Expo dan Dies Natalis I Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura

UNPATTI,- Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura gelar Expo dalam rangka Dies Natalis I, yang berlangsung di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pattimura, Jumat (24 Juni 2022).

Kegiatan ini mengusung  tema “Expo Lab Unpatti Membentuk Karakter Siswa Dalam Memasuki Era Society 5.0 dan Era Pembelajaran”  dan Slogan “Dari Lab School Untuk Unpatti, Dari Unpatti Untuk Maluku Dan Dari Maluku Untuk Bangsa Menuju Era Society 5.0”. Kegiatan ini dihadiri Ketua LPPM Unpatti, Prof. Dr. D. Malle, S.Pt, M.Sc., Kepala Biro Umum dan Keuangan Unpatti., Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon dan staf., Camat Kota Ambon., Camat Teluk Baguala., para Kepala Sekolah dan para guru Sekolah Laboratorium Unpatti serta rohaniawan.

Ketua Panitia, Dr. Iwan Rumalean dalam laporannya mengatakan, Universitas Pattimura merupakan suatu lembaga yang bertugas menyelenggarakan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Provinsi Maluku, untuk itu Unpatti menyelenggarakan pendidikan jenjang SD, SMP dan SMA dengan tujuan sebagai pertanggungjawaban publik dan sebagai media promosi Lab School (Sekolah Laboratorium) Universitas Pattimura.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan atas penyertaan-Nya sehingga kita boleh memperingati 1 tahun perjalanan Badan Penyelenggara Sekolah Laboratorium Unpatti sekaligus mengakhiri proses kegiatan pembelajaran Tahun Akademik 2021/2022”, ujar Dr. Rumalean.

Beliau mengucapkan terimakasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan Sekolah Laboratorium Unpatti mitra pendidik untuk melahirkan calon pemimpin dimasa yang akan datang.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan mengatakan “Ini sudah menjadi obsesi kami sudah sejak lama untuk menyiapkan sebuah lembaga pendidikan dasar dan menegah yang bisa kompetitif di Maluku serta menghasilkan output yang masuk dalam perguruan tinggi dan saya sangat yakin bahwa jumlah siswa dari tahun ke tahun akan terus meningkat”, terangnya.

Lanjut dikatakan, ada 3 hal penting yang perlu diperhatikan dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka yaitu aktivitas intrakulikuler, project penguatan profil belajar pancasila dan ekstrakulikuler. “Kami percaya ini sudah dibenahi oleh tim Sekolah Laboratorium Unpatti dan basis dari sekolah ini adalah Kurikulum Berbasis Riset sehingga project based learning maupun problem based learning menjadi model utama dalam pembelajaran di sekolah ini”, ucapnya.

Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan Kota Ambon dan Provinsi Maluku yang telah memberikan support tetapi juga dukungan bagi Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura hingga saat ini.

Beliau berharap kedepan kualitas mutu pendidikan Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura tetap dijaga dengan baik sehingga dapat melahirkan lulusan yang mencerdaskan bangsa.

Sementara itu, Badan Penyelenggara Sekolah Laboratorium Unpatti, Dr. A. Limba, S.Pd, M.Pd mengatakan kegiatan Expo merupakan sebuah pertanggungjawaban publik untuk dipublikasikan karena ini merupakan langkah awal bagi Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura dalam menyambut Dies Natalis ke-1.

Beliau berharap setelah ini para tamu undangan dapat mengunjungi Expo disetiap jenjang yang ada di Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura.

Kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Husein, S.Pd, M.Pd dalam sambutan mengatakan hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan Expo dalam rangka pertanggungjawaban publik tetapi juga promosi bahwa Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura yang terdiri dari SD, SMP dan SMA telah memasuki usia 1 Tahun, dan kegiatan ini juga merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami.

“Dengan hadirnya Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura maka sebagai penanggungjawab pendidikan di Provinsi Maluku untuk jenjang SD hingga SMA/SMK tentunya merupakan partner (mitra) tetapi juga saingan untuk dijadikan pemicu bagi sekolah yang lain serta dapat bersaing secara sehat guna kemajuan bangsa terkhususnya kualitas sumberdaya manusia di Maluku”, ujarnya.

Dikatakan pula untuk menjadi guru yang profesional perlu adanya pembinaan bagi para guru melalui guru penggerak yang telah digagas oleh kementerian, tentunya lewat semuanya ini akan menambah nilai keunggulan tersendiri bagi para guru agar dapat berperan secara kompetitif.

“Pengelolaan pelembagaan Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura sebagai sekolah penggerak sehingga kedepan sekolah ini dapat menjadi cikal bakal pemimpin Maluku dimasa depan dapat terwujud” tutup Husein.

Kegiatan ini pula dimeriahkan dengan Tarian Lenso dari SD Laboratorium Unpatti, Solois, presentasi hasil riset siswa SD, SMP dan SMA Laboratorium Unpatti, bertutur kitab suci dialek Ambon, Bertutur bahasa Wemale “Asal Usul Negeri Morekau” oleh siswa SMP Laboroatorium Unpatti Welly Elly serta Tarian Katreji dari Pegawai Unpatti Bagian Perencanaan.

Selamat dan Sukses  Sekolah Laboratorium Universitas Pattimura.

Dari Lab School Untuk Unpatti, Dari Unpatti Untuk Maluku Dan Dari Maluku Untuk Bangsa Menuju Era Society 5.0

Jayalah selalu. Hotumese.

Leave a Reply

Your email address will not be published.