Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Perguruan Tinggi Se-Indonesia Tahun 2022

UNPATTI,- Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J Saptenno SH., M.Hum menghadiri Pembukaan Kompetisi Debat “ Penegakan Hukum Pemilu “ Perguruan Tinggi Se-Indonesia Ke-II Tahun 2022, sekaligus Penadatanganan Nota Kesepahaman antara Bawaslu dengan 32 Perguruan Tinggi, salah satunya Universitas Pattimura yang lolos Seleksi Lomba Debat dari 276 Perguruan Tinggi yang mengikuti eliminasi.

Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia Ke-II Tahun 2022, yang dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu RI Abhan, S.H., M.H., diselenggarakan dari tanggal 21 – 24 Februari 2022 dengan mengusung tema “Keadilan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024”. Tingginya antusiasi dari perguruan tinggi se Indonesia dalam mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat menempatkan sivitas akademika sebagai mitra Bawaslu dalam mensosialisasikan penegakan hukum serta turut berperan aktif dalam melaksanakan pengawasan dan melaporkan jika terdapat dugaan pelanggaran Pemilu.

Tujuan pelaksanaan Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Perguruan Tinggi se-Indonesias ini adalah mensosialisasikan peran Bawaslu dalam melaksanakan Pemilu dan Pilkada ; meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang persoalan kepemiluan dan persoalan hokum Pemilu ; serta mendorong adanya diskursus mengenai konsep penegakan hukum yang ideal.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa sebagai elemen penting dari masyarakat, memiliki peran untuk turut berpatisipasi dan mampu membangun argumensi dan solusi agresif dalam memahami persoalan Pemilu, mengingat peranan mahasiswa sebagai agent of change yang mampu membuat perubahan-perubahan sosial dalam masyarakat. Salah satu cara untuk menghimpun gagasan-gagasan itu adalah melalui metode debat yang melibatkan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Delegasi Universitas Pattimura diwakili oleh mahasiswa Fakultas Hukum yakni Gilbert Marc Baljanan, Lukas Putra Eugara dan Yondri Silety yang didampingi oleh Dosen pendamping Dr. Revency Vania Rugebregt, S.H., M.H mempresentasikan artikel terkait Legal Standing Bawaslu Dalam Penanganan Pemilu Pasca Penetapan Hasil Pemilu Secara Nasional.

“ Keikutsertaan delegasi Universitas Pattimura merupakah salah satu cara untuk memberikan ide, gagasan dan pemikiran cerdas dan dalam persiapannya mereka dibantu oleh para senior debat yang sudah berpengalaman sebelumnya “ ujar Dr. Revency

Semoga Kompetisi ini akan memberikan kontribusi menyambut Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Selamat bertanding delegasi Universitas Pattimura, sukses selalu. HOTUMESE!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#BeritaUnpatti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.