Nota Kesepahaman Bersama UNPATTI – IPB

UNPATTI,- Universitas Pattimura dan Institut Pertanian Bogor melakukan kerjasama terkait Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka Pengingkatan Sumberdaya Manusia yang ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH., M.Hum  dengan Rektor Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Arif Satria, SP., M. Si.  Penandatanganan dilaksanakan diruang kerja Rektor – Gedung Rektorat Lantai III, Senin (21/3).

Tujuan ditandatanganinya Kesepahaman Bersama ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan sumber daya pada Universitas Pattimura dan Institut Pertanian Bogor dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, serta untuk mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Pattimura mengatakan kerjasama dengan IPB menjadi penting karena kerjasama ini telah menjadi harapan yang dapat diwujudkan. Kerjasama ini diharapkan dapat dimplementasikan untuk menghasilkan sesuatu yang baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedepan, melalui berbagai kajian-kajian ilmiah dan melahirkan berbagai inovasi serta mengembangan Merdeka Belajar- Kampus Merdeka.  Dikatakan pula sebagian besar tenaga Doktor pada Fakultas Pertanian dan Perikanan adalah alumni IPB.

Lanjutnya, kemaritiman menjadi aspek penting di Maluku yang perlu dikaji, mengingat kedepan Natuna dan Maluku ditargetkan akan menjadi Blue Ekonomi, karena itu Unpatti sebagai cendikawan akan memberikan pikiran strategis bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Maluku, bukan hanya untuk pengembangan sumber daya alam di Maluku tetapi juga output dan outcome yang bisa dihasilkan bagi kepentingan bersama dan berharap IPB akan terlibat dalam berbagai kajian penelitian bersama. Pada kesempatan yang sama Rektor juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Prof. Dr. Arif Satria, SP., M. Si., sebagai Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) periode 2021-2026.

Rektor Institut Pertanian Bogor Prof. Dr. Arif Satria, SP., M. Si., mengatakan banyak penelitian yang dilakukan di Maluku baik oleh beliau secara pribadi maupun bersama tim. Penelitian yang dilakukan lebih mengarah pada adat di Maluku, seperti tradisi Sasi yang merupakan kearifan lokal masyarakat Maluku dalam pengelolaan sumber daya alam dan praktek-praktek di wilayah kelautan. Nota Kesepahaman dengan Unpatti dirasa sangat strategis apalagi Maluku harus disupport untuk menjadi lumbung ikan nasional, sebagai bagian dari Blue Ekonomi dan IPB akan siap untuk mensupport serta mendukung memajukan Maluku.  Semoga kerjasama ini bisa berlanjut untuk memperkuat Merdeka Belajar Kampus Merdeka, namun yang terpenting adalah bagaimana peran perguruan tinggi untuk memajukan ekonomi yang ada di Maluku.

Turut menyaksikan penandatangan tersebut, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistim Informasi, Dr. Muspida M.Si., Asisten Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni Ibu Astridina, S.Sos., M.M,, Rici Tri Harpin, S.Kpm., M.Si (Aspri Rektor), Sekretaris Jenderal IKAPATTI  Agustinus Ufie, S.Pd., M.Pd., Dr. M. Marasabessy, S.P., S.T., M.Tech. (Ketua Majelis Pengurus ICMI), Dr. A. Jais Ely, ST, M.Si., H. Mus Mualim., Sub Koordinator Kerjasama dan Sub Koordinator Humas beserta para staf.

Sukses untuk kerjasama yang terbangun

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#NotaKesepahamanBersamaUNPATTI – IPB

Leave a Reply

Your email address will not be published.