Antusias Siswa SMA/SMK/MA Se-Provinsi Maluku Dalam Mengikuti SNMPTN UTBK – SBMPTN Tahun 2022

UNPATTI,- Universitas Pattimura bersama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menggelar sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) & Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK – SBMPTN) Tahun 2022, Secara virtual melalui ruang zoom dan live streaming pada UNPATTI CHANNEL, Rabu 12 Januari 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,Para Kepala Sekolah, Para Kepala Cabang,  para guru dan siswa SMA/SMK/MA se-provisnis Maluku, serta sivitas akademika Universitas Pattimura.

Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Dr. Ir. Budi Prasetyo Widyobroto, DESS, DEA, IPU, ASEAN Eng, menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut dan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. F. Leiwakabesy, M.Pd bertindak sebagai moderator pada kegiatan ini.

Dalam pra-kata pada sosialisasi ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si, menyambut baik kegiatan ini yang  memberikan pemahaman kepada pihak sekolah maupun kepada siswa yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri tentang tata cara dan mekanisme  dan hal-hal penting yang dipersyaratkan untuk mesuk PTN. “Tentunya ini merupakan peluang bagi anak-anak Maluku untuk dapat berkompetisi dengan anak-anak lainnya diseluruh Indonesia untuk memperebutkan kursi pada PTN sesuai pilihan”, ujarnya.

Ditambahkan khusus SNMPTN merupakan jalur yang akan menembus perguruan tinggi terbaik di Maluku maupun diperguruan tinggi lainnya di Indonesia. Untuk itu Dr.Insun berharap sekolah dapat memanfaatkan jalur ini dengan sebaik baiknya dengan mendorong, membimbing dan mengarahkan siswa yang berprestasi untuk memilih jalur ini.  Demikian juga dengan SBMPTN yang seleksinya melalui ujian tertulis berbasis computer (UTBK) akan diikuti oleh siswa-siswi kita untuk bersaing. Karena SBMPTN tidak melibatkan sekolah, untuk itu siswa diharapkan mampu memahami prosedur dan mekanisme dalam sosialisasi dengan baik.

Mewakili rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd saat membuka sosialiasi ini, mengatakan kita mendapat kesempatan untuk mendapat sosialisai langsung dari Prof Budi Prasetyo Widyobroto selaku Kepala Eksekutif LTMPT dan beliau akan mengupas apa yang akan  menjadi tanggung jawab LTMPT, sekolah, dan perguruan tinggi yang menjadi tugas bersama. Tentu sebagai daerah kepulauan, Maluku memiliki spesifikasi yang berbeda karena akses untuk setiap siswa dengan kesempatan untuk memperoleh peluang baik SNMPTN maupun SBMPTN harus bisa dijangkau dengan baik terutama pada pangkalan data siswa sekolah (PDSS) sehingga semua bisa terakses terutama kesempatan yang bisa diperoleh oleh siswa pada tahun 2022. “Semoga kegiatan ini bisa berlangsung dengan baik, atas nama tutupnya

Mengawali sosialiasinya Prof. Budi mengatakan tujuan dari sosialisai SNMPTN maupun UTBK SBMPTN tahun 2022 ini yakni berharap bahwa baik sekolah, siswa maupun orangtua wali mengetahui persis sebetulnya apa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi negeri di tahun 2022 untuk masa depan anak-anak.

Untuk lengkapnya dapat disaksikan melalui YouTube Universitas Pattimura : UNPATTI CHANNEL.

Leave a Reply

Your email address will not be published.