RAKERPIM UNPATTI 2022

UNPATTI,- Rapat Kerja  Pimpinan (RAKERPIM) Universitas Pattimura Tahun 2022, digelar Kamis 17 Februari 2022. Kegiatan yang berlangsung secara daring dan luring  dibuka oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M. Hum dan diikuti oleh para wakil Rektor, Ketua dan Sekretaris Senat, para Dekan dan Wakil Dekan,  Direktur Pascasarjana dan para  Wakil Direktur, para Ketua dan Sekretaris Lembaga, para Kepala Biro, para Ketua UPT, Ketua dan Sektretris SPI, Para PPK, Ketua dan Sekretaris SPI, Ketua Internasional Office, Ketua dan Sekretaris Pengelola PSDKU, Ketua jurusan Geologi, Ketua dan Sekretaris Badan Pengembangan Usaha Non Akademik, Para Bendahara, Ketua Tim Renstra, Ketua dan Sekretaris Tim Remunerasi.

Ketua panitia RAKERPIM Ir. Daniel H Nanuru, M.Si dalam laporannya mengatakan RAKERPIM  tahun ini mengacu pada sasaran strategi yakni kinerja pengelolaan keuangan efektif, efisien dan akuntabel dengan 4 indikator kinerja dan  pelayanan prima dengan 8 indikator kinerja yang merupakan indikator utama yang ditetapkan bersama antara Rektor dengan Direktur Jenderal Pembendaharaan Kementerian Keuangan dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, disertai isu-isu yang berkembang dan Renstra Universitas Pattimura periode 2020-2024.

Lanjutnya, RAKERPIM saat ini juga akan disampaikan materi terkait tema strategis pencapaian target kinerja Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) (arah pengembangan dan solusi) oleh Direktur Pembinaan PK BLU Kementerian Keuangan, diikuti dengan paparan realisasi Perjanjian Kerja Rektor dengan para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Ketua Lembaga, dan PSDKU diakhiri dengan kesimpulan dan penutup.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M. Hum dalam arahannya mengatakan RAKERPIM merupakan program tahunan yang dilaksanakan dengan maksud untuk mengevaluasi kinerja dan mereview capaian program dan kegiatan yang telah dilakukan pada tahun 2021. “Berbagai capaian dan juga hambatan yang dihadapi pada tahun 2021 akan menjadi acuan target kinerja di tahun 2022, dan acuan bagi penyusunan program kerja tahun 2023. Penyampaian realisasi target  yang disampaikan oleh para pimpinan universitas, para dekan, direktur, ketua lembaga dan materi Strategi Pencapaian Target Kinerja PTN BLU (arah,pengembangan dan solusi) yang akan disampaikan oleh Direktur Pembinaan PK BLU Kementerian Keuangan RI, akan melengkapi seluruh kegiatan rakerpim dihari ini”. ujar rektor.

Fokus pelaksanaan tridharma yang diikuti oleh target capaian IKU Rektor yang telah disepakati antara Kemendikbud Ristek dan Kementerian Keuangan, dengan memperhatikan visi, misi Kemdikbud Ristek dan Universitas Pattimura secara berjenjang, akan bersinergi untuk menghasilkan mutu dan kualitas yang bermanfaat bagi masyarakat.

Rektor juga berharap semua pihak dapat berkontribusi untuk mendukung target capaian IKU. 18 Program Studi yang telah sepakat untuk mendapatkan Akreditasi unggul dapat bekerja dengan maksimal. Kerjasama-kerjasama yang harus terus dibangun dan dikembangkan “semua program yang nantinya dirancangkan hendaknya berbobot dan dapat mencapai IKU yang telah ditetapkan dan pada akhirnya berujung pada peningkatan kualitas pendidikan dan lulusan Universitas Pattimura yang dapat diserap oleh pasar kerja, ini yang terpenting”, ujar rektor.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penyampaian Realisasi Target IKU Rektor dan Penyampaian Arahan dan Kebijakan Rektor Tahun 2023 ; Penyampaian Realisasi Target IKU Rektor yang disampaikan oleh masing-masing Wakil Rektor bidang Akademik, bidang Umum dan Keuangan, bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistim Informasi ; Paparan Realisasi Target PK Rektor yang disampaikan oleh Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Sekretaris Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan dan  Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Ketua Pengelola Program Studi di Luar Kampus Utama

Pada Rakerpim ini juga dilakukan sosialisasi terkait Strategis Pencapaian Target Kinerja Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (arah pengembangan dan solusi) oleh Ibu Anna Mariana, Kepala Subdirektorat PPK BLU II dan Bapak Siwignyo, Kepala Seksi Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum II-A Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum II, Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Rektor dalam sambutannya sebelum menutup Raker mengatakan design program 2023 harus diarahkan pada upaya meningkatkan kualitas lulusan yang nantinya laku dipasar kerja. “Keberhasilan kita, diukur dengan keberhasilan para lulusan” ujar rektor. Capaian di tahun 2022 harus ditingkatkan. Realisasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dapat dilakukan pada desa binaan melalui pengembangan inovasi dan kreativitas.

Lanjutnya, pentingnya pengelolaan sistim pendataan harus dilakukan untuk menunjang tugas dan tanggung jawab “Perubahan butuh waktu dan butuh komitmen untuk melakukannya. Kita bersama harus membangun lembaga ini menjadi lembaga yang terhormat dan yang disegani dengan komitmen dan dengan semua potensi yang kita miliki melalui karya kita”. tutup rektor

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#BeritaUnpatti
#RakerpimUnpatti2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.