Kepala Staf Angkatan Darat beri Kuliah Umum di Universitas Pattimura

UNPATTI,- Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M  memberikan Kuliah Umum di Universitas Pattimura. Kuliah Umum dengan tema “Mahasiswa Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”, diikuti oleh Sivitas Akademik Universitas Pattimura dan berlangsung di Auditorium, Rabu (13 Maret 2022). Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat., Pangdam XVI/Pattimura., Asisten Teritorial Angkatan Darat., Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura., Komandan Korem 151 dan 152., Kepala dan Sekretaris Staf Pribadi Kasad., Kapok Sahli Pangdam XVI/Pattimura., Ketua Senat Unpatti., para Wakil Rektor., para Dekan dan Direktur Pascasarjana Unpatti., para Ketua Lembaga Unpatti., Sivitas Akademika Universitas Pattimura.., para Mahasiswa., Menwa dan Satuan Keamanan Universitas Pattimura.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutan mengatakan, kehadiran Kepala Staf Angkatan Darat di Universitas Pattimura merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Sivitas Akademika Universitas Pattimura. “Selamat datang di Kampus Orang Basudara.  Hotumese merupakan slogan kami yang artinya Berkembang Dalam Tantangan” ujar rektor.

Lanjutnya Bina Mulia Kelautan  menjadi Pola Ilmiah Pokok Unpatti, dan dengan Visi Menjadi Universitas Yang Unggul, Berkarakter, Berbudaya Kepulauan Di Tahun 2035,  Universitas Pattimura  sebagai lembaga pendidikan tinggi yang merupakan wadah untuk mencetak para pemimpin bangsa dimasa depan, kami sangat membutuhkan masukan dan arahan dari berbagai pihak mulai dari para pimpinan pada tingkatan daerah maupun nasional, agar cita-cita pembangunan bangsa dan negara bisa terwujud sehingga lahirnya para pemimpin bangsa yang cendikia, berwawasan kebangsaan yang baik dan benar, cinta tanah air, rela berkorban bagi bangsa dan negara, bekerja keras, disiplin, bertanggungjawab, inovatif, kreatif, hidup aman dan damai berdasarkan prinsip kebersamaan dan toleransi yang tinggi, menghargai perbedaan dan gotong royong”, ujar rektor.

Dikatakan pula, Universitas Pattimura pada bulan Maret Tahun 2022, kami telah membuat MoU dengan Kodam XVI/Pattimura untuk membangun kerjasama melalui program Mutiara Pattimura dalam tiga bidang penting yaitu Bidang Pertanian, Perikanan dan Kesehatan.

Rektor menambahkan, semoga materi yang diberikan dalam Kuliah Umum di saat ini dapat memperkaya wawasan para mahasiswa dan Sivitas Akademika lainnya, dalam membangun bangsa dan negara khususnya membangun Universitas Pattimura lebih maju di waktu yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M dalam memberikan Kuliah Umum mengatakan di era sekarang ini sering terjadi inovasi fundamental yang mengubah sistim tatanan cenderung mengubah teknologi. Setiap anak-anak maupun pemuda sekarang telah menggunakan teknologi. Di Indonesia sendiri waktu yang digunakan untuk memakai internet mencapai 196,7 juta dan 145,4 juta merupakan generasi millennial, dimana 73,9% pengguna internet didominasi generasi gender millennial dengan waktu penggunaan hampir rata-rata 8 jam per hari sehingga tidak menutupi kemungkinan informasi-informasi dari luar negeri maupun dari dalam negeri justru merubah pola pikir, sifat, karakter serta pendapat.

Dikatakan pula, peran mahasiswa dalam memperkuat persatuan dan kesatuan dapat dilihat dalam 4 teori, yaitu :

  1. Agen Perubahan, artinya mendorong kelompok masyarakat lainnya dalam menjaga nilai-nilai Pancasila melalui pengetahuan, ide dan keterampilan yang dimilikinya.
  2. Penjaga Nilai, artinya mahasiswa berada di garda terdepan dalam menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pemersatu bangsa.
  3. Penerus Bangsa, artinya keutuhan bangsa akan tergantung dari para mahasiswa untuk mau menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila
  4. Pengontrol Sosial, artinya memiliki kontrol sosial terhadap kehidupan bermasyarakat, bangsa dan bernegara.

Menurut Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kunci Sukses juga memiliki 3 ciri-ciri, yakni :

  1. Lupakan masa lalu, artinya masa lalu tidak akan pernah kembali lagi
  2. Lakukan yang terbaik hari ini secara optimal, artinya apa yang kita lakukan hari ini menjadi momen sejarah di hari esok
  3. Cita-cita hanya harapan dan angan-angan, artinya harus diperjuangkan

Beliau menambahkan, mahasiswa harus yakin kepada diri sendiri, karena apapun yang ada didepanmu, ataupun yang ada dibelakangmu dan yang ada disekelilingmu, tidak akan berarti apa-apa dibandingkan apa yang ada di dirimu.

“Orang yang bahagia belum tentu bermurah hati, tetapi saya belum melihat orang bermurah hari yang tidak bahagia, PASTI DIA BAHAGIA”, pesan Kasad – Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M

Acara dilanjutkan dengan pertukaran cenderamata hingga sesi foto bersama.

Pelindung dan Perekat Bangsa – Mutiara Pattimura…!!! Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#MutiaraPattimura

Leave a Reply

Your email address will not be published.