PENUTUPAN KKN ANGKATAN XLVIII GELOMBANG I TAHUN AKADEMIK 2021/2022

UNPATTI,- Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prof. Dr, D Malle, S.Pt., M.Sc menutup Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XLVIII Gelombang I Tahun Akademik 2021/2022 yang dilaksanakan secara daring, Selasa 22 Februari 2022.

Ketua Tim Mata Kuliah KKN Unpatti Dr. Samuel Patra Ritiauw, M.Pd dalam laporannya mengatakan dalam pelaksanaan KKN Angkatan XLVIII Gelombang I Tahun Akademik 2021/2022, yang berlangsung dari tanggal 15 Oktober dan berakhir pada tanggal 11 Desember 2021, dengan total mahasiswa yang terdaftar berjumlah 2269 mahasiswa yang terdiri dari 1946 mahasiswa yang berada pada kampus utama Universitas Pattimura dan 323 mahasiswa yang berada pada Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yaitu PSDKU Kabupaten Kepulauan Aru sebanyak 130 dan PSDKU Kabupaten Maluku Barat Daya 193 mahasiswa, yang tersebar di 69 lokasi di Kota Ambon,dan Kabupaten di Maluku Tengah, 52 lokasi di Kabupaten Kepualuan Aru dan 14 lokasi di Kabupaten Maluku Barat daya. Program KKN berangkat dari design kurikulum yang dikembangkan oleh tim pengembangan kurikulum terdiri dari 3 implementasi program yaitu implementasi program prioritas, implementasi program utama dan implementasi program pendamping yang merupakan jiwa dari kurikulum mata kuliah KKN.

Lanjut dijelaskan dalam mengimplementasi program prioritas pada 69 lokasi KKN di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah tim KKN Unpatti bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran melakukan vaksinasi covid 19 kepada 4208 masyarakat, pemeriksaan penyakit tidak menular kepada 1875 penduduk dan penyuluhan kesehatan, ini menunjukan mahasiswa KKN Unpatti mampu mengambil langkah praktis untuk memerangi pandemi Covid 19. Implementasi program unggulan yaitu : – pelaksanaan program bidang pendidikan meliputi walang belajar, bimbingan belajar anak, lapak belajar, lapak buku dan siswa belajar ; – pelaksanaan program bidang ekonomi yakni pengembangan usaha kecil masyarakat desa dalam bentuk pembuatan produk sampai dengan pelebelan dan pemesaran produk ; – pelaksanaan program bidang hukum, dilakukan penyuluhan penyalahgunaan Narkotika dan Obat Terlarang (NARKOBA), penyuluhan kekerasan terhadap anak dan wanita dan penyususnan peraturan negeri ; – pelaksanaan program bidang perikanan dilakukan penyuluhan penanaman dan konservasi mangrove untuk menjaga ekosistem pantai ; – pelaksanaan program bidang pertanian penyuluhan dan praktek pembuatan pestisida organik, pembuatan pupuk organik berbahan dasar kotoran sapi dan mahasiswa berhasil mengucicobakan hasil pembuatannya pada tanaman kangkung dengan memperoleh hasil yang luar biasa ; – pelaksanaan bidang teknik yaitu pemetaan tata ruang desa berbasis aplikasi Geographic Information System (GIS) ; serta, pelaksanaan program organisasi pemerintahan (Penyusunan RPJMN) penyususnan tata kelola organisasi yang baik dan pembuatan website negeri ini merupakan satu langkah maju yang diberikan mahasiwa KKN Unpatti. Ditambahkan untuk mengimplementasi program pendamping dilakukan pendataan jumlah potensi, pendataan jumlah penduduk, penataan perpustakaan dan penataan sistim administrasi Kelurahan atau Negeri.

“Luaran Mata Kuliah KKN tahun ini menghasilkan 44 Haki, Jurnal Nasional terakreditasi dengan 6 naskah online, jurnal pattimura mengabdi dengan 165 naskah online dan 5 buah buku. Jurnal dan Haki yang diperoleh dapat digunakan untuk memperkuat akreditasi program studi. Lanjutnya penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa KKN Desa Asilulu yang berhasil melakukan elaborasi untuk menciptakan lagu dengan bahasa asli dari Negeri Asilulu” ungkap Dr. Ritiauw

Apresiasi disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Maluku, Kodam XVI Pattimura, Korem 151 Binaya, Polda Maluku, Pemerintah Kota Ambon, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, Pemerintah Kabupatan Kepulauan Aru serta Palang Merah Indonesia.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakili oleh Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prof. Dr, D Malle, S.Pt., M.Sc dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada para dosen pendamping dan mahasiswa KKN Angkatan XLVIII Gelombang I Tahun Akademik 2021/2022 atas capaian yang telah dilakukan melalui program yang telah dijalankan yang nantinya dapat menjadi warisan yang berharga bagi mahasiswa dan masyarakat negeri untuk dikembangkan kedepannya.

Prof. Malle berharap program KKN kedepannya lebih difokuskan kepada kebutuhan lokal desa atau negeri melalui tahapan yang komperhensif sehingga mampu mengidentifikasi persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Melalui pelaksanaan KKN ini diharapkan semakin banyak prestasi yang akan diraih dan luaran-luaran yang dicapai dan bermanfaat serta menjadi rujukan bagi desa-desa yang lain.

Ditambahkan untuk KKN gelombang ke II diharapkan lebih di fokuskan pada produk yang nyata terkait dengan penyiapan draf peraturan negeri dan program pemulihan ekonomi berbasis sumberdaya lokal atupun berbasis produk ungulan lokal.

Prof. Male mengucapkan terimaksih kepada seluruh pemerintah desa yang bersedia menerima Mahasiswa Unpatti untuk melakukan KKN di desanya semoga apa yang dihasilkan dapat memberikan nilai tambah pada proses pengembangan desa /negeri kedepan.

Dalam kegiatan ini juga diberikan kesempatan kepada pemerintah Negeri Tengah-Tengah yang diwakili oleh sekretaris Negeri Tengah-Tengah bapak Irvan untuk memberikan testimony terkait pelaksanaan KKN di Negeri Tengah-Tengah. “Berbagai program KKN yang dilaksanakan di Negeri Tengah-Tengah sangat membantu masyarakat dan masyarakat Negeri tengah-Tengah tetap bersedia menerima KKN Universitas Pattimura untuk mengabdi bagi masyarakat Tengah-Tengah”. Ujarnya.

Pada kesempatan ini diberikan penghargaan kepada 6 Katagori Terbaik Dalam Pelaksanaan KKN Angkatan XLVIII – Gelombang I.

Terus berinovasi dan kembangkan kreativitas untuk memotivasi kemajuan masyarakat.. Hotumese !!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.