Giatkan Publikasi Melalui Pelatihan Open Journal System (OJS) dan Penulisan Artikel Ilmiah

UNPATTI,- Divisi Bahasa dan Terjemahan, Pusat Studi Bahasa Universitas Pattimura menyelenggarakan Pelatihan Open Journal System (OJS) Versi 3 : Cara Penggunaannya bagi pengelola jurnal Pattimura Excellence Journal of Language And Culture (PEJLaC), dosen dan peneliti yang bernaung pada Laboratorium Bahasa Universitas Pattimura Ambon yang berlangsung di Aula Lantai II Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Kamis (9/6).

OJS merupakan suatu platform pengelola jurnal ilmiah secara online berbasis website yang meliputi aspek penerbitan jurnal online, dari pembuatan website jurnal hingga tugas operasional seperti proses submisi penulis, peer review, pengeditan, publikasi, archives dan indeks journal. OJS juga membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal termasuk menyimpan track hasil kerja editor, reviewer, penulis, memberi tahu pembaca dan bantuan menggunakan koresponden.

Pelatihan yang digelar selama dua hari bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dalam penulisan Jurnal Internasional,serta  merangsang para ilmuan Universitas Pattimura untuk menemukan ide dan gagasan untuk berkolaborasi dengan para ilmuan dari dalam maupun luar negeri sehingga dapat menghasilkan tulisan – tulisan yang berkualitas untuk dipublikasikan pada Pattimura Excellence Journal of Language And Culture  mampu mengelola jurnal internasional melalui Open Journal System (OJS). Selain itu melalui pelatihan yang digelar oleh Pattimura Excellence Journal of Language and Culture dapat mendorong dosen untuk dapat menulis artikel yang berkualitas, tutur Kepala Divisi Laboratorium Bahasa dan Terjemahan Hendry I. Elim, M.Si., PhD dalam arahan singkatnya.

Dikesempatan yang sama Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan penelitian menjadi fokus perguruan tinggi sehingga berbagai inovasi menjadi prodak unggul dari perguruan tinggi termasuk Universitas Pattimura. di harapkan melalui penilitian yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat.

Lanjut dikatakan dalam pengembangan akademik diharapkan setiap program studi dan pusat studi dapat memiliki ide riset yang nantinya dapat digunakan oleh mahasiswa tahap akhir untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Beliau berharap dengan adanya pelatihan ini dosen dan para pengelola jurnal dapat mengembangkan ide dan berkontribusi bagi kepentingan publik dalam skala global dan pengembangan institusi.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini menghadirkan 3 orang narasumber yaitu Dr. Ir. F. S. Latumahina, S.Hut., MP., IPU., yang juga Ketua Publication Management Center Unpatti (PMC) Hendry I  Elim, M.Si.,  PhD.,  dan Y. A. Lesnussa, S.Si., M.Si pengelola Jurnal Barekeng yang telah terakreditasi Sinta 2 di Unpatti

Pada hari pertama  Dr. Ir. F. S. Latumahina , S.Hut., MP., IPU., memberikan materi pelatihan terkait Bagaimana Menulis Artikel Yang Disukai Editor dan Hendry I  Elim, M.Si.,  PhD., membawakan 2 materi yaitu konsep dang Pengembangan International Publication “Tantangan Berindekx Web of Science” dan Evaluasi Jurnal Tahun 2021 dan Pembahasan Job Description Masing-Masing Tim. Hari kedua Y. A. Lesnussa, S.Si., M.Si membawakan materi  yaitu Pelatihan Sistem OJS Versi 3 : Cara Penggunaannya dan Praktik  dan Hendry I  Elim, M.Si.,  PhD membawakan materi Diskusi Strategi Marketing Jurnal.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.