Desiminasi Hasil Penelitan Inovasi Dosen Unpatti Pada 4th International Conference on Social Sciences in the 21st Century

Tim Penelitian Inovasi Tahun 2021 yang terdiri dari Maria M Nikijuluw, S.Pd., MA, Kepala Pusat Studi Bahasa Unpatti, Dr. Ronaldo Talapessy dosen Fakultas MIPA Unpatti sebagai ahli device dan Henry Latuheru, S.Pd sebagai mahasiswa pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah melakukan desiminasi hasil penelitian pada kegiatan “4th International Conference on Social Sciences in the 21st Century” London Inggris, tanggal 6 Februari 2022 secara virtual dengan topik desiminasi “Using Play Module and Box Voice in Learning:  A Solution to the Absence of English Teachers at Christian Elementry Schools in Eastern Indonesia”.

Menurut Nikijuluw sebagai ketua tim, “ berbasis pada konsep pendidikan Montessori dimana pembelajaran bahasa asing diterapkan dengan menggunakan benda-benda di sekitar anak,  “daily tools”, aktivitas keseharian siswa, konsep bermain sambil belajar, kegiatan experimen berbasis proyek, sehingga diharapkan penelitian inovasi dapat merubah pola pikir siswa dan guru terhadap strategi belajar yang dapat dilakukan meskipun terdapat berbagai kendala di sekolah, antara lain tidak memiliki guru bahasa Inggris, tidak memiliki listrik sepanjang hari di jam sekolah, serta berbagai kendala lain terkait penunjang belajar di sekolah “.

Lanjut Nikijuluw, sebagai solusi Tim merancang modul pembelajaran bahasa Inggris “belajar sambil bermain” dan Box Voice yang dikembangkan sebagai media belajar siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara langsung.

Talapessy berharap alat box voice ini dapat dikembangkan pada penelitian lanjutan tanpa bantuan internet karena kondisi buruknya koneksi internet di lokasi penelitian. Sementara Nikijuluw dan Latuheru menambahkan sesuai hasil penelitian konsep inovasi terkait modul akan dikembangkan agar dapat digunakan oleh guru sebagai fasilitas belajar bahasa Inggris di sekolah.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#BeritaUnpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.