Sarasehan Resimen Mahasiswa se-Maluku

UNPATTI,- Sarasehan Resimen Mahasiswa se-Maluku di Gelar di auditorium Universitas Pattimura, Kamis 24/3, dengan mengusung tema Implementasi Nilai-Nilai Resimen Mahasiswa dalam menghadapi Tantangan Nasional di Masa Depan. Kegiatan ini diikuti Perwakilan Resimen Mahasiswa dari Batalyon 01 Universitas Pattimura, Satuan Menwa 06 AHK Universitas Darusalam, Satuan Menwa Politeknik Negeri Ambon, Satuan Menwa 05 Institut Agama Islam Negeri Ambon dan Satuan Menwa 010 Said Perintah Masohi.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Ikatan Alumni Menwa Anti Radikalisme (AMARA) ini untuk memberikan sosialisasi terkait bahaya radikalisme dikalangan Kampus dan sebagai bentuk kepedulian ARAMA yang ingin membentengi kampus dari penyebaran radikalisme.

Sarasehan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Pattimura Prof Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum. Dalam sambutannya Rektor memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Sarasehan Resimen Mahasiswa Se-Maluku yang berlangsung di Universitas Pattimura. “Saat ini banyak tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia dari berbagi aspek baik politik, ekonomi, sosial dan budaya yang tentunya membutuhkan pikiran yang membangun terutama dari kalangan Kampus”. Unggap Rektor. Lanjutnya Banyak tantangan yang juga dihadapi dunia kampus yang datang dari kelompok mahasiswa yang tentunya harus dikaji secara baik supaya semua pemikiran yang terbangun adalah bagaimana mengetahui, memahami dan mengimplemtasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di kampus maupun ditengah masyarakat dan tidak terpengaruh oleh radikalisme. Mahasiswa juga harus digembleng agar membawa nilai-nilai baik untuk mempertahankan eksistensi bangsa Indonesia.

Menwa harus turut berperan dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara ini, sehingga dari kampus akan melahirkan  pikiran  akademik  dan nilai-nilai  yang  kuat untuk membangun bangsa dan negara dari berbagai ancaman dari dalam maupun luar. Menwa akan menjadi pioneer untuk membangun dan bangsa yang tetap kokoh, merdeka, berdaulat dengan Pancasila sebagai fondasi utama.

Oleh karena itu rektor berharap, tanggungjwab kita bersama adalah menjaga harmonisasi dan mengimplentasikan nilai-nilai Pancasila, sebab kekuatan moral mampu merubah perilaku masyarakat dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara “biarlah kita semua siap, hati, jiwa dan raga untuk Indonesia”, tutup Rektor.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pemberian Materi oleh Letkol Laut (KH) Mochtar Manji LapolaS. AgMH Pgs. Kadisminpers Lanal IX dengan materi Motivasi dan Pembaharuan; dan Ibu Berni S.Sos., M.Si dengan topik Eksistensi dan Peran Mahasiswa di Masa Mendatang.

Hadir dalam kegiatan tesebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Yusuf Madubun., M.Si., Para Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) – Resimen Mahasiswa Universitas Pattimura, Tim Alumni Menwa Anti Radikalisme (AMARA), Ketua dan anggota Menwa Batalyon 01 Unpatti, Koordinator Kemahasiswaan dan Humas, sub Koordinator Humas.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan pula pertukaran cendera mata dan foto bersama.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SarasehanMenwase-Maluku

Leave a Reply

Your email address will not be published.