DIKLATSAR Menwa Yudha XLVI Batalyon 01 Pattimura Resmi Di Tutup

UNPATTI,- Wakil Komandan Lantamal IX, Kolonel Laut (p) Eka Prabawa , S.E., M. Tr. Opsla resmi memimpin Upacara Penutupan Pendidikan dan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Yudha XLVI Batalyon 01 Pattimura Tahun 2022 yang telah berlangsung selama 7 hari terhitung dari tanggal 14-20 Februari 2022. Upacara penutupan yang berlangsung di Lantamal IX ini, dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti Dr. Jusuf Madubun, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Ambon, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti, ketua dan pembina Resimen Mahasiswa Yudha XLVI Batalyon 01 Pattimura, para Pejabat Utama dan Kasatker dalam lingkup Lantamal IX. Minggu (20/2).

Wakil Komandan Lantamal IX, Kolonel Laut (p) Eka Prabawa, S.E., M. Tr. Opsla. Dalam arahannya mengatakan, resimen mahasiswa (MENWA) sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi yang merupakan wadah partisipasi mahasiswa dalam usaha Bela Negara, menjadi perwujudan pelaksanaan hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia dalam pertahanan negara, serta sebagai tradisi semangat perjuangan dan pengabdian tanpa pamrih dari generasi pelajar/korps mahasiswa sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk melahirkan sarjana yang berwatak kesatria dan penuh dedikasi.

Lanjut dikatakan, sejalan dengan himbauan pemerintah untuk mencintai dunia kemaritiman, maka Unpatti bekerjasama dengan Lantamal IX mengadakan kegiatan DIKLATSAR Menwa tahun 2022 dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan semangat kemaritiman di kalangan generasi muda Indonesia. Semangat ini tumbuh tidak lepas dari kesadaran bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Melalui materi yang disampaikan yaitu, pengetahuan dasar militer, wawasan kengakatan lautan, pengetahuan umum, pembinaan jasmani dan pengetahuan kemaritiman, diharapkan generasi muda Indonesia tidak saja menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga dapat memiliki wawasan dan visi maritim yang kuat, dapat menumbuhkan kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kerelaan berkorban serta dapat membentuk sikap mental segenap warga yang siap menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Dalam upacara penutupan tersebut juga dilakukan pembaretan dan penyerahan sertifikat Diklat Dasar Militer oleh Wakil Komandan Lantamal IX, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unpatti, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Ambon, para Pejabat Utama dan Kasatker Lantamal IX.

Setelah Upacara Penutupan Pendidikan dan Latihan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Yudha XLVI Batalyon 01 Pattimura Tahun 2022, dilanjutkan dengan Upacara Penyerahan anggota MENWA baru dari Lantamal IX, kepada Universitas Pattimura yang diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si yang berlangsung di Lapangan Upacara Universitas Pattimura. Dalam arahannya, Dr. Jusuf Madubun, M.Si, mengatakan, bahwa materi yang telah diterima melalui pelatihan selama seminggu, dapat dijadikan bekal untuk diabdikan bagi kepentingan nusa dan bangsa. Beliau juga berharap sebagai resimen mahasiswa unpatti kedepannya di lingkungan kampus dan di tengah masyarakat dapat berkarakter Pancasila, membangun jiwa disiplin dan memiliki wawasan kemaritiman.

Selamat dan sukses …

Hotumese..

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#DIKLATSARMenwaYudhaXLVIBatalyon01PattimuraResmidiTutup

Leave a Reply

Your email address will not be published.