Dirjen KSDAE – Konservasi Lintas Batas

UNPATTI,- Bertempat di Auditorium Fakultas Pertanian Unpatti, dilaksanakan Kuliah Umum  dengan Tema : “Konservasi Lintas Batas”. Kuliah umum yang dilaksanakan oleh Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura ini, menghadirkan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Wiratno, M.Sc, sebagai narasumber. Kamis, (17/3)

Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselanno, M.Si dalam sambutan saat membuka Kuliah Umum, memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap Konservasi Lintas Batas dapat dipahami oleh semua peserta kuliah umum. Lanjutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan yang penting bagi Jurusan Kehutanan untuk membangun beberapa program studi kedepan. Dekan juga menyampaikan selamat atas diterimanya SK pembukaan prodi baru pada Jurusan kehutanan yaitu Prodi Ilmu Lingkungan (Sarjana) dan berharap Jurusan kehutanan akan semakin berkembang kedepan.  Hal tersebut juga didukung oleh Dirjen KSDAE Pak Wiratno dalam pembicaraan awal sebelum pelaksanaan kuliah Umum Bersama dengan Ketua Jurusan Kehutanan Dr. Marthina Tjoa, S.Hut, MP. Selain itu juga usulan agar Jurusan Kehutanan memiliki satu lahan kelola dalam bentuk KHDTK (Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus) ditanggapi secara serius oleh Dirjen KSDAE Pak Wiratno. Diharapkan agar jurusan kehutanan segera menyiapkan lokasi usulan KHDTK dan akan dibantu untuk proses penetapannya.

Pelaksanaan Kuliah umum dipandu oleh moderator Prof. Dr. Ir. Agustinus Kastanya, MS. Dalam pemaparan kuliah umum ini dijelaskan tentang makna dari Konservasi Lintas Batas mengandung makna bahwa “Konsenvasi tidak bernilai dan tidak bisa ditangani oleh disiplin ilmu tertentu saja, itulah yang disebut Lintas Batas dan kita harus melakukannya di lapangan”, ujar Dirjen.

Dalam kegiatan tersebut Dirjen KSDAE juga menyerahkan buku “Wisata Intelektual” kepada Dekan Fakultas Pertanian dan Ketua Jurusan Kehutanan dan dirangkai dengan pemberian sertifikat dan pemberian cindera mata kepada Dirjen KSDAE.

Selain kuliah umum juga dilakukan penanaman bibit Pohon Torem, Gaharu dan Gayam, oleh Dirjen KSDAE Pak Wiratno, Kepala BKSDA Maluku Pak Dany Pattipeilohy dan Dekan Fakultas Pertanian, yang berlokasi di halaman Gedung Jurusan Kehutanan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai  Maluku    Dany Pettipelohy, SPi, MSi., Kepala Balai Besar KSDA Sulsel Ir. Jusman., Kepala Balai TN Manusela M. Zaidi, S.Hut, MAP., Kepala Balai KSDA Sulawesi Utara M. Askari, S. HUT, M.Si., Kepala Balai KSDA Jakarta Dr. Abdul Kodir., Kepala Balai Besar KSDA Riau Ibu Fifin Jogawara, S.Hut, MSi., Kepala Balai PHP Maluku Ir. Arnold A Rikumahu, MSi., Perwakilan Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Genetik, Kepala Balai TN Bogani Nani Wartabonerate Drh. Supriyanto, Para Wakil Dekan, Para Dosen Jurusan Kehutanan dan Mahasiswa Jurusan Kehutanan.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#DirjenKSDAEKonservasiLintasBatas
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.