“Membangun Desa Melalui KKN” Pembekalan KKN Angkatan XLVIII Gelombang II

UNPATTI,- Pembekalan bagi mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XLVIII Gelombang II Tahun Akademik 2021/2022 digelar  dengan tema “Membangun Desa Melalui KKN” dan Sub Tema “Melalui Kuliah KerjaN Nyata (KKN) Kita Tingkatkan Peran Universitas Pattimura dalam Membangun Desa Menuju Desa Mandiri”. Kegiatan digelar secara Hybrid pada Aula Rektorat Universitas Pattimura diikuti oleh perwakilan setiap Fakultas dan melalui Meeting Zoom, yang berlangsung dari tanggal 6 – 7 April 2022.

Ketua Pengelola MK KKN Unpatti, Dr. S. P. Ritiauw, S.Pd, M.Pd dalam laporan mengatakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa sekaligus sebagai perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terdapat 3 program utama melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran KKN yang wajib dilakukan mahasiswa selama berada dilapangan, yakni :

  1. Implementasi Program Prioritas, yang diperoleh dari 8 Program Prioritas Pembangunan Desa yang dikembangkan oleh Kementerian Desa.
  2. Implementasi Program Unggulan, yang diperoleh dari hasil 9 fakultas di lingkup nUniversitas Pattimura
  3. Implementasi Program Pendamping, yang diperoleh dari hasil observasi awal di desa

“Dengan diimplementasikannya 3 program utama ini diharapkan Universitas Pattimura dapat hadir memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa”, tegasnya.

Beliau menambahkan, peserta yang terdaftar berjumlah 2.104 mahasiswa, nantinya tersebar pada 92 desa di Provinsi Maluku melalui bentuk KKN Reguler, 10 lokasi KKN Tematik Kelompok dan 250 lokasi KKN Tematik Individu.

Dr. Ritiauw menambahkan bentuk akhir evaluasi perkuliahan KKN selama dua bulan di lapangan, maka terdapat sejumlah Luaran yang wajib dimasukkan oleh mahasiswa peserta KKN diantaranya :

  1. Publikasi hasil implementasi program melalui Jurnal Ilmiah Nasional, Nasional Terakreditasi
  2. Publikasi hasil implementasi program pada seminar dalam bentuk prosiding
  3. Pengusulan hasil implementasi program dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual.

Beliau berharap, dengan kegiatan ini mahasiswa dapat melakukan transformasi ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah untuk menambah dan memperluas pengetahuan di dalam masyarakat. Melalui KKN, mahasiswa Unpatti juga dapat menambah dan meningkatkan kemampuan yang berkaitan dengan Personal Building dan kerjasama dengan orang lain untuk meningkatkan kepekaan sosial yang mendorong mahasiswa untuk belajar dari lingkungan masyarakat dan mencoba merumuskan, menganalisi dan mencari alternatif penyelesaian terhadap permasalahan yang dihadapi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan saat membuka kegiatan pembekaan mengatakan, tema dan sub tema pelaksanaan pembekalan KKN Angkatan XLVIII Gelombang II memberikan peran kepada perguruan tinggi untuk melihat peluang-peluang pengembangan program KKN di desa serta diharapkan mampu membangun desa agar dapat bergerak maju menjadi Desa Mandiri. Mata Kuliah KKN diharapkan juga berperan dilingkungan masyarakat untuk membangun desa sebagai bentuk integrasi dari pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tentu saja mahasiswa yang ditempatkan pada lokasi KKN dianggap memiliki pendekatan interdisipliner, dan memiliki wawasan yang luas. Mahasiswa KKN diharapkan dapat mengimplementasikan keilmuan yang dimiliki serta pemikiran yang kreatif dan inovatif agar dapat membantu memecahkan permasalahan yang mungkin ditemui dalam kehidupan masyarakat di lokasi KKN.

Acara dilanjutkan dengan penyematan Atribut KKN secara simbolis oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr, Fredy Leiwakabessy, M.Pd kepada perwakilan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan penyampaian materi oleh :

  1. Wakil Rektor Bidang Akademik Unpatti, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, dengan materi : Peran Mahasiswa Dalam Pembelajaran Melalui MK KKN di Dalam Masyarakat.
  2. Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa (DIRJEN PEID), Ir. Herlina Sulistyorini, M.Si, dengan materi : Strategi Pengembangan Ekonomi Desa Menuju Desa Mandiri
  3. Sekretaris Kota Ambon, Dr. Agus Ririmase, A.P, M.Si, dengan materi : Keteraturan Hukum Sebagai Langkah Pembangunan Negeri Mandiri di Kota Ambon
  4. Ketua LPPM Unpatti, Prof. Dr. D. Malle, M.Sc, dengan materi : Membangun Sistem Informasi Desa

Sedangkan untuk sesi kedua oleh 3 Orang narasumber yang terdiri dari :

  1. Ketua Pengelola TIM MK KKN, Dr. S. P. Ritiauw, S.Pd, M.Pd, dengan materi : Orientasi Program KKN Unpatti
  2. Ketua Divisi Kurikulum dan Akademik Tim MK KKN, Dr. Kevin H. Tupamahu, SE, M.Sc, dengan materi : Petunjuk Pelaksanaan KKHN, Pelaporan dan Evaluasi, dan Luaran Kegiatan KKN
  3. Hendri Selanno, M.Si, dengan materi : Pengusulan HKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PembekalanKKNUnpatti2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.