123 Calon Wisudawan FISIP Di Yudisium

UNPATTI,- Sebanyak 123 calon wisudawan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP Universitas Pattimura mengikuti Yudisium dan Penggelaran Lulusan Periode April 2022, yang dihadiri Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum.

Yudisium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dibuka oleh Sekretaris Senat FISIP Unpatti dilanjutkan dengan Pengukuhan lulusan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, penyerahan lulusan kepada Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan dan Alumni dan penyerahan Kartu Alumni dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni kepada perwakilan lulusan.

3 orang lulusan dengan predikat cumlaude dicapai oleh Joia Nussy, S.Sos dengan IPK Tertinggi 3,97 dan Masa Study Tercepat 3 Tahun 5 Bulan dari Program Studi Sosiologi, Louise Angle Agustin Patty, S.AP dengan IPK 3,87 dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Zefanya Ruth Sutrahitu, S.AP dengan  IPK 3,83 dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

Dekan, Dr. Wahab Tuanaya, M.Si dalam Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mengatakan dalam perspektif akademik, yudisium merupakan pengumuman nilai pada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh perkuliahan yang telah dijalani selama 4 sampai 6 tahun bahkan ada yang mencapai 7 tahun. Kegiatan yudisium dapat menjadi indikator bahwa para mahasiswa FISIP Unpatti telah menyelesaikan pendidikan jenjang Strata 1 (Sarjana) sehingga berhak menyandang Gelar sesuai nomenklatur masing-masing program studi yang ada.

Dekan memberikan selamat kepada para lulusan yang telah meraih gelar sarjana di bidang Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi dan Sosiolologi. “Terapkanlah Ilmu yang diperoleh selama ini pada lingkungan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara dengan selalu menjaga nama baik almamater tercinta”. Uangkap dekan.

Dekan berharap kepada para lulusan agar  Cintailah almamater FISIP Unpatti sebagaimana mencintai orang tua, suami, istri ataupun pacar, karena dengan kekuatan cinta dari para alumni yang tersebar di berbagai tempat dapat menjadi modal dan semangat bagi kami untuk membangun almamater ini kea rah lebih berkualitas, unggul dan berkarakter dalampelaksanaan Tridharma secara transparan dan akuntabel. “Semangat didalam mengabdikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk kepentingan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara”.

Dikesempatan yang sama Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno menuturkan saat ini merupakan satu momentum penting dan bersejarah bagi 123 orang yang mengikuti yudisium, tetapi dibalik kebanggaan itu ada sejumlah masalah yang perlu di expos yaitu setiap tahun universitas meluluskan ribuan alumni namun para alumni tersebut merebut satu tempat untuk menjadi PNS, dengan demikian rektor berharap jangan hanya terpaku menjadi PNS saja tetapi banyak peluang yang harus di tangkap, ciptakan lapangan pekerjaan, tingkatkanlah kemampuan AQ, masuk ke dunia politik karena lulusan FISIP mampu bekerja dimana saja.

Rektor menegaskan kepada para lulusan untuk tetap mengingat “Bunda Asuh” almamater tercinta yang sudah memberikan ilmu penegtahuan hingga menyandang gelar sarjana yang nantinya kan menjadi orang-orang yang sukses.

“Terus tingkatkan kulitas kalian dengan belajar sepanjang masa dengan itu akan dipandang ditengah masyarakat. berkembanglah dalam situasi apapun dan jangan pernah melupakan orang tua yang melahirkan dan membesarkan kalian karena dengan menghargai orang tua kalian kan mendapat banyak berkat didalam kehidupan kalian” tutup rektor.

Joia Nussy, S.Sos dalam memberikan kesan dan tekad lulusan mewakili para lulusan mengatakan hari ini adalah hari yang di nantikan bersama, tentunya acara ini menandakan bahwa telah berakhirnya perjuangan mahasiswa FISIP Unpatti selama proses belajar di almamater tercinta.

Mewakili para lulusan Joia menyampaikan Terimakasih kepada para dosen, sivitas akademika FISIP dan kepada orang tua  atas bimbingan, ilmu, pengalaman serta bantuan yang diberikan, juga pengorbanan , waktu dan materi selama proses selama menjadi mahasiswa.

Joia berharap Ilmu yang didapat bisa di amalkan dalam kehidupan sehari-hari, di dunia pekerjaan, dan mampu dalam melihat dan mengkaji setiap permasalahan dalam Negara. “Universitas Pattimura terutama FISIP Unpatti adalah wadah pembentuk generasi muada dalam mengembangkan diri bahkan menjadi solusi bagi maslah-masalah kenegaraan yang timbul”.

“Tetaplah menjadi FISIP yang bermutu dan melahirkan lulusan yang berguna bagi nusa dan bangsa, tinggi iman, tinggi ilmu, tinggi pengabdian, biarlah semua menjadi satu”. Tutup Joia.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#YudisiumFISIP
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.