‘Renewable Energy Basic Training’ Rangkaian Dies Natalis Unpatti ke-59

UNPATTI,- Dalam rangka Dies Natalis Universitas Pattimura Ke-59 Tahun 2022, Fakultas Hukum dipercaya menjadi Penyelenggara Dies Natalis kali ini, menyelenggarakan Pelatihan Energi Terbarukan di Pelataran Fakultas Hukum, Rabu 16/3. Pelaksanaan kegiatan yang menjadi rangkaian Dies Natalis ke-59 ini,  bekerjasama dengan New Zealand Programme Mercy Corps Indonesia dan diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari tiap fakultas dalam lingkup Unpatti dan perwakilan mahasiswa perguran tinggi di Kota Ambon.

Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya membuka pelatihan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan mengatakan Universitas Pattimura memiliki Pola Ilmiah Pokok Bina Mulia Kelautan. Sejalan dengan itu pelaksanaan Dies Natalis Universitas Pattimura ke-59, mengusung tema Memuliakan Lingkungan Laut untuk Pelestarian dan Kesejahteraan Masyarakat. Hal ini karena Maluku memiliki sumberdaya alam yang diharus didukung oleh sumberdaya manusia yang unggul, produktif dan inovatif, dan hal ini akan mendukung pembangunan daerah Maluku.

Lanjut dikatakan, energi baru terbarukan dan sumberdaya alam adalah suatu potensi luar biasa yang harus  menjadi basic dan upaya semua pihak termasuk Universitas Pattimura untuk mengembangkan kekuatan bersama sesuai keilmuan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Sehingga diharpakan melalui kajian sumberdaya alamnya menjadi kekuatan potensial dan bagimana memberi penguatan bagi energy terbarukan.

Universitas akan bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai kebijakan pemerintah. Universitas tidak lagi dilihat sebagai lembaga pendidikan semata tetapi lembaga yang akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan bangsa dan negara baik, melalui kajian-kajian teknologi, riset, dan produk-produk hasil inovasi.  “Kita akan berkomitmen untuk membawa Unpatti kearaha yang lebih baik, tentunya dengan sumberdaya manusia yang mampu mengelola dan mengembangakan sumberdaya alam, sehingga Universitas Pattimura akan menjadi mercusuar dan tetap bersinar “ ungkap Prof.Leiwakabessy. Beliau juga berharap ada output yang dihasilkan dari kegiatan ini berupa jurnal dan desiminasi hasil kegiatan ini.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk mendukung Universitas Pattimura (UNPATTI) dalam membangun kapasitasnya dan melakuka pelatihan praktis tentang teknologi PV surya kepada mahasiswa dan orang lain di Maluku untuk memperkuat kapasitas manusia energi terbarukan di Maluku dalam jangka panjang.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini para peserta diperkenalkan tentang Program New Zealand – Maluku Acces to Renewabel Energy Suport (NZ Mates) oleh Safitri Yanti, SE., MBPS (NZ Mates Programme Maneger),  dan  beberapa materi tentang energy terbarukan (ET) oleh  Usep Nuraen (NZ Mates Rewenable Energy Technical Specialist) . Pelatihan ini  dimoderatori oleh Dr. Dyah R.A. Daties, SH., MH (Dosen Fakultas Hukum Unpatti).

Peltihan di tutup dengan pemberian sertifikat kepada narasumber dan peserta.

Sukses terus Universitas Pattimura. Hotumese!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#RenewableEnergyBasicTrainingRangkaianDiesNatalisUnpattike59
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.