Direktur Bisnis Regional SUMALPANA, Deputi 1 Kantor Staf Presiden RI dan Anggota Komisi VII DPR RI lakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Unpatti

UNPATTI,- Direktur Bisnis Regional SUMALPANA PT. PLN (Persero) Adi Priyanto, Deputi 1 Kantor Staf Presiden RI Febry Calvin Tetelepta dan Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Christy Barends ST, melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik Universitas Pattimura, Kamis, 18 April 2022.  Hadir dalam kegiatan itu tersebut Direktur Utama Indonesia Power, Direktur Niaga Indonesia Power, CM Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Sekertaris Eksekutif Direksi, Direktur Utama PLN Engineering dan Sivitas Akademika Fakultas Teknik.

Adi Priyanto, Direktur Bisnis Regional SUMALPANA PT. PLN (Persero) mengatakan, ini merupakan suatu kehormatan bagi saya dapat berkunjung di Fakultas Teknik Universitas Pattimura. Kunjungan yang dilakukan saat ini juga sangat berharga karena mendatangkan para pakar teknik yang bekerja di perusahaan teknik. Fakultas Teknik Universitas Pattimura mempunyai suatu model juga project berupa sistem energi baru dan terbarukan untuk pembangkit listrik.

“Ini merupakan hal yang luar biasa dan tidak diduga bisa hadir para pakar teknik yang sangat hebat. Tentunya sangat menarik, karena kami masih mempunyai program tentang transisi energi. 10 tahun mendatang kita akan membangun sekitar 51% berupa pembangkit energi baru terbarukan”, kata Adi Priyanto.

Dikatakan pula, kami juga ingin melihat secara langsung bagaimana model yang dibuat dari Universitas Pattimura untuk dijadikan showcase tetapi juga kerjasam yang akan dilakukan antara Fakultas Teknik Universitas Pattimura dan Industri SUMALPANA PT. PLN (Persero) di Bidang Teknik dan Pendidikan supaya ada hubungan timbal balik oleh kedua pihak, sehingga menghasilkan peluang pekerjaaan yang berguna untuk kemajuan Maluku dan Maluku Utara

Diharapkan kedepan kita dapat mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) tetapi dengan teknologi yang aman dan ramah lingkungan.

Selain itu, Deputi 1 Kantor Staf Presiden RI, Febry Calvin Tetelepta juga mengatakan, perlu adanya MoU bagi mahasiswa yang akan melakukan praktek. “Berbicara tentang pendidikan, saya akan mendorong dan mengawal untuk ke Deputi 2 guna proses pengembangan infrastrutur”, tegas Febry Calvin Tetelepta

Beliau juga mengatakan, kita perlu melihat bersama kedepan bahwa Maluku harus menjadi provinsi yang luar biasa. “Tidak ada pilihan lain selain mempersiapan sumberdaya manusia yang bisa membuat kita menjadi lebih baik”, tutup Febry Calvin Tetelepta

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI, Mercy Christy Barends, ST mengatakan, kehadiran para pakar teknik yang hadir saat ini memberikan dukungan untuk Fakultas Teknik Universitas Pattimura. Forum ini digagas dalam pengalaman sepanjang periode kemarin, pergumulan terhadap Fakultas Teknik.

Dijelaskannya, Gedung Fakultas Teknik dulunya adalah gedung FTA yang dibangun oleh Rusia dan menjadi barometer pendidikan di Maluku. Kehadiran para pakar teknik menjadi pendorong untuk menata fakultas ini menjadi lebih baik.

Lewat pertemuan hari ini beliau berharap ada banyak hal baik dan besar yang bisa dilakukan untuk pengembangan Fakultas Teknik Universitas Pattimura sehingga melahirkan sumberdaya manusia yang berdaya saing tinggi dan kompetitif.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pattimura. Dr. Pieter Th. Berhitu, S.T, M.T dalam sambutan mengatakan, PT. PLN (Persero) selama ini telah melakukan kerjasama dengan Fakultas Teknik dari tahun 2013. Tentunya kerjasama ini juga akan kita bangun kembali sehingga bukan hanya sumberdaya manusia yang belajar disini tetapi output lulusan dari Fakultas Teknik juga dapat bekerja di PT. PLN (Persero).

Dikatakan pula, hari ini juga kita berada dalam suasana Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Pattimura. Di Tahun 1970 – 2022 Fakultas Teknik boleh berada di usia 52 Tahun pada tanggal 16 April 2022.

Kata dekan, sebelumnya kita boleh menghadirkan Staf Khusus Presiden RI yaitu Billy Mambrasar, S.T, M.Sc, MBA datang di Fakultas Teknik dan beliau merespon seluruh rencana pengembangan Fakultas Teknik kedepan.

“Perlu adanya evaluasi dan dukungan yang dilakukan bersama guna untuk pengembangan Fakultas Teknik menjadi lebih baik dan terus berkembang sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas”, harap dekan.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published.