Penyerahan Medali, Piala dan Penghargaan Kompetisi Sains 2022

UNPATTI,- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura menggelar acara Penyerahan Medali dan Piala Bergilir Gubernur Maluku kepada Peraih Juara Umum Kompetisi Sains 2022 Tingkat SD, SMP dan SMA se-Maluku di Aula Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Pattimura, Jumat (10/6/2022).

Adapun bidang yang dilombakan antara lain untuk tingkat SD Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, untuk tingkat SMP Bidang Matematika, Fisika dan Biologi, sedangkan untuk tingkat SMA antara lain Bidang Fisika, Biologi, Kimia, Stastatik, Komputer, Astronomi dan Kebumian.

Untuk ketiga kalinya dalam pelaksanaan Kompetisi Sains yang diselenggarakan FMIPA, SD Lentera Harapan Ambon, SMP Negeri 14 Ambon dan SMA Negeri 1 Ambon berhasil menorehkan prestasi dengan meraih Juara Umum Kompetisi Sains, dengan demikian mereka berhak untuk membawa pulang Piala Tetap Gubernur Maluku.

Ketua Panitia, Dr. H. Leimena, S.Si, M.Si dalam laporannya mengatakan, Tahun 2022 merupakan tahun ke-13 pelaksanaan Kompetisi Sains Fakultas MIPA Universitas Pattimura dan telah dilaksanakan sejak tanggal 29 Maret hingga 1 April di Auditorium Universitas Pattimura tetaoi juga di Laboratorium-laboratorium yang ada dalam lingkup Fakultas MIPA UNPATTI.

Lanjut dikatakan, peserta yang berpartisipasi dalam Kompetesi Sains 2022 sebanyak 1.483 peserta dengan rincian 714 peserta dari tingkat SD, 505 peserta tingkat SMP dan 264 peserta dari tingkat SMA di Provinsi Maluku.

“Dari 1.483 peserta lomba, yang berhasil masuk dalam babak final sebanyak 407 peserta lomba. Dari seleksi final diperoleh 146 peserta dan berhak mendapatkan Medali Emas, Perak dan Perunggu. Jumlah Medali Emas sebanyak 21, Perak sebanyak 45 dan Perunggu sebanyak 80”, katanya.

Dr. Leimena menambahkan, khusus bagi para pemenang Medali Emas, Perak dan Perunggu disediakan langsung oleh Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pendidikan Provinsi Maluku serta disediakan juga BONUS dalam bentuk uang tunai yang disediakan oleh pihak Bank Nasional Indonesia Kantor Cabang Utama (BNI KCU) Ambon.

Beliau berharap lewat kegiatan ini kedepan bisa menjadi pemicu untuk terus meningkatkan kualitas kemampuan para siswa/i di masa-masa yang akan datang, tetapi juga peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Provinsi Maluku.

Kesempatan yang sama mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan mengatakan kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena diberikan kesempatan untuk berkarya baik sebagai dosen, mahasiswa, guru maupun peserta didik guna peningkatan sumberdaya manusia yang berkualitas, karena kompetisi dewasa saat ini sangat tergantung pada kompetisi knowledge (pengetahuan).

“Karena kompetisi pengetahuan didasari pada kemampuan dasar Sains dan Matematika sehingga jika kemampuan ini tidak diasah dengan baik sejak dini maka tentu saja kita tidak akan mendapatkan kualitas yang kita inginkan bersama untuk kemajuan anak bangsa terutama dalam pengelola sumberdaya alam yang ada di Provinsi Maluku”, tutur Prof Leiwakabessy.

Lanjut dikatakan, tahun 2022 merupakan tahun ke-13 bagi Fakultas MIPA Universitas Pattimura menggelar Kompetisi Sains, dan diharapkan kedepan bukan hanya kompetisi yang sifatnya tertulis atau ujian kompetisi knowledge (pengetahuan) saja akan tetapi juga harus kepada kompetisi bersifat project.

