Promosi Doktor Ilmu Hukum Amien Ru’Ati Tuasikal

UNPATTI,- Program Pascasarjana Universitas Pattimura Ambon mengadakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Hukum Promovenda Amien Ru’Ati Tuasikal, SH, Sp.N, M.Kn melalui disertasi berjudul “Eksistensi dan Kekuatan Eksekutorial Putusan Mahkamah Konstitusi”, Kamis (02 Desember 2021), berlangsung di Aula Lantai II Rektorat Universitas Pattmura.

Sidang Promosi Doktor diketuai oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum sekaligus juga sebagai penguji I., Wakil Ketua Prof. Dr. Ir. A. S. W. Retraubun, M.Sc dan Wakil Ketua sekaligus Penguji II Dr. R. J. Akyuwen, S.H, M.Hum., Penguji III Dr. J. J. Pietersz, S.H, M.H., Promotor Prof. Dr. S. E. M. Nirahua, S.H, M.Hum., Ko Promotor Dr. J. Tjiptabudy, S.H, M.Hum dan Dr. H. Salmon, S.H, M.H., Penguji Eksternal Prof. Dr. Irwansyah, S.H, M.H dari universitas Hasanuddin Makassar serta Penguji Akademik Dr. V. Sidubun, S.H, LLM dan Dr. Revency Vania Rugebregt, S.H., M.H.

Amien Ru’Ati Tuasikal dalam pemaparan disertasi menjelaskan, Mahkamah Konstitusi merupakan Lembaga Peradilan yang dibentuk berdasarkan UUD 1945 yang berkewenangan secara konstitusional untuk melakukan pengujian undang-undang terhadap UUD 1945 yang putusannya bersifat final dan mengikat. Namun dalam pelaksanaan pengujian, putusan Mahkamah Konstitusi banyak yang tidak dilaksanakan oleh lembaga negara lain yang mempunyai tugas untuk menindaklanjuti maupun melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi tersebut sehingga secara hukum dapat mengganggu eksistensi dan kekuatan implementasi dari putusan Mahkamah Konstitusi tersebut.

Beliau berharap, perkembangan hukum terkait dengan keputusan Mahkamah Konstitusi selama ini tidak berjalan sebagaimana smestinya sehingga melalui disertasi ini adanya perbaikan pembangunan hukum sehingga setiap masyarakat dapat mendapatkan keadilan, kepastian dan manfaat dari hukum itu sendiri.

Amien Ru’Ati Tuasikal berhasil memperoleh Gelar Doktor dengan nilai IPK 3,85 Predikat Sangat Memuaskan setelah berhasil mempertahankan disertasinya didepan para penguji.

Turut hadir, Wakil Bupati Maluku Tengah dan tamu undangan lainnya

Selamat dan Sukses. Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PromosiDoktorAmienRu’Ati

Leave a Reply

Your email address will not be published.