Giat Dies Natalis ke-59 ‘Strategi untuk Membina Masa Depan yang Sukses pada Era Globalisasi’

UNPATTI,- Senin, (21/3) Prof. Dr. Soo-il Kim Advisor to President of Universitas Nasional, memberian kuliah umum dengan topik “Strategi untuk Membina Masa Depan yang Sukses pada Era Globalisasi” di Hall Lantai I Fakultas Hukum Universitas Pattimura. Kuliah umum ini diadakan dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Pattimura ke- 59.

Dekan Fakultas Hukum Dr. R. J. Akyuwen, SH., M Hum dalam opening speech mengatakan strategi merupakan sesuatu yang penting dalam suatu negara. Negara yang mempunyai strategi yang baik akan mampu menunjukan bahwa negara tersebut akan maju dan kuat. Konflik yang terjadi pada beberapa negara dan negara-negara yang kuat menjadi contoh bahwa strategi menjadi penentu. Demikian juga Indonesia harus mempunyai strategi-starategi dalam menghadapi globalisasi. “Presiden jokowi mengatakan Indonesia kedepannya akan menjadi Negara dengan ekonomi terkuat” ujarnya. Lanjut dikatakan sebaiknya Indonesia memperkuat ekonominya sehingga bisa bargaining dengan negara-negara lain. Ekonomi yang kuat pada suatu negara akan menjadi kekuatan bagi masa depan bangsanya. “jika kita kuat secara ekonomi maka negara-negara besar akan memperhitung kita, sebaliknya jika ekonomi kita tidak kuat kita akan terpuruk”. Dikatakan, dalam kegiatan ini Prof Kim akan menjelasakan tentang strategi kedepan. Salah satu strategi penting yang dipakai pemerintah adalah peranan perguruan tinggi melalui pengembangan penelitian dan hasil-hasilnya.

Dekan berharap dengan pengalaman Prof. Kim di Korea Selatan, baik sebagai mantan Duta Besar dan tenaga ahli di Universitas Pattimura, akan memberikan pencerahan dan strategi Membina Masa Depan yang Sukses pada Era Globalisasi bagi civitas akademika Universitas Pattimura.

Kuliah umum ini di moderator oleh Dr. Dyah R.A. Daties, SH., MH (Dosen Fakultas Hukum Unpatti). Dalam pemaparan kuliah umum ini menjelaskan tujuan dari Strategi untuk Membina Masa Depan yang Sukses pada Era Globalisasi yaitu untuk mengisi kekurangan atau kelemahan dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Berdasarkan pengalaman dari Prof. Kim ada tiga hal utama dalam  mencapai suatu kesuksesan  yaitu penguasaan terhadap dua sampai tiga bahasa asing, kedewasaan dalam mengambil suatu kebijakan, dan berpikir visioner, open Minded, kerjakanlah segala sesuatu dengan tekun.

Kuliah umum ini diikuti oleh para Dekan Universitas Pattimura, para Wakil Dekan, para Dosen dan para mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Giat DiesNataliske59StrategiUntukMembinaMasaDepanyangSuksesPadaEraGlobalisasi
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.