YUDISIUM 123 LULUSAN FH UNPATTI

UNPATTI,- Fakultas Hukum Universitas Pattimura melaksanakan Yudisium dan Penggelaran Lulusan terhadap 123 lulusan yang terdiri dari 112 lulusan Program Studi Ilmu Hukum Pada Kampus Utama dan 11 Lulusan dari Program Studi Hukum Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat daya dalam rangka wisuda periode Desember 2021, yang dilaksanakan di Hall Lantai I Fakultas Hukum Universitas Pattimura, Jumat (10/12).

Acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Panggelaran Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Periode Desembar 2021, dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LL.M. Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan Lulusan oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum, Pembacaan Panca Purna Ikrar Lulusan Oleh salah satu lulusan dan dilanjutkan dengan penyerahan lulusan dari Dekan kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Saartje Sarah Alfons, S.H., M.H.

Untuk kali ini Fakutas Hukum Unpatti menghasilkan 5 lulusan Cumlaude yaitu:

  1. Fahira Ode Damura (IPK 3,79)
  2. Mariah Agnes Matakena (IPK 3,73)
  3. Beregita Lidiana Sikafir (IPK 3,57)
  4. Reonaldo C. Pattipeilohy (IPK 3,56)
  5. Eylesia Elkel (IPK 3,53)

“We aspiring graduates have been dreaming and waiting for this day, when we will officially become bachelors of law. Our process and journey progressed with many memories and experience that we will never forget. This esteemed institution, the Faculty of Law, hes been a home for us to gain knowledge through healty exploration, discussion and debate”.  Sedikit kutipan dari Mariah Agnes Matakena dalam menyampaikan kesan dan tekat lulusan mewakili para yudisium.

Agnes juga berpesan kepada teman- temanya untuk jangan cepat merasa bangga karena dibalik rasa bangga juga ada beban besar yang duduk pada pundak masing-masing yaitu tanggung jawab. “(To my peers, my comrades in amrs, at this very moment, we might feel pride. But behind that pride, lies a big burden on our shoulders, responsibility)”. Dalam kamus Merriam Webster tanggung jawab diartikan menjadi dua hal yaitu suatu tugas yang di perlukan atau diharapkan untuk dilakukan dan sesuatu yang harus dilakukan karena hal itu benar secara moral. “In Merriem Webster Dictinary, responsibility is defined as two things: a task that is required or expected to be done and secondly something that must be done because it is morally right”.

Lanjut dikatakan Untuk saat ini tugas dan peranan sebagai sarjana hukum di tengah masyarakat belum jelas untuk melangkah kedepan, apa yang harus dilakukan setelah ini tetapi harus menjadi pegangan bahwa tanggung jawab kita adalah melakukan yang terbaik dengan peran yang akan di geluti nantinya, dengan bersandar pada moral kita dan berdasarkan apa yang benar. “Dengan artian menjadi sosok yang tidak saja mau mengikuti aturan maupun alur secara membabi-buta namun terus teguh dalam pendiriannya untuk memperjuangkan apa yang benar” ‘Being a bachelor of law who doesn’t just want to follow the rules and blindly follow the path others have cemented but continue to be firm in their stance to fight for what is right’, ungkap Agnes.

“This may be heavy final massage for my fellow candidate bachelors of law, but now is not the time for us to expect things to come easily. As soon to be graduates, there is one things that has been ingrained in us since the beginning of our entry into this faculty: Ad Augusta Per Angusta, through difficulties to honours. To grow within challenges. For that I invite my peers, fellow graduates, to not fear the challenge and grow within it, and never give up”, tutupnya.

Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LL.M dalam sambutanya berharap  kepada para lulusan ketika waktunya berada di masyarakat berikanlah kontribusi baik dan positif, terapkanlah ilmu dan ketrampilan yang di dapat untuk membantu sesama, karena dengan berbagai kontribusi yang kalian berikan akan memberikan nilai tambah kepada almamater ini. “tahapan ini belum lah selesai, saudara-saudara harus membuktikan kapasitas saudara-saudara di tengah masyarakat, bangsa dan negara”.

Lanjutnya bagi para lulusan jika ingin Kembali ke almamater untuk memberikan kontribusi bersama – sama membangun dan mengembangkan Fakultas Hukum Unpatti kedepan, kami siap menerima dengan tangan terbuka. “Tetaplah berkembang meskipun mengalami berbagai tantangan dan hambatan, berpeganglah selalu pada moto kita Ad Augusta Per Angusta”.

Dekan fakultas Hukum Dr. Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum mengatakan Mariah Agnes Matakena salah satu lulusan cumlaude yang tadi memberikan pesan dan tekat lulusan adalah salah satu mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang berprestasi salah satunya di bidang Bahasa inggris ini membukti bahwa Fakultas Hukum sudah siap untuk menerima tantangan yang di berikan oleh Universitas Pattimura untuk menghadirkan kelas internasional dan dosen – dosen internasional, dan saat ini Fakultas Hukum Unpatti  telah berproses untuk keberlangsungan perkuliahan kelas internasionalnya.

Lanjut dikatakan untuk selalu memberikan yang terbaik kepada stakeholder dan sebagai wujud pengembangan mutu Fakultas di tahun ini Fakultas Hukum Universitas Pattimura Kembali mendapakatn rekomendasi ISO 9100:2015. Tidak hanya itu Fakultas Hukum Unpatti juga memiliki jurnal-jurnal terakreditasi Nasional yaitu Jurnal Belo pada SINTA 3 dan Jurnal Sasi yang sementara berproses menuju SINTA 2, dengan ini dapat memenuhi tingkat kinerja utama dalam menampung hasil-hasil penilitian para dosen Fakultas Hukum Unpatti. Ini menujukan Fakultas Hukum Unpatti memeiliki standar yang tinggi dan diharapkan kedepannya Fakultas Hukum menuju Akreditasi Internasional.

Kepada para lulusan dekan berharap tingkatkanlah ilmu yang didapat, teruslah belajar dan jangan pernah mempermalukan almamater tercinta bunda asuh Fakultas Hukum Unpatti.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum mengatakan di hari ini para lulusan telah bergelar  Sarjana Hukum akan tetapi di luar sana begitu banyak tantangn yang akan di hadapi, tingkatkan lah selalu Ilmu yang kalian peroleh, belajarlah mengembangkan bakat kalian, gunakan waktu sebaik-baiknya untuk memulai pertempuran dalam mencari pekerjaan, belajarlah berbagai bahasa terutama Bahasa Inggris karena disaat ini salah satu yang di perlukan dalam mencari pekerjaan adalah kemampuan berbahasa inggris.

Saudara boleh berbangga saat ini, akan tetapi janganlah pernah menyerah, Rektor berharap kepada para lulusan mulalilah berinovasi, jadikanlah dirimu sebagai entrepreneur muda, bila ingin menjadi PNS tingkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris dengan mengikuti kursus dan teruslah belajar terutama materi-materi pengantar Ilmu Hukum karena itu adalah dasar, karena dengan memiliki dasar yang kuat jika badai datang akan tetap kokoh dan tidak akan pernah goyah.

Sukses Selalu kepada para Lulusan. Berkembanglah didalam tantangan Ad Augusta Per Angusta

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Yudisium123LulusanFHUnpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.