100 Lulusan Baru Fakultas Teknik Periode April di Yudisium

UNPATTI,- Bertempat di lantai II Aula Rektorat Universitas Pattimura berlangsungnya Yudisum dan Penggelaran Lulusan Periode April 2022, Rabu (20/4/22).

Sebanyak 100 mahasiswa dinyatakan lulus dalam Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Teknik Universitas Pattimura Dalam Rangka Yudisium dan Penggelaran Lulusan Periode April 2022, yang sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Nomor 140/UN13.1.6/SK/2022.

Yudisium dan Penggelaran Lulusan dibuka secara resmi oleh Ketua Senat Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. M. Tukan, BSE, M.T berlangsung dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Penyerahan Tanda Piagam Penghargaan dari Dekan Fakultas Teknik, Dr. Pieter Th. Berhitu, S.T, M.T diberikan kepada 1 Lulusan dengan predikat “Cumlaude”, atas nama :

  1. Frans Waas, Program Studi Perencanaan dan Wilayah Kota, masa studi 4 tahun dan IPK 3,83 dengan judul skripsi : Arahan Pemanfaatan Lahan Pemukiman Berbasis Mitigasi Bencana Di Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Sementara itu, lulusan dengan predikat “Pujian” yaitu :

  1. Anna L. Th. Torimtubun, masa studi 6 tahun 3 bulan dan IPK 3,81
  2. Putri A. Hatuina, masa studi 5 tahun 6 bulan dan IPK 3,76
  3. Brian Manuhuttu, masa studi 6 tahun 7 bulan dan IPK 3,64
  4. Dewi Fortuna Malawan, masa studi 4 tahun 6 bulan dan IPK 3,59
  5. Imas L. Rahim, masa studi 4 tahun 6 bulan dan IPK 3,58
  6. Suci Milanda, masa studi 4 tahun 6 bulan dan IPK 3,53

“Gelar sarjana yang kita capai pada saat ini hanyalah satu titik perhentian baru dalam perjalanan hidup kita, menjadi bekal untuk menuju titik kehidupan yang lebih tinggi lagi di masa mendatang. Oleh karena itu, janganlah kita cepat bertepuk dada dan berpuas diri. Gelar yang kita peroleh pada saat ini memberikan kita tanggungjawab yang lebih besar lagi dalam kehidupan masyarakat. Sebagai seorang intelektual dan berpendidikan hendaklah kita dapat menjadi insan-insan yang bermanfaat, menjadi pelopor kemajuan, dan role model bagi masyarakat dimana kita hidup dan berkarya di masa depan”, ujar Frans Waas dalam menyampaikan kesan mewakili para lulusan.

Frans juga mengatakan, kepada semua rekan seperjuangan, mari kita tunjukkan kualitas dari lulusan Fakultas Teknik Universitas Pattimura, berikan usaha terbaik kita, pelihara rasa haus akan ilmu pengetahuan, asah potensi diri terbaik kita, dan buktikan kita bisa jadi lebih baik dibandingkan lulusan dari universitas manapun, karena bukan seberapa mahal biaya pendidikan, seberapa megah bangunan, ataupun seberapa besar nilai akreditasi ataupun IPK yang tertera di kertas ijazah. Karena pada akhirnya itu semua hanya kunci pembuka peluang masa depan, tapi segala usaha dan tekad sepenuh hati dan jiwa lah yang akan membawa kesuksesan kepada kita.

Dalam sambutan, Dekan Dr. Pieter Th. Berhitu, S.T, M.T mengatakan, momen yudisium dan penggelaran Lulusan Sarjana Baru Fakultas Teknik menjadi momen refleksi bagi kita semua, dan di hari ini juga ada 1 mahasiswa yang boleh lulus dengan predikat Cumlaude.

“Dalam kepemimpinan saya, tercatat ada 4 lulusan yang bisa berhasil mencapai predikat Cumlaude pada Fakultas Teknik Universitas pattimura”, kata dekan.

Dr Berhitu juga memberikan apresiasi kepada Frans Waas yang boleh menyelesaikan perkuliahan tepat waktu dan berhasil lulus dengan predikat Cumlaude.

“Dengan kegigihannya, dedikasinya yang tinggi dan latar belakang ekonomi yang kurang, tetapi Frans mampu membuktikan kepada orang tuanya bahwa dia layak dan sanggu untuk menyelesaikan studi serta berhasil mendapatkan predikat Cumlaude”, terangnya.

Dikatakan pula, ini bukanlah akhir dari sebuah perjuangan akan tetapi merupakan momen awal bagi para lulusan untuk berpijak menggapai masa depan.

“Tidak ada gading yang tidak retak. Teruslah berkarya untuk mencapai masa depan dan cita-cita anda”, tutup dekan

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuanga, Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum mengatakan, pada saat anda masuk di Fakultas Teknik Universitas Pattimura, pastinya ada yang gagal dalam proses perkuliahan tetapi ada pula yang berhasil hingga selesai studi.

Dikatakan pula kepada para lulusan agar jangan pernah melupakan ‘ibu asuh’ yang telah memberikan air susu (ilmu) sehingga anda boleh berada sampai saat ini.

Beliau berharap agar para lulusan dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi almamater Fakultas Teknik Universitas Pattimura serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk pengembangan kemajuan sumberdaya manusia di Maluku tetapi juga kemajuan bangsa Indonesia kedepan.

Selamat dan Sukses bagi para lulusan. Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#YudisiumFatekApril2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.