“Karena dalam kurikulum Kampus Medeka – Merdeka Belajar sekarang ini, ada tiga konsep yang perlu dibenahi yaitu intrakurikuler berbasis proses pembelajaran, penguatan profil belajar pancasila dan kegiatan ekstrakurikuler”, tegas Prof Leiwakabessy.

Melalui kesempatan ini juga, Prof Leiwakabessy memberikan informasi bahwa ada tiga mekanisme masuk Perguruan Tinggi Negeri di Universitas Pattimura yaitu melalui Jalur Undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sudah berlangsung pelaksanaan seleksi dan Jalur Seleksi Mandiri yang masih di buka pendaftaran hingga tanggal 30 Juni 2022.

Ditambahkanya, Universitas Pattimura mempunyai Sekolah Laboratorium Terpadu dan telah dibuka pendaftaran siswa/i untuk Tingkat SD, SMP dan SMA dengan kurikulum berbasis riset dan lokasi sekolahnya berada di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pattimura.

Beliu berharap kedepan kompetisi yang dilakukan bukan hanya berbasis knowledge (pengetahuan) tetapi juga berbasis project sehingga karakter para siswa/i dapat terlihat dengan baik, karena kemampuan siswa sangat bergantung pada kemampuan guru.

Kesempatan yang sama, Dr. Ir. I. Sangadji, M.Si dalam membacakan sambutan Gubernur Maluku mengatakan, atas nama Pemerintah Provinsi Maluku menyampaikan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dekan Fakultas MIPA Universitas Pattimura juga jajarannya yang telah menyelenggarakan lomba Kompetisi Sains se-Maluku Tahun 2022 dalam rangka Perayaan Dies Natalis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang ke-24 Tahun 2022. Penyelenggaraan lomba kompetisi sains merupakan upaya dan pembinaan pengembangan bakat, minat dan prestasi siswa sekolah untuk mengekspresikan potensinya dalam Bidang Studi Matematika dan IPA.

Lanjut dikatakan, lomba kompetisi sains ini merupakan kompetisi untuk mencari bakat dan potensi-potensi siswa yang mempunyai kemampuan sains dan nantinya akan mewakili Maluku pada tingkatan nasional maupun internasional.

“Sehubungan dengan itu saya menyampaikan terimakasih dan memberikan penghargaan tinggi kepada para pelajar tingkat SD, SMP dan SMA yang telah berpartisipasi untuk dilombakan dalam kompetisi sains Tahun 2022”, imbuhnya.

Beliau menambahkan, untuk menghadapi era industri dan globalisasi pendidikan sains diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang cakap, berpikir logis, mampu memecahkan masalah kritis, menguasai teknologi serta adaptif terhadap perubahan dan perkembangan zaman, karena Pendidikan Sains memiliki peranan strategis dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Penyelenggaraan lomba kompetisi sains ini tentunya akan memunculkan harapan adanya nilai-nilai penting yang ditanamkan kepada anak didik seperti kejujuran dan ketaatan terhadap norma serta adanya kreativitas dan inovasi yang akan membangkitkan semangat kompetisi atau daya saing anak bangsa sehingga bisa menghasilkan saintis yang dapat mewujudkan ide dan gagasan untuk membangun bangsa.

“Dalam konsep perlombaan olimpiade sains kali ini tentunya adanya yang berhasil menjadi yang terbaik dan ada pula yang belum berhasil oleh karena itu saya menyampaikan SELAMAT kepada para siswa yang telah berkompetisi dengan baik serta menjadi yang terbaik pada bidang studi masing-masing”, tuturnya.

Harapannya kedepan, prestasi ini hendaknya semakin memacu dan meningkatkan semangat para siswa bersama guru untuk berprestasi lagi pada tingkatan yang lebih tinggi, dan bagi para siswa yang belum berhasil saat ini saya berharap pula tidak bekerja hati tetapi tetap semangat dan terus belajar sehingga dapat menjadi yang terbaik pada masa yang akan datang.

Selamat dan Sukses bagi para pemenang. Hotumese…!!!

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#KompetisiSainsFMIPAUnpatti2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.