Rektor Universitas Pattimura melakukan kunjungan ke University of Rhode Island (URI)

UNPATTI,- Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum melakukan kunjungan ke University of Rhode Island. Kunjugan dilakukan sejak tanggal 16-18 Mei 2022. Agenda utama kunjungan ini adalah menghadiri perayaan 50 tahun kerjasama University of Rhode Island dengan Republik Indonesia. Selain itu untuk membicarakan berbagai hal yang berhubungan dengan pengembangan Fakultas Perikanan Unpatti dalam menghadapi kebijakan Ekonomi Biru dan Perubahan Iklim yang sementara berjalan.

University of Rhode Island dan Universitas Pattimura telah menjalin kerjasama sejak penandatanganan nota kesepahaman antara kedua pihak pada 5 Oktober 2018.

Universitas Rhode Island memiliki College of Environmental and Life Sciences dimana bernaung Jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan yang merupakan salah satu terbaik di Amerika Serikat.

Berbagai disiplin ilmu yang spesifik pada jurusan ini akan menjadi target utama Unpatti untuk implementasi kerjasama pendidikan dan penelitian seperti pertukaran mahasiswa dan dosen, pengembangan riset perikanan dan kelautan serta pengembangan praktek kerja lapangan.

Kunjungan ini memiliki 2 hari agenda, dimana agenda pertama pada tanggal 17 Mei berupa diskusi dan rapat Bersama Dekan College of Environmental and Life Sciences, para peneliti dalam Bidang Farmasi berbahan baku sumberdaya laut dan para pimpinan pada Graduate School of Oceanography.

Keesokan harinya merupakan perayaan puncak 50 tahun kerjasama URI dengan Indonesia. Acara dimulai dengan sambutan selamat datang oleh President of University of Rhode Island Marc B. Parlange dilanjutkan dengan sambutan oleh duta besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani. Hadir juga memberikan sambutan Gubernur Nangroe Aceh Darusallam, perwakilan USAID dan perwakilan mitra University of Rhode Island lainnya. Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpatti diberi kesempatan menyampaikan sambutan dan catatan penting kerjasama yang akan dilakukan.

Selain Rektor, delegasi Universitas Pattimura yang diundang untuk kunjungan tersebut yaitu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ketua Pusat Studi Ilmu Kelautan dan Kemaritiman, Ketua International Office, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Universitas Pattimura.

Maju Terus Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.