62 LULUSAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS PATTIMURA DI YUDISIUM

UNPATTI,- Fakultas Pertanian Universitas Pattimura melaksanakan  Yudisium Dan Panggelaran Lulusan terhadap 62 lulusan dalam rangka wisuda periode April 2022  di Aula Lantai III, Selasa, (19/4).

Acara Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Dalam Rangka Yudisium Dan Panggelaran Lulusan Sarjana Periode Agustus Tahun 2021 ini dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Pertanian Prof. Dr. I. Rafael M. Osok, M.Sc, dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan, Pengukuhan Lulusan oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si, Penyerahan Lulusan dari Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni kepada Ketua Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKAFTANI) dan penyerahan Kartu Alumni dari Ketua IKAFTANI kepada perwakilan lulusan.

4 orang lulusan dengan predikat cumlaude dicapai oleh  Sovya Mariana Magdalena Manullang, SP dengan IPK 3.92,  Andidni Siti Fatiha, SP  dengan IPK 3.76, dan  Meiman Sederhana, SP dengan IPK 3.71 dari Program Studi Agroteknologi, dan Anisa Uyara, SP dari Program Studi Agribisnis.

“Fakultas ini adalah rumah kedua bagi kami, berangkat dari berbagai kekuatan, niat dan tujuan. Empat tahun yang lalu kami beriringan bersama menapak halaman gedung fakultas ini, tempat yang diyakini akan menjadi kawah candradimuka, tempat untuk menjadi pribadi yang tangguh sebagai penerus bangsa yang siap mengabdi demi keberlangsungan mata rantai kehidupan di negeri ini. “Di Fakultas inilah kami menimba ilmu hingga akhirnya saat ini kami bisa berkumpul sebagai calon wisudawan dan wisudawati FAPERTA UNPATTI. Tepat di hari ini kami menyelesaikan tugas kami sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Pattimura” ungkap Sovya Mariana Magdalena Manullang, SP saat menyampaiakn kesan dan tekad lulusan mewakili para lulusan.

Sovya mewakili para lulusan mengucapkan tarimaksih kepada  kepada para dosen,sivitas akademika Fakultas Pertanian Unpatti dan kepada orang tua  atas bimbingan, ilmu, pengalaman serta bantuan yang diberikan, juga pengorbanan , waktu dan materi selama proses selama menjadi mahasiswa.

“Dengan diwisudahkannya kami maka telah bertambah tanggung jawab moral atas gelar yang disematkan bersama dengan nama kami. Kami tegak menatap masa depan, kami tak gentar untuk melangkah dan bersaing dengan ribuan sarjana-sarjana dari perguaruan tinggi ternama karena Fakultas Pertanian Unpatti mengajarkan kepada kami untuk tidak selalu mengekor kepada gajah namun harus berani menjadi kepala semut yang artinya di kampus inilah kami belajar untuk mamapu berdikari secara mandiri. Semoga apapun yang kami lakukan kelak kami dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain serta tidak menjadi pribadi yang matrialistik”, tutup Sovya

Ketua Senat Fakultas Pertanian Prof. Dr. I. Rafael M. Osok, M.Sc dalam sambutannya mengatakan hari ini merupakan jawaban dari semua suka dan duka para lulusan di masa kuliah, hari ini juga merupakan pencapain dari begitu banyak mimpi yang kalian  kejar “jangan pernah berhenti belajar dan bekerja keras untuk mengejar cita-cita”, ungkap Prof. Osok.

Beliau juga mengajak para lulusan untuk bergabung dengan Ikatan Alumni Fakultas Pertanian Unpatti sebagai bentuk rasa kebersamaan secara alumni dan kedepannya jangan segan-segan untuk bekerja sama dengan Fakultas Pertanian dalam upaya pengembangan pertanian di Wilayah Maluku. Dimanapun kalian berada dan dalam kegiatan apapun jangan sampai menodai nama baik alamamter.

Prof. Osok mendorong para lulusan baru untuk dapat melanjutkan studinya pada program megister yang dimiliki Fakultas Pertanian, yaitu Prodi Pengelolaan lahan, Ilmu Pertanian, Agribisnis dan Kehutanan.

Dekan Fakultas Pertanian Pertanian Prof. Dr. Ir. A. E. Pattiselano, M.Si mengatakan Fakultas Pertania Unpatti telah tumbuh sampai saat ini sebagai institusi yang banyak menyumbang berbagai pemikiran strategis dan karya yang besar perannanya dalam pembangunan nasional, moral dan peningkatan daya saing bangsa, terlebih khusus diwilayah Kepualauan Propinsi Maluku. untuk waktu yang panjang FAPERTA diharapkan menjadi satu institusi pendidikan tinggi yang menjanjikan untuk masa depan yang lebih baik, serta mendukung tercapainya Visi dan misi universitas Pattimura melalui system Badan layanan Umum (BLU) yang sudah dilaksanakan tiga tahun terakhir.

Dekan berharap kepada para lulusan mampu menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri dan orang lain, hal tersebut merupakan upaya untuk mendukung program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mendorong pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) Dosen dan Program Studi, Jurusan, Fakultas dan akhirnya Universitas, serta tercapainya Akreditasi Program Studi yang unggul. Diharapkan juga Fakultas Pertanian mempunyai potensi kedepan yang tidak terbatas untuk mencapai masa depan yang lebih baik bagi Maluku dan Indonesia. “Selamat bagi 62 Sarjana baru beserta keluarga termasuk Ikatan Alumni dengan capaian kemajuan Fakultas Pertanian sampai saat ini terkhususnya kepada empat sarjana baru atas prestasi yang sudah di capai dengan harapan selaian bekerja secara mandiri juga dapat melanjutkan studi kejenjang Magister–S2, sehiangga nantinya dipersiapkan sebagai calon-calon tenaga pendidik di fakultas ini” tutup Dekan.

Rektor Universitas Pattimura yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan dalam menajemen mutu di setiap institusi pendidikan ada 5 aspek yang menjadi perhatian Input, Proses, Output ,Outcome dan Impact atau dampak terhadap institusi. Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, harus menjadi Indikator dalam pelaksanaan kurikulum pada setiap prodi, oleh karenanya Prof. Leiwakabessy berharap kedepan fakultas pertanian diharpkan menjadi fakuktas yang  unggul di bidang pertanian, peternakan, serta kehutanan dengan perkuat basis pada laboratoorium yakni laboratorium learning, laboratorium riset dan laboratorium uji.

Prof Leiwakabessy berharap para lulusan yang 90 % penelitiannya ada di Desa, memaknai hal tersebut sebagai kesempatan untuk membangun daerahnya dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan kemampuan yang dimiliki.  “indikatornya sederhana, apabila anda berhasil melakukan usaha dibidang pertanian dalam 3 bulan pertama setelah kelulusan, anda sebenarnya telah membuktikan bahwa anda bisa”, ujarnya.

“Semoga para lulusan dapat bermakna bagi masyarakat. Ingat almamater, karena dari sini anda disusui menjadi orang yang berhasil bagi bangsa dan negara” tutupnya

Acara Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Dalam Rangka Yudisium Dan Panggelaran Lulusan Sarjana Periode April Tahun 2022 yang dilakukan secara luring dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan covid 19.

#UniversitasPattimura
#humasunpatti
#62lulusanFapertaDiYudisium
#beritaunpatti

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.