30 Mahasiswa Calon MENWA Ikuti DIKLATSAR di Lantamal IX Ambon

UNPATTI,- 30 mahasiswa Universitas Pattimura mengikuti Pendidikan Dan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Yudha XLVI Bataliyon 01 Pattimura Tahun 2022 dengan tema “Membangun Generasi Tangguh  Yang Berjiwa  Maritim dan Berkarakter Pancasila”. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan yang bertempat di Lantamal IX Ambon 14 Februari 2022.

Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Komandan Brigadir Jenderal TNI Said Latuconsina, SE., M.M., M.T dan dihadiri oleh  Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti, Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Kerjasama IAIN Ambon,  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpatti, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Kedokteran Unpatti, Wakil Komendan, para Pejabat Utama, dan Kasatker dalam lingkup Lantamal IX.

Dalam arahannya Komandan Brigadir Jenderal TNI Said Latuconsina mengatakan latihan dasar adalah wadah untuk melatih anggota MENWA agar memiliki  keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa , memiliki sikap  dan perilaku rela berkorban kepada negara, cinta kepada tanah air dan bangsa, berwawasan kebangsaan serta mempunyai jiwa persatuan dan kesatuan yang kuat dalam upaya bela negara. Melalui latihan dasar ini diharapkan dapat membantuk karakter generasi muda sebagai penerus bangsa yang pantang menyerah, memiliki jiwa bahari dan nasionallisme sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Menurutnya, dari aspek geostrategi bahwa jati diri Bangsa Indonesia sebagai negara kepualuan terbesar di dunia dengan dua pertiga wilayahnya merupakan lautan, sehingga masa depan bangsa tergantiung pada laut yang merupakan modal dasar pembangunan. “ Hal ini selaras dengan program pemerintah, yakni menjadikan Indonesia sebagai poros Martim Dunia dimana nilai-nilai Wawasan Nusantara mendasari aktualisasi pembangunan bangsa dan menempatkan pembangunan kelautan secara proposional dalam tatanan pembangunan secara menyeluruh” ujarnya. Beliau juga berharap kegiatan ini akan menumbuhkan kembali visi maritim bangsa melalui langkah-langkah strategis yang perlu di rencanakan secara konseptual.

Diakhir sambutanya Brigjen Latuconsiana mengucapkan terimaksih kepada Rektor Universitas Pattimura dan pembina MENWA yang mempercayakan pelaksanaan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Yudha XLVI Bataliyon 01 Pattimura Tahun 2022 dilaksanakan di Lantamal IX.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni Dr. J. Madubun, M.Si saat diwawancarai mengatakan, Lantamal IX Ambon dipilih menjadi tempat pelaksanaan DIKLATSAR bagi Calon  Resimen Mahasiswa (MENWA) Universitas Pattimura tahun 2022, dengan harapan mahasiswa  bisa memahami jati diri sebagai sebagai anak bangsa, dan memahami Maluku sebagai Provinsi Kepulauan. Hal ini yang mendasari pilihan tema DIKLATSAR tahun 2022, yaitu  Membangun Generasi Tangguh  Yang Berjiwa  Maritim dan Berkarakter Pancasila

“Atas nama pimpinan Universitas Pattimura, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kesediaan Komendan Lantamal IX Ambon beserta seluruh jajaran yang telah bersedia menerima mahasiswa kami berlatih disini, dan berharap  kerjasama yang terbangun tidak sebatas pada DIKLATSAR tapi juga kegiatan-kegiatan lain yang memunculkan kebanggaan kepada laut, pantai dan pulau  yang kita miliki sebagai bagian dari cinta tanah air dan upaya tumbuhnya  sikap bela negara di kalangan mahasiswa Universitas Pattimura“ , Ujar Dr. Madubun.

Sehari sebelum kegiatan pelaksanaan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Unpatti, Minggu,     13 Februari 2022 dilaksanakan pelepasan terhadap 30 mahasiswa calon MENWA oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dan Alumni yang bertempat di Asrama Putri Unpatti, yang dihadiri juga oleh ketua  Tim Pelatih Letkol Mar Endik Catur S., SH dan para pelatih, pembina dan ketua MENWA Universitas Pattimura.

Pelaksanaan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Unpatti akan berlangsung selama 7 hari terhitung dari tanggal 14 – 20 Februari 2022.

Selamat mengikuti pelatihan.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#beritaunpatti
#30MahasiswaCalonMENWAIkutiDIKLATSARdiLantamalIXAmbon

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *