Tingkatkan SDM Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi FAPERTA dan Dinas Pertanian Tandatangan Kerjasama

UNPATTI,- Rabu (25/5) bertempat di Ruang Rapat Fakultas Pertanian Universitas Pattimura dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Pertanian Universitas Pattimura dengan Dinas Pertanian Provinsi Maluku. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Dr. Ilham Tauda, SP. M.Si dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Prof. Dr. Ir. August E Pattiselano, M.Si.

Penandatanganan tersebut bertujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia pertanian yang unggul dan karya ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang Tanaman Pangan, Perkebunan, Hortikultura, Peternakan dan Penyuluhan dalam rangka mendukung kemajuan sektor pertanian di Indonesia. Kedua pihak sepakat untuk mengadakan kerjasama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi secara keseluruhan seperti  pelaksanaan program pemanfaatan inovasi dibidang pertanian, pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka berupa magang/praktek kerja, penyelenggaraan forum ilmiah (temu ilmiah, focus group discussion, lokakarya, seminar, symposium, talk show, atau bentuk forum ilmiah lainnya) mengenai inovasi teknologi pada bidang pertanian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui desiminasi dan implementasi  inovasi teknologi pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Dr. Ilham Tauda, SP. M.Si dalam sambutannya mengatakan Dinas Pertanian Provinsi Maluku tidak bisa bekerja sendiri, dinas pertanian  butuh support terutama dari Fakultas Pertanian melalui Tridharma perguruan tingginya yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. “Kami sungguh menyadari bahwa dilihat dari dukungan sumber daya manusia tidak sebanding dengan luasan dari daerah pengembangan kita maka untuk menutupi kebutuhan sumber daya dimaksud maka kita mendapat dukungan utama dari Fakultas Pertanian Unpatti”, ungkap Dr. Ilham.

Lanjut dikatakan dengan adanya kerjasama ini dinas pertanian akan mengarahkan dan mengfokuskan setiap kegiatan yang di lakukan mahasiswa Universitas Pattimura seperti magang maupun pengabdian kepada masyarakat pada tempat-tempat bidang pengembangan dinas pertanian Provinsi Maluku. Inofasi baru yang di lakukan Dians pertanian yaitu pencanangan Maluku Integration Farming yaitu pola pengembangan pertanian terpadu yang tidak hanya lintas sektoral namun keterpaduan dari hulu ke hilir, yang dimulai dari integrasi sapi dengan pertanian sawah dan kelapa di kawasan Seram Utara sebagai salah satu pengembangan sentra pertanian lokal,  dengan  demikan diharapkan para peneliti dari FAPERTA dapat mengambil bagian didalamnya sehingga kita dapat mengurangi penggunaan bahan kimia di sektor pertanian.

Ditambahkan juga dengan melonjaknya permintaan benih dan bibit salah satunya bibit Pohon Sukun Kapas yang merupakan sukun kualitas terbaik di Indonesia diharapkan FAPERTA dan Dinas Pertanian dapat berkolaborasi dan  mengambil perannya. FAPERTA dapat menggerakan mahasiswa untuk membuat pembibitan sukun yang nantinya akan difasilitasi oleh Dinas pertanian dengan memberikan gerakan kesiapan kawasan.

Dikesempatan yang sama Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. August E Pattiselano, M. Si menyampaikan Penandatanganan Kerjasama ini merupakan langkah awal sehingga kedepannya melalui Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka mahasiswa fakultas pertanian akan melakukan magang serta pendampingan dari Dinas Pertanian.

Dekan berharap melalui kerjasama yang dibangun mahasiswa FAPERTA Universitas Pattimura dapat melakukan pelatihan serta mendaptkan pendampingan dari Dinas Pertanian dan FAPERTA dapat berkolaborasi dengan Dinas Pertanian Provinsi dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi.

Penandatanganan Kerjasama ini turut disaksikan oleh para Wakil Dekan, para pimpinan jurusan, para ketua prodi, Koordinator Tata Usaha dalam lingkup Fakultas Pertanian Unpatti dan para Kepala Bidang Dinas Pertanian Provinsi Maluku.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.