Tingkatkan SDM, FK Unpatti Teken MoU Dengan FKM Unhas

UNPATTI,- Fakultas Kedokteran Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) melakukan penandatanganan MoU dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) dalam rangka peningkatan SDM terutama bagi dosen.Penandatanganan tersebut dilakukan di Ruang Prof. Nasry pada hari Senin, 27 Desember 2021.

Penandatanganan tersebut didasari oleh keinginan bersama untuk saling menunjang dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan tinggi dan pembangunan bangsa. Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan kerjasama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi secara keseluruhan yaitu bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Dekan FK Unpatti Dr dr Bertha J Que, Sp S., M.Kes. menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut yaitu bahwa Maluku sebagai daerah kepulauan tentu memiliki masalah kesehatan yang berbeda dengan daerah-daerah lain.

“Sekitar 93 persen wilayah Maluku adalah laut sehingga dengan demikian perlu dikembangkan program studi-program studi yang sesuai dengan kewilayahan tersebut,” kata dr Bertha.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu kebutuhan di Fakultas Kedokteran Unpatti adalah pembukaan program studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, dimana pada Universitas Pattimura belum ada S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM., M.Kes. M.Med.Ed menyambut baik kunjungan kerja sama ini.

Dekan FKM Unhas menyampaikan bahwa FKM Unhas siap bermitra dengan FK Unpatti untuk mengembangkan S1 Kesehatan Masyarakat di sana, bahkan S1 Ilmu Gizi.

“Bahkan Ilmu Gizi ini sangat relevan dibuka disana dan ini sejalan dengan begitu kompleksnya masalah stunting di wilayah Maluku secara keseluruhan,” ungkapnya.

Dekan FKM Unhas menceritakan berbagai kerja sama yang dilakukan dalam dan luar negeri. Di dalam negeri terutama di bidang pendidikan, FKM Unhas telah bekerja sama dengan FKM Untad, Poltekkes Kaltim, Poltekkes Ternate, FKM Muhammadiyah Jakarta, FKM Tompotika terutama yang berkaitan dengan lanjut studi S2 maupun S3.

Beberapa institusi pendidikan yang juga baru-baru ini melakukan kerja sama misalnya Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Universitas Muhammadiyah Jakarta, FKM Universitas Nusa Cendana Kupang dan lain sebagainya.

Dekan lebih lanjut mengatakan bahwa kerja sama lanjut studi jauh lebih strategis untuk pembukaan berbagai program studi. Dengan mengirim staf dosen 15-20 orang untuk lanjut S3 misalnya, maka dalam waktu 3-4 tahun yang akan dating berbagai program studi dibuka, bukan hanya S1 tetapi juga dengan S2 dan S3.

Dari sisi SDM dosen, kami memiliki sekitar 20 guru besar dan 50 doktor yang siap membantu dan berkolaborasi.

Kerja sama kita juga dapat dilakukan dalam bidang publikasi, joint research, berbagai training untuk peningkatan kapasitas dan sebagaimnya.

Itu yang secara umum saya kira yang memungkinkan untuk dikembangkan. Hal-hal yang menyangkut tindak lanjut kerjasama ini akan diatur di dalam kesepakatan/perjanjian pelaksanaan tersendiri.

Kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun sejak naskah ini ditandatangani dan dapat diperpanjang dengan persetujuan kedua belah pihak.

Dekan FK Unpatti didampingi oleh beberapa staf, sementara dipihak FKM Unhas hadir seluruh wakil dekan, Ketua GPM, Ketua Prodi S1 Kesmas, Ketua Prodi S3 Kesmas, KTU, dan para Kasubag. Diakhir sesi dilakukan poto bersama.

Sumber : https://www.fajarpendidikan.co.id/tingkatkan-sdm-fk-unpatti-teken-mou-dengan-fkm-unhas/

Leave a Reply

Your email address will not be published.