FKIP UNPATTI GELAR DEBAT FESTA “Kompetisi Debat Berbahasa Indonesia”

UNPATTI,- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura gelar Festival Edukasi Tahunan Mahasiswa “Kompetisi Debat Berbahasa Indonesia”, Jumat (8 April 2022) yang berlangsung di Student Center FKIP.

Tema debat yang diangkat tahun ini dalam Festival Edukasi Tahunan Mahasiswa (FESTA) yaitu “Transformasi Pendidikan Abad-21 Berbasis Laut Pulau”.

Ketua Panitia, Dr. Victry E. Picauly, S.Pd, M.Pd dalam laporan mengatakan, Debat FESTA merupakan program dari Bidang Kemahasiswaan. Ada 2 kegiatan besar yang dilakukan setiap tahunan yaitu Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) dengan mata lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa tingkat fakultas, yang akan berlangsung tanggal 13 – 14 April 2022 dan lomba kedua yaitu FESTA dengan mata lomba yakni Media Pembelajaran Online, Video Teaching Contest dan Kompetisi Debat Berbahasa Indonesia.

“Kegiatan tersebut dibuka bagi semua program studi dalam lingkup FKIP Unpatti dan tahun ini ada 9 program studi yang berpartisipasi”, kata Dr. Picauly.

Dijelaskannya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan daya saing antar mahasiswa, menggali kemampuan berpikir kritis dan analitis, menggali potensi mahasiswa terhadap isu-isu yang sedang berkembang serta bagaimana pandangan mahasiswa terhadap apa yang terjadi saat ini khususnya di Bidang Pendidikan, tetapi juga Berbasis Laut Pulau yang berkaitan erat dengan Pola Ilmiah Pokok Universitas Pattimura yaitu Bina Kelautan.

Beliau berharap, dari kegiatan ini kita dapat menghasilkan tim yang berkualitas sehingga mewakili Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura di dalam Forum Komunikasi FKIP se-Indonesia Tahun 2022. “Selain menghasilkan tim yang berkualitas, tetapi juga akan menghasilkan pedebat-pedebat terbaik dalam lomba disaat ini”, tutup Dr. Picauly.

Mewakili dekan, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FKIP, Prof. Dr. A. Fenanlampir, S.Pd, M.Pd, AIFA dalam sambutan memberikan apresiasi atas terselenggarakannya debat FESTA disaat ini yang merupakan embrio dari seluruh aktivitas mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan saat ini juga dapat meningkatkan daya saing mahasiswa, sehingga semangat berkompetisi dapat dibangun melalui para mahasiswa yang mengikuti lomba.

“Revolusi industri 4.0, mahasiswa diperhadapkan dengan berbagai kompetensi yang wajib dimiliki yaitu kompetensi berpikir kritis, kreatif, inovatif dan komunikatif serta menguasai literasi digital, tetapi yang terpenting adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar”, ujar Prof Fenanlampir.

Turut hadir dalam kegiatan ini, para wakil dekan, para dewan juri serta para peserta lomba.

Selamat Berlomba. Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#DebatFESTA2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.