112 Lulusan Fakultas Hukum Unpatti di Yudisium

UNPATTI,- Fakultas Hukum Universitas Pattimura melaksanakan Yudisium dan Penggelaran Lulusan terhadap 112 lulusan, yang terdiri dari 109 lulusan Program Studi Ilmu Hukum Pada Kampus Utama, dan 3 Lulusan dari Program Studi Hukum Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Maluku Barat daya, dalam rangka wisuda periode April 2022, yang dilaksanakan di Hall Lantai I Fakultas Hukum Universitas Pattimura, Rabu (20/4).

Acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Panggelaran Lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura Periode April 2022, dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LL.M. Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan Lulusan oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum, Pembacaan Panca Purna Ikrar Lulusan Oleh salah satu lulusan dilanjutkan dengan penyerahan lulusan dari Dekan kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Saartje Sarah Alfons, S.H., M.H.

9 orang lulusan dengan predikat cumlaude dicapai oleh Jesylia H Lawalata dengan IPK 3.85, Ruth Garcia Imanuel Matruty dengan IPK 3.80, Rusvinna R. Hariyanti dengan IPK 3.79, Evant G. Sipayung dengan IPK 3.79, Novela Pattipawaej dengan IPK 3.79, Puan Y. Kohilay dengan IPK 3,73, Dedi R Tuarita dengan IPK 3.69, Arifin Rappe dengan IPK 3.60 dan Nifantri Mulya Ningsi dengan IPK 3.57.

Jesylia H Lawalata mewakili para lulusan dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan yudisium dan pagelaran lulusan Fakultas Hukum Unpatti menjadi salah satu prosesi sekaligus indikator bahwa kami telah siap menyelesaikan studi pada Fakultas Hukum dan mendapatkan gelar sarjana. Namun diketahui bahwa dengan disematkannya gelar sarjana merupakan awal untuk menempuh sebuah kehidupan baru, kehidupan nyata yang sesungguhnya akan kita lalui untuk hidup yang selanjutnya.

Lanjut dikatakan kehidupan pasca kampus bukan sekedar mencari pekerjaan yang layak, gaji yang besar dan pangkat yang baik namun diharapkan bisa memberikan manfaat besar bagi kehidupan masyarakat luas.

“Doa yang tulus bagi civitas akademika Fakultas Hukum Unpatti agar selalu diberikan kemudahan, kesehatan dan kekuatan untuk meningkatkan pelayanan, kinerja dan mutu pendidikan Bunda Asuh Tercinta Fakultas Hukum Unpatti sehingga lebih maju lagi”. Tutupnya.

Ketua Senat Fakultas Hukum Universitas Pattimura Dr. A. D. Bakarbessy, SH., LL.M dalam sambutannya memberikan apresiasi bagi para dosen dan tenaga kependidikan atas semua kerja keras yang sudah dilakukan sehingga para lulusan ada saat ini.

Terimakasih disampaikan Dr. Bakarbessy kepada pimpinan Universitas dan juga pimpinan Fakultas atas kerjasama dan kebijakan yang dilakukan di tengah tantangan yang dihadapi saat ini guna mendapatkan pelayanan pendidikan dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga menghasilkan para lulusan yang berkualitas.

“Kepada para lulusan ini bukanlah akhir perjuangan, sesungguhnya ini adalah awal untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan kalian ditengah masyarakat. Di Kampus kalian belajar baru diuji tetapi di masyarakat kalian akan mendapatkan ujian dan itulah proses pembelajaran sesungguhnya, untuk itu jangan pernah bosan untuk belajar.” Tutur Dr. Bakarbessy.

Dr. Bakarbessy berharap para lulusan dapat membangun dan membesarkan bunda asuh Fakultas Hukum. “Teruslah melibatkan diri kalian didalam pengembangan Bunda Asuh Fakultas Hukum”.

Dekan Fakultas Hukum Dr. Rory J. Akyuwen, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengatakan dalam proses untuk menuju gelar sarjana (S1) mahasiswa untuk bisa menyelesaikan studi atau skripsi harus masuk dalam sistem similaritas, apabila ada unsur kesamaan diatas 25% mahasiswa akan diminta untuk memperbaiki untuk mencegah hal tersebut dan memenuhi indikator kinerja utama Fakultas Hukum menggunakan aplikasi anti plagiat atau kesamaan. Ini menjadi ukuran kualitas dari lulusan Fakultas Hukum Unpatti.

Lanjut dikatakan Fakultas Hukum berupaya meningkatkan kualitas dari pada lulusannya dan mempersiapkan Fakultasnya menuju Fakultas yang Unggul. Salah satu upaya menuju fakultas yang unggul dan tercapainya kontrak kinerja yakni IKU 1 tentang Tracer study yaitu response rate dan kaitannya dengan jumlah lulusan yang bekerja kurang dari enam bulan, melanjutkan pendidikan dan yang berwirausaha, maka FH unpatti mengangkat 5 duta Alumni guna untuk menjalin silaturahmi dengan bunda asuhnya tetapi juga ini merupakan cara cepat dalam mendata para alumni pada angkatnya untuk dilaporkan ke Almamater guna tercapainya IKU tersebut. Kepada para alumni diharapkan untuk menginformasikan keberadaannya dan direspon dengan baik jika di hubungi karena para alumni lah yang memegang peranan paling besar untuk kemajuan dari sebuah institusi terkhususnya Fakultas Hukum Unpatti.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M. Hum berharap kepada para lulusan jangan hanya terpaku menjadi PNS saja tetapi banyak peluang yang harus di tangkap, ciptakan lapangan pekerjaan, tingkatkanlah kemampuan AQ, karena bidang ilmu hukum dibutuhkan dimana saja.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#YudisiumFakuktasHukum
#beritaunpatti

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.