Deklarasi Forum Peduli Penyiaran Dan Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Tahun 2022

UNPATTI,- Universitas Pattimura menjadi salah satu dari 12 perguruan Tinggi yang turut ambil bagian dalam Deklarasi Forum Peduli Penyiaran yang dilakukan mengawali Pelaksanaan FGD Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Tahun 2022 di Denpasar Bali, 12-13 Mei 2022. Kegiatan yang diselenggarakan Komisi Penyiaran Indonesai Pusat mengangkat tema “Mewujudkan Peradaban Baru Penyiaran Melalui Informasi Berkualitas”, serta bertujuan untuk mengevaluasi secara berkelanjutan kualitas program siaran televisi di Indonesia sehingga diharapkan dapat menjadi acuan bagi setiap pemangku kepentingan penyiaran di tanah air untuk peningkatan kualitas program siaran televisi.

Selain Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M.J. Saptenno., S.H., M.Hum, hadir dalam kegiatan tersebut Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Wahab Tuanaya, M.Si,  serta  Program Studi Ilmu Komunikasi Ronald Alfredo, S.Sos, M.I.Kom bersama Para Informan yang merupakan Dosen pada Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP yang mempresentasikan materi terkait hasil penilaian terhadap kualitas program siaran dari berbagai kategori yakni: katagori program Berita, Tayangan Anak, Talk Show, Sinetron, Wisata dan Budaya, Variety Show dan Infotainment yang dilakukan dalam dalam Focus Group Discussion bersama informan dari 12 perguruan tinggi di Indonesia

Ketua KPI Pusat Agung Suprio mengatakan konten yang berkualitas adalah kebutuhan yang mendasar dan harapan bersama insan penyiaran Indonesia yang memasuki era penyiaran digital.v Untuk itu diharapkan dapat memberikan perhatian kepada konten-konten yang baik, bermutu dan memberikan manfaat kepada publik dengan profesionalisme dan tanggung jawab. “Melalui deklarasi ini kita mewujudkan peradaban baru penyiaran melalui informasi yang berkualitas karena siaran yang berkualitas bukan hanya baik dari aspek teknologi tetapi mengandung konten kreatif, edukatif serta juga memberikan inspirasi bagi orang banyak”.

Lanjutnya melalui Forum ini diharapkan para informan, akademisi, dosen dan mereka dari 12 Universitas yang hadir, untuk lebih konsen membuat peta atau peradaban baru terkait penyiaran di era digital untuk masa depan dan kepentingan genarasi penerus bangsa. Deklarasi yang dibuat institusi penyiaran dengan KPI diharapkan akan kebijakan terkait berbagai hal tentang penyiaran termasuk rencana revisi Undang-Undang Penyiaran.

“KPI tentu tidak dapat bekerja sendiri bersama 12 Perguruan Tinggi Indonesia menjadi kekuatan terbesar bagi KPI untuk berkarya bagi Bangsa. Tidak hanya sebagai bahan studi tetapi hasil dari riset ini dapat berguna bagi praktisi dan pelaku penyiaran sebagai acuan masyarakat memilih tayangan yang berkualitas “.

12 Perguruan Tinggi yang turut dalam deklarasi bersama KPI adalah Universitas Pattimura, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, UPN Veteran Jakarta, Universitas Panjajaran, Universitas Diponegoro, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Tanjung Pura, Universitas Hasanuddin, Universitas Udayana.

Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.