Universitas Pattimura dan Society of Petroleum Engineering (SPE) Balikpapan Tandatangani Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama

UNPATTI,- Rektor Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Pattimura dan Society of Petroleum Engineering. Kedua pihak bersepakat untuk melakukan kerjasama dan kolaborasi antara organisasi dengan mahasiswa dan fakultas untuk menghasilkan kualitas generasi muda yang lebih baik tetapi juga meningkatkan kualitas individu dan soft skill para mahasiswa melalui join project dan activity.

MoU tersebut berlangsung di Lantai 3 Rektorat Ruang Rapat Rektor Universitas Pattimura, Jumat (27 Mei 2022). Turut hadir Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Jantje Tjiptabudy, S.H, M.Hum., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr. Muspida, M.Si, Ketua Jurusan Teknik Geologi, Dr. Robert Hutagalung, M.Si.,  Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Wilma Latuny, S.T, M.Si, M.Phil, Ph.D, IPM., Ketua Program Studi Teknik Geofisika, Dr. Philipus J. Patty, M.Sc, Ph.D., Ketua Program Studi Teknik Kimia, Dr. Nikmans Hattu, S.Si, M.Si., Student Chapter Liaison Officer SPE Balikpapan Sectiona, Shelty Pheronica Rana beserta staf, Sub Koordinator Kerjasma, Senny Syauta, S.E., M.M dan Sub Koordinator Hubungan Masyarakat Universitas Pattimura, Elvenda Ch. A. Taihuttu, S.H, M.H

Dalam MoU ini juga berlangsung penandatangan kerjasama Society of Petroleum Engineers (SPE) dengan Program Studi Teknik Kimia, Program Studi Teknik Perminyakan, Program Studi Teknik Geologi dan Program Studi Geofisika Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pelaksanaan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Pattimura dengan Society of Petroleum Engineers (SPE) Balikpapan Section dan Perjanjian Kerjasama antara Society of Petroleum Engineers (SPE) dengan Program Studi Teknik Kimia, Program Studi Teknik Perminyakan, Program Studi Teknik Geologi dan Program Studi Geofisika Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

Lanjutnya, Universitas Pattimura juga memiliki Laboratorium Terpadu Pendukung Blok Masela yang telah diresmikan pada tanggal 14 Maret 2022 lalu, dan kehadirannya sangat penting sebagai pusat riset dari keempat program studi ini di Universitas Pattimura, mengingat Maluku memilki banyak sumber daya alam yang harus terus dikelola.

Rektor berharap melalui kerjasama ini terbangun sharing knowledge, magang, riset bersama, program-program berkelanjutan dan pelaksana studi tiru antara unpatti dan SPE. Rektor juga berharap ada praktisi dari SPE yang bisa mengajar pada unpatti, sebagai implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memungkinkan perguruan tinggi menghadirkan praktisi untuk berbagi ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa agar teori dan praktek dapat berjalan seimbang. “Dengan demikian implementasi MoU dan Perjanjian kerjasama ini akan bermuara pada pelaksanaan tridarma yang optimal dan kualitas lulusan yang dihasilkan”, ujar rektor

Sementara itu, mewakili Ketua Society of Petroleum Engineering (SPE), Shelty Pheronica Rana dalam sambutan mengatakan Society of Petroleum Engineering merupakan organisasi non-profit yang bergerak di Bidang Industri migas. Organisasi SPE ini juga merupakan wadah bagi praktisi tetapi juga bagi mahasiswa yang berasal dari Teknik Perminyakan atau sejenisnya yang misinya mengumpulkan, menyebarkan dan menukar pengetahuan teknis mengenai eksplorasi, pengembangan dan produksi sumberdaya minyak dan gas.

Beliau menjelaskan SPE untuk mahasiswa atau Student Chapter sudah tersebar di seluruh dunia, sedangkan untuk di Indonesia sendiri sekitar 13 Student Chapter dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Indonesia Timur.

“Karena SPE Balikpapan Section itu mengurusi Indonesia Timur maka tahun ini kami mencari mahasiswa yang berada di Universitas Pattimura”, jelasnya.

Diakhir sambutan, Shelty Rana mengucapkan terimakasih atas antusias dari pihak Universitas Pattimura yang telah menerima pihak SPE dan melakukan kerjasama di hari ini.“Karena sebelum adanya MoU, para mahasiswa sudah terlibat aktif dengan kegiatan SPE tetapi mahasiswa unpatti juga adalah penerima beasiswa SPE di tahun kemarin”, terangnya.

Beliau berharap semoga kerjasama ini dapat terjalin dengan lama sehingga kami dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa Universitas Pattimura. Beliau juga berharap setelah MoU dan Perjanjian Kerjasama  ini, SPE Mahasiswa Student Chapter Universitas Pattimura dapat terbentuk tetapi juga mahasiswa mempunyai inisiatif membentuk Petroleum Student Club.

Acara dilanjutkan dengan diskusi singkat dan dijelaskan tentang kerjasama yang telah terbagun antara program studi Teknik Geologi dengan SPE, sebelum penandatangan MoU dan Perjanjian Kerjasama dimana Mahasiswa Prodi Geologi telah menerima Beasiswa SPE, dan berpartisipasi dalam Smart Student Competition yang diselenggarakan oleh SPE dan memperoleh juara, serta berpartipasi untuk bersama mendirikan society of petroleum engineering untuk chapter Ambon yang saat ini sementara berproses.

Dalam pertemuan tersebut sekaligus disampaikan rencana pelaksanaan seminar Internasional yang akan diselenggarakan oleh prodi Teknik Kimia Unpatti dan prodi Teknik Kimia ITB pada bulan Agustus mendatang.

Usai penandatangan, acara dilanjutkan dengan pertukaran cenderamata dan foto bersama.

Selamat dan Sukses untuk kerjasama yang dibangun.

Maju terus Universitas Pattimura….

Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.