Mahasiswa Universitas Pattimura Unjuk Kemampuan Dalam PILMAPRES Tingkat Universitas Tahun 2022

UNPATTI,- 8 Mahasiswa  perwakilan masing – masing fakultas mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat Universitas Pattimura Tahun 2022 di Ruang Senat Lantai IV Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Kamis, (23/6)

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada dibawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah menguatnya kesetaraan pengelola kampus untuk memfasilitasi kreativitas mahasiswa melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Juga untuk meningkatkan kesadaran kampus dalam memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi dan meningkatnya jumlah gagasan kreatif mahasiswa untuk pembangunan yang berasal dari kampus.

Sebelum tahapan seleksi tingkat Universitas telah dilakukan tahapan seleksi di tingkat Fakultas dan peserta yang lolos untuk mengikuti seleksi pada tingkat Universitas dari masing- masing fakultas yaitu :

  1. Pangeran M Sihaloho dari Fakultas Pertanian
  2. Artis Greisena Pattiasina dari Fakultas Teknik
  3. Agnes Regina Fau dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  4. Matthew Adi Honney Amos dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  5. Audriel Eluzai Persulessy dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  6. Gilbert Marc Baljanan dari Fakultas Hukum
  7. Joane Christy Agavera Pattinasarany dari Fakultas Kedokteran
  8. Michelle Stevany Sayogo dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Jusuf Madubun, M.Si dalam arahan singkatnya mengatakan PILMAPRES tingkat Universitas saat ini merupakan kelanjutan dari  seleksi PILMAPRES tingkat Fakultas yang telah dilaksankan pada bulan April hingga Mei 2022. Setiap pemenang pada tingkat Fakultas akan mengikuti seleksi pada tingkat Universitas dan satu peserta yang lolos pada tingkat Universitas akan berlomba ditingkat regional dan nasional yang akan di laksanakan pada bulan Juli dan September 2022.

Lanjut dikatakan “Dengan memperhatikan tujuan PILMAPRES 2022, maka  panitia menghimpun karya ilmiah dari para mahasiswa berprestasi dari seluruh fakultas termasuk para finalis saat ini. Kami juga menghi,mpun karya ilmiah dari para lomba-lomba lainnya dan selanjutnya akan dikolaborasikan dan dilakukan work shop dalam rangka penyempurnaan tulisan masing-masing mahasiswa, diedit kemudian dipublikasikan dalam bentuk buku yang ber- ISSN (International Standard Serial Number)  diberikan oleh International Serial Data System (ISDS) sebagai hasil karya mahasiswa dengan harapan dapat bermanfaat bagi pembangunan Nasional kita.

Melalui kegiatan ini Dr. Madubun juga berharap kepada para dewan juri untuk menilai secara objektif dari seluruh penampilan para peserta dan juga protofolio dari capaian-capaian unggulan yang dipersyaratkan dalam kerangka dalam menentukan pemenang PILMAPRES di tingkat Universitas.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya membuka PILMAPRES 2022 mengatakan disaat ini kita telah melakukan satu kegiatan penting yaitu dan rutin dilaksanakan untuk bagaimana menilai prestasi dari para mahasiswa. Rektor berharap kepada para dewan juri untuk menilai secara objektif “menilailah secara jujur berdasarkan fakta sesuai potensi dan kempuan yang terbaik janganlah menilai secara subjektif karena jika  kita menilai secara objektif maka kita akan mendaptkan seseorang yang terbaik”, ungkap rektor.

Lanjut dikatakan siapapun dari kedelapan finalis yang lolos menjadi pemenang dan melanjutkan ke tingkat regional diharapkan kepada para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan  dan Alumni dan tim  dosen pembimbing untuk mempersiapkan mahasiswanya agar mampu lolos ke tingkat nasional dan membawa nama harum Universitas Pattimura di tingkat Nasional.

Acara dilanjutkan dengan proses Seleksi PILMAPRES tingkat universitas dengan juri yang diketuai oleh Dr. Z. A. Rengifurwarin, M.Si (Dosen Fakultas ISIP) dengan anggota Dr. Latuhamallo, M.Si (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Wilma Latuny, ST., M.Si, M.Phil., Ph.D (Dosen Fakultas Teknik), Dr. H.C.D. Tuhumury, SP., M. Food.Sc (Dosen Fakultas Pertanian), Erwin Ubwarin, SH., M.H (Dosen Fakultas Hukum), R.C.G.V. Nikijuluw, S.Pd., M.Tesol (Dosen Fakultas. KIP), Dr. M. M. Pattinasarany, S.Pi., M. App, Sc (Dosen Fakultas PIK), dr. Ony Wibriyono Angkejaya, M.Kes dan Dr. H. Batkunde, S.Si., M.Si (Dosen Fakultas MIPA).

Seleksi PILMAPRES tingkat universitas telah berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penilaian dewan juri maka pemenang PILMAPRES Universitas Pattimura Tahun 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Matthew Adi Honney Amos dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Juara I)
  2. Audriel Eluzai Persulessy dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Juara II)
  3. Artis Greisena Pattiasina dari Fakultas Teknik (Juara III)
  4. Joane Christy Agavera Pattinasarany dari Fakultas Kedokteran (Juara Harapan I)
  5. Michelle Stevany Sayogo dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Juara Harapan II)
  6. Artis Greisena Pattiasina dari Fakultas Teknik (Juara Harapa III)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut paa Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam lingkup Universitas Pattimura, Koordinator Bagiang Kemhasiswaan dan Humas French O. Pattiruhu, S.Sos.,  Sub Koordinator Minat dan Bakat, Divy A. Toisuta, S.E., para Sub Koordinator bidang kemahasiswaan dan Alumnni dalam lingkup masing-masing Fakultas dan undangan lainnya.

“Kemenangan memang hebat, tapi jika Anda benar-benar akan melakukan sesuatu dalam hidup ini, rahasianya adalah belajar bagaimana untuk gagal. Tidak ada yang tak terkalahkan sepanjang waktu. Jika Anda bisa mengatasi kekalahan telak, dan bisa meraih kemenangan lagi, Anda akan menjadi juara suatu hari nanti”.

Selamat dan sukses bagi para pemenanng. Hotumese….

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#MahasiswaUNPATTIUnjukKemampuanDalamPILMAPRESTingkatUniversitasTahun2022
#beritaunpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published.