juga dilakukan guna melihat kesesuaian antara kriteria dan aktual implementasi di lapangan. Apabila Fakultas Hukum Unpatti telah memanfaatkan dan menerapkan sistem manajemen mutu yang diterapkan, British Standards Institution (BSI) 9001:2015 sebagai sertifikat standar manajemen pelayanan.

Kegaitan diawali dengan opening meeting yang dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Hukum Universitas Pattimura, Para Ketua Jurusan, Koordinator, para Sub koordiator dan para tenaga kependidikan pada Fakultas Hukum Unifersitas Pattimura.

Dekan Fakultas Hukum Unpatti Dr. R. J. Akyuwen, SH., M. Hum mengatakan ini merupakan tahun kedua Fakultas Hukum Unpatti di audit oleh BSI, tahun ini dilakukan secara daring namun FH selalu melakukan yang terbaik.

Lanjut dikatakan Fakultas Hukum Unpatti ingin berkembang menuju ISO 21001:2018 namun terbentur dengan beberapa persyaratan yang ada, salah satunya mengharuskan Fakultas Hukum Unpatti untuk melaksanakan audit tahap ke dua ISO 9001:2015 sebagai salah satu syarat ke ISO 21001:2018.

Ditambahkan Fakultas Hukum Unpatti sementara ini mempersiapkan akreditasi Fakultas, dan 8 indikator penunjangnya telah dimiliki melalui akreditasi ISO . Dekan berharap audit yang di lakukan saat ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang ditentukan dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Menurut Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. J. J. Pietersz, SH., M.H persiapan menuju audit BSI ISO 9001:2015 sudah dilakukan dari beberapa waktu yang lalu dengan mengirimkan semua dokumen yang diperlukan guna surveillance di hari ini. “Pengalaman Fakultas Hukum Unpatti pada surveillance ISO tahun kemarin adalah landasan untuk melakukan perbaikan dan perubahan terharap mutu standar yang di jalankan Fakultas Hukum Unpatti dan setidaknya ditahun ini kami mencoba untuk melakukan sesuai apa yang menjadi standar ISO 9001:2015, dengan demikian Fakultas Hukum Universitas Pattimura sudah siap dalam penyelenggraan surveillance ISO 9001-2015 tahap ke -2” ungkap Dr. Pieters.

Audit ini diakhiri dengan closing meeting untuk menjelaskan mengenai hasil audit oleh auditor Pratama Sedayu dan Widyanto Lukito . Diakhir sesi menyimpulkan bahwa Fakultas Hukum Unpatti mendapatkan Rekomendasi untuk tetap melanjutkan ISO 9001:2015 hingga tahun 2022 mendatang.

Selamat untuk Fakultas Hukum Unpatti atas Rekomendasi ISO 9001:2015.

Hotumese !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.